Padang (UNAND) - Sebanyak lebih dari 3000 mahasiswa baru UNAND pada gelombang pertama kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2023 dibekali dengan tata cara berkomunikasi dan bermedia sosial yang bijak melalui materi  “Komunikasi Santun dan Etika Bermedia Sosial” yang disampaikan pada Selasa (22/8) di Auditorium UNAND.

Materi tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik Dr. Ernita Arif, SP, M.Si, CPS, yang menjelaskan pentingnya membangun cara berkomunikasi yang baik sebab sangat menentukan keberhasilan seseorang mahasiswa dalam berinteraksi di perkuliahan nanti.

Menurut Dr. Ernita, sebelumnya tercatat sebanyak 60 ribu lebih pendaftar yang ingin memakai almamater hijau UNAND. “Namun dari itu yang diterima hanya sekitar 7 ribuan mahasiswa baru. Maka beruntunglah bagi mahasiswa baru yang sudah duduk sekarang di Universitas Andalas.”

Dr. Ernita mengenalkan istilah ”MR. TeJeS” yaitu singkatan dari Menghargai, Rasa, Terdengar, Jelas, dan Santun yang merupakan hukum berkomunikasi agar komunikasi dapat efektif dan menyenangkan. 

“Selain itu, ada tiga kata ajaib yang sangat diperlukan mahasiswa ketika berinteraksi, seperti kata; izin, siap dan terima kasih.”

Begitupun etika berkomunikasi di media sosial, beliau sangat menekankan pada lima poin; pertama, memperhatikan penggunaan kalimat dan huruf untuk tidak berkata kasar, provokatif, porno dan SARA. Kedua, pemilihan simbol dan emoticon yang tepat. Ketiga, tidak memposting artikel dan status yang bohong (hoax). Keempat, memberikan respon yang baik dalam bermedia sosial. Terakhir, tidak menyingkat kata yang susah untuk dipahami pembaca.

Kegiatan PKKMB UNAND sendiri dikenal dengan nama BAKTI (Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan dalam Tradisi Ilmiah)

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik UNAND