Sungai Penuh (UNAND) - Ikatan Mahasiswa Kerinci (IMK) kembali menyelenggarakan acara rutin tahunan, yakni Kerinci Education Roadshow (KERIS) yang bertempat di Gedung Nasional Kota Sungai Penuh pada Sabtu (10/2). 

“Tahun ini pelaksanaan KERIS merupakan yang ke sebelas (11) kali dilangsungkan secara berturut-turut dimulai pada tahun 2014,” ujar Ketua IMK M. Abighoil Athallahriq dihadapan 500 peserta dari berbagai SMA sederajat di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci. 

Mahasiswa Teknik Elektro ini, mengungkapkan KERIS bertujuan untuk memberikan edukasi dan sharing pengalaman kepada siswa-siswi SMA/Sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.  

“Ada lima (5) kegiatan yang disiapkan oleh panitia dalam acara KERIS diantaranya Bedah Kampus, Try Out SNBT, Seminar, Campus Fair, dan Mentor Kampus,” sambungnya. 

Hadir dalam acara tersebut rektor yang diwakili oleh Direktur Kemahasiswaan Universitas Andalas Khandra Fahmy, Ph.D beserta rombongan. 

Khandra mengucapkan terima kasih banyak kepada keluarga besar IMK yang telah konsisten menyelenggarakan acara KERIS ini setiap tahunnya. “Saya melihat betul IMK Universitas Andalas merupakan Himpunan Mahasiswa Daerah (Himada) yang aktif dan terus menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat,” tuturnya. 

Lebih lanjut, ia menjelaskan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Permendikbudristek) Nomor 48 Tahun 2022 dan perubahan terakhir Permendikbudristek Nomor 62 Tahun 2023 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN), terdapat tiga jalur masuk.  

Ketiga jalur masuk tersebut yakni Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri. “Jalur SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh Panitia SNPMB, sedangkan jalur Seleksi Mandiri dikelola sepenuhnya oleh PTN masing-masing,” terang Khandra.   

Disampaikannya, untuk Universitas Andalas sendiri masing-masing menerima melalui jalur SNBP dengan kuota 29,8 persen dari total penerimaan sebanyak 2.240 orang, jalur SNBT dengan kuota 39,75 persen sebanyak 2.982 orang, dan Seleksi Masuk (SIMA) UNAND dengan kuota 30 persen sebanyak 2.283 orang.  

Dalam hal ini, dikatakannya terjadi penambahan jumlah mahasiswa dibandingkan tahun sebelumnya, dikarenakan ada tiga Program Studi (Prodi) baru yakni Arsitektur (Fakultas Teknik), Ekonomi Islam, dan Kewirausahaan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis). 

Selain itu, Khandra juga menyampaikan bagi pendaftar SNPMB Tahun 2024 dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan skema Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah), informasi detail KIP Kuliah dapat mengakses laman https://puslabdik.kemdikbud.go.id. 

Turut hadir Asraf, S.Pt.,M.Si (PJ Bupati Kerinci), Asisten III Sekretaris Daerah Kota Sungai Penuh, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci, dan alumni IMK UNAND.(*) 

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik