Tanah Datar (UNAND) - Pentingnya menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut (Kesgimul) terlebih pada usia anak-anak yang suka melakukan kebiasaan buruk sehingga membuat gigi berlubang, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Andalas memberikan edukasi di empat sekolah. 

Adapun empat sekolah yang berada di Nagari Tabek Patah, Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar tersebut  yakni UPT SDN 12, UPT SDN 01, UPT SDN 09 dan UPT SDN 18. 

“Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 23 Januari-26 Januari 2024 yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 1 dan 2,” ujar Ikbar Rofi Albari mahasiswa pendidikan dokter gigi Universitas Andalas kepada humas pada Kamis (8/2). 

Rofi mengungkapkan kesehatan merupakan harta yang sangat mahal harganya. “Kendatipun begitu masalah Kesgimul di Indonesia masih menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan oleh tenaga kesehatan, terlebih pada usia anak-anak yang suka melakukan kebiasaan buruk yang membuat gigi berlubang,” ujarnya.  

Ia mencontohkan  sering makan-makanan yang manis, tidak menyikat gigi dengan benar, dan jarang menyikat gigi. “Menjaga Kesgimul harus diterapkan sejak dini untuk menurunkan angka karies pada anak,” tuturnya.  

Lebih lanjut, Rofi menyampaikan melalui berbagai bentuk kegiatan seperti melakukan kegiatan edukasi yang dilakukan dengan menggunakan media animasi kartun untuk membuat siswa-siswi tertarik dan mempermudah dalam memahami materi.  

Selanjutnya, siswa-siswi diarahkan ke lapangan sekolah untuk melaksanakan sikat gigi bersama untuk mempratikan apa yang sudah dipelajari sebelumnya dan semuanya mampu melakukan sikat gigi yang benar.  

Di samping itu, mahasiswa KKN Tematik Universitas Andalas Tabek Patah di bawah bimbingan dosen Dr. Reswati, SPt, MP juga melakukan sejumlah pemeriksaan seperti pengukuran berat badan, tinggi badan serta pengecekan gigi untuk melihat kondisi kesehatan gigi dan mulut pada siswa-siswi kelas 1 dan 2 di 4 SD tersebut. 

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi yang baik dari berbagai pihak, mulai dari orang tua murid, majelis guru di empat Sekolah Dasar Tabek patah dan juga perwakilan Puskesmas Kecamatan Salimpaung mengapresiasi serta berterima kasih karena telah melaksanakan kegiatan edukasi menjaga Kesgimul di sekolah mereka dan berharap siswa-siswi dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diberikan oleh mahasiswa KKN dengan baik.(*) 

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik