Padang (UNAND) - Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri meluncurkan Program Studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Teknik yang bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap 5 Juni.

"Ini menjadi catatan sejarah bagi Universitas Andalas, khususnya Fakultas Teknik, dengan peluncuran Prodi Arsitektur," paparnya saat meluncurkan yang ditandai dengan pemukulan gandang tabuik bersama Dekan, Ketua Tim Pendiri Prodi Arsitektur Ir. Rudy Ferial, MT, Dekan Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan ITB Dr. Sri Maryati, MIP, Ketua Umum Arsitek Indonesia Gergius Budi Yulianto di Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis pada Senin (5/6).

Disampaikannya, peresmian Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Andalas yang bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Menurutnya, peresmian Prodi Sarjana Arsitektur ini sangat relevan dengan Hari Lingkungan Hidup.

Terkait dengan pendirian Prodi ini, disampaikan rektor pada dasarnya dengan latar belakang tuntutan kebutuhan.  Pada pembukaan SIMA tahun pertama, Universitas Andalas akan menerima 40 mahasiswa baru.

"Untuk tahun awal ini melalui jalur mandiri (SIMA) tetapi tahun depan akan dimasukkan dalam tiga jalur penerimaan, seleksi nasional jalur prestasi (SNBP), jalur seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan Seleksi Masuk (SIMA) Universitas Andalas," sambungnya.

Terkait kesiapan, rektor menyampaikan persiapan sudah dilakukan dan tentunya untuk awal ini akan memaksimalkan yang ada, baik itu sarana dan prasarana maupun tenaga pendidik atau dosen.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas Prof. Ikhwana Elfitri mengungkapkan selama empat tahun ke depan Prodi Arsitektur bekerja sama dengan Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sebagai penguatan tahun pertama, dikatakannya, beberapa mata kuliah (Matkul) Prodi Arsitektur diampu dosen-dosen dari Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan ITB. 

Universitas Andalas juga berencana menerapkan sistem credit earning (pertukaran mahasiswa), khususnya dari Prodi Arsitektur untuk menimba ilmu di Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan ITB.

Kegiatan ini dilanjutkan Kuliah Umum dengan tema Menjawab Tantangan Masa Depan dengan Computation  Architecture yang dipandu Vebryan Rhamadana, S. Ars. M. Ars menghadirkan narasumber Fauzan Alfi Agirachman, Ph. D (Dosen Sekolah Arsitektur Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan Institut Teknologi Bandung.(*)

Humas dan Protokol UNAND