Padang (UNAND) – Fakultas Teknik (FT) Universitas Andalas (UNAND) mengadakan kuliah umum pada Kamis, (14/3) di Convention Hall dalam rangka pelaksanaan program Visiting Professor EQUITY UNAND 2024.

Narasumber yang dihadirkan adalah Prof. Mitsuhiko Hata (Universitas Kanazawa) memaparkan materi terkait “Seeing the Unseen: How We Measure Invisible Aerosols”dan Dr. Eng. Muhammad Amin (Universitas Kanazawa), dan Prof. Mitsuhiko Hata menjelaskan materi dengan topik “Ultrafine Particles Studies in Southeast Asia: Recent Issues, Challenges, and Options”.

Wakil Rektor IV Dr. Henmaidi menyampaikan Prof. Mitsuhiko Hata merupakan dosen kedua yang datang ke Universitas Andalas untuk program visiting professor tahun 2024 ini. Ia mengatakan, tahun ini UNAND akan mengundang 40 orang visiting professor dalam program EQUITY.

“Sebelum Prof. Mitsuhiko Hata, kita kedatangan Prof. Shila dari Universiti Putra Malaysia, yang berkegiatan di Fakultas Teknologi Pertanian,” ujarnya.

Disampaikan Henmaidi, jumlah visiting professor tahun ini lebih banyak dari pada tahun sebelumnya. “Mudah-mudahan seluruh fakultas dapat memanfaatkan kesempatan yang baik ini,"harapnya.

Selain itu, ia dengan datangnya Prof. Mitsuhiko Hata ke Universitas Andalas dapat memperlebar sayap untuk melakukan kolaborasi dalam aspek pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas Prof. Ikhwana Elfitri, Ph. D mengatakan program visiting professor ini akan membuka banyak peluang kerja sama dengan Universitas Kanazawa untuk ke depannya.

Lebih lanjut ia mengatakan, mahasiswa juga diminta untuk turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan kuliah umum kali ini, karena ilmu yang dibagikan oleh para pemateri kita akan memberikan banyak manfaat bagi dosen dan mahasiswa.

“Kepada mahasiswa kami, mohon untuk dapat mencatat hal-hal penting pada kuliah umum kali ini dan menanyakan terkait dengan materi maupun tentang bagaimana cara berkuliah di Jepang,” pungkasnya.(*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik