Jakarta (UNAND) - Rektor Yuliandri bersilaturahmi dengan alumni-alumni Universitas Andalas yang berkarir di dunia industri dan dunia usaha di Jakarta, pada Kamis (15/12). Kegiatan ini merupakan tugas dan fungsi dari direktorat kerja sama yang bertujuan untuk mempercepat peningkatan reputasi employment pengguna tenaga kerja bagi Universitas Andalas.

“Maksudnya adalah, bagaimana pihak dunia industri menilai kualitas dan kesiapan lulusan UNAND di dunia kerja. Universitas yang memiliki reputasi employment sangat baik, lulusannya tidak mencari kerja, tapi justru dicari oleh perusahaan-perusahaan yang berkeinginan SDM unggul dalam timnya,” ujar Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset Universitas Andalas Dr. Eng. M. Makky, S.TP., M.Si.

Pada kesempatan ini, Rektor bertemu dengan alumni-alumni yang bekerja di PT. Kimia Farma. Sekitar 120 alumni Universitas Andalas yang aktif di ikatan alumni, tercatat bekerja di perusahaan tersebut, dan tidak sedikit yang telah menjabat pada jajaran direksi dan jabatan-jabatan strategis perusahaan farmasi terbesar dan tertua di Indonesia tersebut.

Prof. Yuliandri menyampaikan harapan agar alumni tetap memiliki kedekatan emosional maupun kedekatan yang saling menguntungkan dengan almamaternya. Menurutnya, alumni merupakan salah satu faktor pendukung eksternal yang mendukung Universitas Andalas menuju World Class University (WCU).

“Diharapkan para alumni lebih banyak atau lebih intensif melakukan kegiatan-kegiatan bersama almamaternya dalam mendukung strategi Universitas Andalas untuk life-long learning, alumni engagement, bisnis bersama alumni, dan tentunya alumni mengabdi pada almamater,” ujar Rektor.

Beberapa bentuk peluang kerja sama yang dibahas pada pertemuan ini antara lain; kerja sama pengembangan industri baru, kerja sama bisnis pengadaan bahan baku, dan kerja sama bisnis ritel.

Selain itu, diharapkan pula tercipta kerja sama baru yang lebih luas dan intensif seperti pelaksanaan kegiatan magang bersertifikat MBKM, atau pertukaran SDM (dosen UNAND menjadi tenaga ahli di Kimia Farma dan sebaliknya praktisi Kimia Farma menjadi dosen praktisi di UNAND). 

Humas dan Protokol UNAND