Padang (UNAND) - Prof. Hiroki Oue, Dekan United Graduate School of Agriculture, Ehime University, melakukan kunjungan ke Universitas Andalas pada Jumat (22/3) di Lantai IV Gedung Rektorat UNAND. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka memperkuat kerja sama bilateral antara Universitas Andalas dan Ehime University. 

Dr. Henmaidi selaku Wakil Rektor IV UNAND menjelaskan, pada saat ini Ehime University dan Universitas Andalas telah melakukan berbagai kerja sama, misalnya Sakura Science Program, Pertukaran Staf, dan studi lanjut dosen UNAND di Ehime University untuk jenjang doktoral. 

 

“Kunjungan beliau kali ini adalah untuk membicarakan peluang-peluang kegiatan kolaborasi untuk peningkatan internasionalisasi Universitas Andalas. Kita juga berkomitmen untuk memperkuat kerja sama yang sudah ada dalam waktu dekat,” jelasnya. 

 

“Hal lain yang juga kita diskusikan adalah mengenai kegiatan program EQUITY UNAND yang bertujuan untuk mengembangkan program dual degree ataupun mengirimkan staff UNAND untuk melakukan kerja sama ke Ehime University. Untuk itu, bentuk tindak lanjut dari kegiatan ini adalah dengan mempersiapkan dokumen MoU dan MoA yang rencananya akan ditandatangani dalam waktu dekat,” lanjutnya. 

 

Dr. Eng. Muhammad Makky, Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset UNAND menyatakan, pada saat ini, Prof. Oue juga sedang melakukan riset bersama dengan salah seorang dosen UNAND, Dr. Fadli Irsyad dari Fakultas Teknologi Pertanian. Lanjutnya, riset yang dilakukan terkait dengan Water Management di Bukittinggi. 

 

“Seperti yang sudah dijelaskan oleh Pak WR 4 tadi, saat ini UNAND sedang menjalankan program EQUITY untuk tahun 2024. Salah satu kegiatannya adalah visiting professor. Kita sudah menyampaikan kepada Prof. Oue agar beliau dapat menyampaikan kepada kolega yang ada di Ehime University untuk dapat berpartisipasi dalam program kita ini. Di samping itu, kita juga dapat mengirimkan dosen kita ke Ehime University melalui Program International Faculty Exchange yang kebetulan tahun ini juga menjadi bagian dari program EQUITY kita,” ungkapnya. 

 

“Harapan kita tentu UNAND dan Ehime University dapat terus menjaga hubungan baik satu sama lain. Tidak ada yang lebih baik dari pada terus menjaga silaturahmi dengan siapapun karena silaturahmi dapat memperpanjang umur dan rejeki. Mudah-mudahan, kedatangan beliau ini membawa banyak berkat bagi UNAND, berhubung kita juga sedang berada di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini,” jelasnya. 

 

Prof. Hiroki Oue menyampaikan, misi besar yang ingin dilakukan adalah bagaimana agar UNAND dan Ehime University dapat berkontribusi untuk kemajuan ilmu pengetahuan bagi masyarakat Asia pada khususnya dan dunia pada umumnya. Dikatakan Prof. Oue, ia sudah meluluskan dua dosen UNAND yang mengambil program doktor di Ehime University, sedangkan satu orang alumni UNAND saat ini juga sedang melanjutkan studi S-3 di Ehime University di bawah bimbingannya. 

 

“Suatu kehormatan bagi saya dapat diterima dengan baik di Universitas Andalas dan saya ingin mengucapkan terima kasih atas sambutan yang hangat. Sebenarnya, saat ini saya juga sedang melakukan penelitian dengan Dr. Fadli yang kebetulan juga merupakan alumni dari Ehime University. Hal ini menjadi bukti bagaimana Ehime University terus terkoneksi dengan para alumninya di manapun mereka berada. Mudah-mudahan banyak hal baik dan positif yang bisa dilakukan UNAND dan Ehime dengan adanya kerja sama yang akan ditandatangani oleh kedua belah pihak,” ungkapnya.