Padang (UNAND) - Demi mempererat hubungan silaturahim antar alumni, Ikatan Alumni (IKA) UNAND mengadakan buka bersama pada ramadhan tahun ini yang diselenggarakan dengan kerja sama dengan gubernur Sumbar, H. Mahyeldi, di Aula Gubernuran pada Minggu (8/4). Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 100 orang alumni UNAND lintas generasi, dengan latar belakang karir yang variatif.

H. Mahyeldi sendiri merupakan alumni UNAND dari fakultas pertanian, dan menjadi satu dari lima gubernur yang tercatat sebagai lulusan UNAND.

“Hingga saat ini, tercatat sudah lima alumni UNAND yang menjadi gubernur. Yaitu Bapak Harun Al-Rasjid Zain, Zainal Bakar, Gamawan Fauzi, Marlis Rahman, dan Bapak Mahyeldi. Jadi, kontribusi UNAND ke Sumbar itu sudah luar biasa, terbukti banyak kadernya menjadi pemimpin daerah di Sumatra Barat,” ujar rektor UNAND, Dr. Efa Yonnedi. 

Pada kesempatan tersebut, rektor juga menyampaikan kemajuan UNAND hingga hari ini sehingga para alumni yang telah lama tidak mengunjungi atau mendengar kabar soal kampus UNAND mendapat informasi terbaru terkait perkembangan UNAND. Salah satu poin yang disampaikan adalah capaian UNAND dalam pemeringkatan universitas dunia. 

“Menurut Times Higher Education, posisi kita (UNAND) ada di (ranking) 1500 dunia, dan di Indonesia ada di urutan ke-10. Mengalami peningkatan dari sebelumnya, yaitu dari urutan ke-18,” ujar rektor. 

Dari data yang disampaikan rektor, juga terdapat 10 prodi yang masuk top 1001 dunia, dan sepuluh prodi tersebut tersebar di fakultas teknik, fakultas pertanian, dan fakultas MIPA. 

Di akhir sambutannya, rektor menyampaikan harapan adanya kolaborasi antara alumni dengan kampus melalui komunikasi yang lebih intens. Beliau mendorong para alumni untuk dapat berkoordinasi dengan kampus apabila sekiranya terdapat kesempatan magang bagi mahasiswa di perusahaan tempat para alumni bekerja.  

Hal tersebut selaras dengan yang diharapkan ketua pelaksana, Ilhamsyah Mirman, S.T. 

“Semoga dengan kita berkumpul hari ini kita bisa saling mengenal, bisa saling menyampaikan pikiran-pikiran untuk memperkuat kolaborasi antar alumni,” paparnya. 

Selain mengundang alumni, Ketua BEM KM Firdaus juga hadir pada kesempatan tersebut, serta ketua DPP IKA UNAND Rustian juga hadir secara daring. (fy) 

 

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik UNAND 

 

Foto Bersama Seluruh Alumni UNAND bersama rektor dan gubernur Sumbar