Padang (UNAND) – Minat mahasiswa asing untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Andalas cukup tinggi, kebanyakan dari mereka memilih Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Pertanian.

Hal itu, disampaikan langsung oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri sesaat setelah melepas wisudawan III yang berlangsung di Gedung Auditorium Kampus Limau Manis pada Sabtu (20/5).

“Sejak dibuka penerimaan mahasiswa baru, calon mahasiswa luar negeri ini sudah banyak yang mendaftar di Universitas Andalas dan hari ini juga ada beberapa wisudawan asing,” ungkapnya.

Ia menargetkan setiap Program Studi (Prodi) ada satu orang mahasiswa asing kuliah di Universitas Andalas. Disampaikannya, mahasiswa asing yang memilih Universitas Andalas mayoritas berasal dari Asia Tenggara, seperti Myanmar, Thailand, Malaysia dan Vietnam.

Rektor Yuliandri menjelaskan Universitas Andalas terus membangun kerja sama internasional dalam bentuk mengirim dosen dan mahasiswa ke luar negeri, begitu juga sebaliknya mendatangkan mereka ke sini.

Pada kesempatan itu Yuliandri juga menyampaikan pesan kepada wisudawan agar tetap menjaga integritas, jujur dan berbakti kepada kedua orang tua.

“Jadilah orang baik, lanjut studi, dan buka lapangan pekerjaan bagi yang ingin berwirausaha,” tukasnya.

Ia berharap para lulusan dapat menggunakan ilmu dan gelar itu untuk kebaikan dan kemaslahatan orang banyak serta dapat memajukan tingkat kehidupan masyarakat bangsa dan negara.

Masyarakat membutuhkan orang yang pandai dan terdidik namun itu tidak cukup orang pandai sudah banyak kini lebih dibutuhkan sosok orang baik. “Maka dari itu, jagalah martabat diri, bangunlah kepedulian, pekalah terhadap lingkungan masyarakat dan tetaplah junjung tinggi nilai-nilai moral dan budi pekerti,” tuturnya.

Pada wisuda III ini Rektor Universitas Andalas melepas secara resmi 634 wisudawan dari berbagai program mulai dari Diploma, Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. (*)

Humas dan Protokol UNAND