Kab. Solok (UNAND) – Tim Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat datang langsung ke Kecamatan Muaro Paneh, Kabupaten Solok, pada Rabu (20/3/2024). Pada kunjungan yang menjadi agenda ketiga tim ini, Mesjid Raya Muaro Paneh di Nagari Muaro Paneh menjadi tujuan tim. 

Bersamaan dengan kunjungan ini, tim Safari Ramadhan Pemprov yang dipimpin oleh Wakil Rektor I UNAND Prof. Dr. SyukrArif, juga menyerahkan bantuan senilai 50 juta rupiah, serta sejumlah Al Quran kepada pengurus mesjid. 

Pengurus Mesjid Muaro Paneh mengucapkan terima kasih atas kedatangan rombongan, dan mengatakan bahwa bantuan tersebut akan digunakan untuk pembangunan ruko mesjid.  

“Kegiatan di mesjid kita untuk pembangunan saat ini saya kira tidak lagi memakan biaya yang terlalu banyak. Namun kami sangat butuh dana untuk melanjutkan pembangunan ruko mesjid. Jadi kita punya unit usaha ruko, lantai satu sudah selesai dengan menelan biaya 400 juta, saat ini kita sedang melanjutkan ke lantai 2, bagian rumah/tempat tinggal,” paparnya.  

Beliau juga menambahkan, bahwa pengurus sudah menyiapkan dana tambahan selain bantuan tersebut yang berasal dari masyarakat serta donatur mesjid. 

“Semoga (rencana ini) bisa terealisasikan dengan baik,” pungkasnya. 

Sementara itu, Prof. Syukri Arief mewakili pemerintah provinsi menjelaskan, ada tujuh visi pemprov Sumbar, dan salah satunya adalah pembangunan sumber daya manusia (SDM). Bantuan yang diberikan pada kegiatan Safari Ramadhan ini diharapkan dapat menunjang hal tersebut. 

“Universitas Andalas sendiri ikut berpartisipasi dalam pembangunan SDM ini. 80% mahasiswa UNAND berasal dari Sumbar. Di sini pun, Muaro Paneh, Solok, banyak melahirkan tokoh-tokoh, dan ini harus kita kader terus calon-calon tokoh yang mungkin 30 tahun ke depan bisa jadi profesor juga,” papar Prof. Syukri. 

Menurutnya, pembangunan SDM ini selain menjadi konsen pemerintah, namun juga diharapkan menjadi konsen semua kalangan di masyarakat. 

Pada rangkaian acara ini juga diberikan tausyiah atau ceramah agama dari Ustad Wakidul Qohar, salah satu anggota tim Safari Ramadhan yang menjabat dekan fakultas dakwah UIN Imam Bonjol Padang. 

Sebelumnya, Tim Safari Ramadhan Pemprov disambut oleh pengurus mesjid dan masyarakat sekitar dengan jamuan berbuka bersama yang dimasak sendiri dengan resep khas Muaro Paneh Kab. Solok. (Fy) 

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik Universitas Andalas 

Ust. Dr. Wakidul Qohar