Padang (UNAND) - Universitas Andalas resmikan penggunaan ruang kreativitas bernama “The Gade Creative Lounge”, yang berhasil dibangun atas kerja sama UNAND dengan PT. Pegadaian. Peresmian ini ditandai dengan acara launching yang disimbolkan dengan pengguntingan untaian bunga melati, yang dilaksanakan pada Rabu (24/05) di Gedung Perpustakaan Lantai 2 Kampus UNAND Limau Manis.

The Gade Creative Lounge (TGCL) sendiri merupakan implementasi program CSR PT. Pegadaian dalam bidang pendidikan, yang telah dibangun di 10 kampus di seluruh Indonesia. Area ini berisi fasilitas penunjang yang memungkinkan penggunanya untuk berdiskusi, bekerja sama, dan berkarya, dengan harapan melahirkan inovasi dan kreativitas dalam berbagai bidang.  

TGCL UNAND juga dilengkapi dengan area diskusi, set komputer, ruang rapat yang disertai proyektor, rak buku, serta beberapa permainan yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung apabila merasa jenuh atau sekedar ingin beristirahat dan bercengkrama.

Wakil Rektor IV Universitas Andalas Dr. Hefrizal Handra mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kontribusi yang diberikan oleh PT. Pegadaian kepada UNAND. Menurutnya, lounge yang dibangun dengan konsep cozy atau serba nyaman ini sangat menarik bagi mahasiswa yang merupakan kaum milenial. 

“The Gade ini dalam bahasa Denmark artinya pintu, jalan. Pintu menuju kreativitas. Tempat kreativitas bisa dibangkitkan, dengan memanfaatkan fasilitas yang ada, untuk menghasilkan karya-karya yang inovatif dan kreatif," jelasnya. Ditambahkannya kontribusi Pegadaian ini bagai hujan, seperti air yang menyiram bunga, dengan harapan bunganya tumbuh. Kami berharap agar CSR-CSR selanjutnya dari Pegadaian bisa terus ada dan berkelanjutan di Universitas Andalas,” ungkapnya.

Sementara itu, pihak PT. Pegadaian menyampaikan kabar gembira terkait pengembangan TGCL ini. Pihaknya mengungkapkan harapan akan lahirnya pemikiran-pemikiran dan ide-ide usaha yang potensial, dan ke depannya dapat didukung pula oleh mereka dalam hal pembiayaan.

“Konsep awal kita memang menyiapkan tempat untuk berkumpul, berdiskusi, dan menggali ide. Tapi setelah itu kita juga ingin tidak hanya sampai sana. Tidak menutup kemungkinan ke depannya, kita bisa bekali juga dalam hal permodalan. Jadi seandainya nanti ada bentuk atau konsep usaha dari mahasiswa-mahasiswi, insyaAlah nanti kami juga akan siap untuk men-support,” ujar Eka Pebriansyah, Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan PT. Pegadaian.

Acara peresmian ini didahului dengan Talkshow bertema “Pengembangan Karir di Era Digital”, yang diisi oleh narasumber dari Pegadaian Corporate University hingga Fakultas Ekonomi Bisnis UNAND sendiri. Pada kesempatan ini, peserta beruntung mendapatkan emas batangan dan produk dari UMKM binaan PT. Pegadaian.

Digelar di area depan Gedung Perpustakaan UNAND, rangkaian acara ini selain meraih perhatian dan antusiasme mahasiswa, juga diramaikan dengan berdirinya booth-booth UMKM yang menjual berbagai produk seperti makanan hingga kerajinan. (*)

Humas dan Protokol UNAND