Live Streaming Wisuda III Program Sarjana dan Diploma Tahun 2018  Klik tombol ini
Toggle Bar

Filosofi Pendidikan Universitas Andalas

Universitas Andalas berupaya membangun karakter mahasiswa untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global dan mempunyai spirit kewirausahaan. Karakter yang dimaksud diformulasikan dalam karakter Andalasian yang mempunyai 4 elemen yaitu: SPRITUAL, ILMU, AMAL, dan SOSIAL. 

 

SPRITUAL adalah inti dari pendidikan di Universitas Andalas yang akan menghasilkan lulusan yang religius yang akan mempunyai ilmu, amal dan sosial yang akan mewarnai setiap aspek sikap, perilaku dalam berpikir, berbuat atau bertindak dalam kegiatan tri dharma perguruan tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat).

 

Ilmu, Amal, dan Sosial yang diperoleh akan menghasilkan insan yang sabar, empati, jujur, tanggung jawab, ikhlas yang disingkat dengan SEJATI. Sabar berarti tahan menghadapi cobaan, tidak lekas marah, tidak lekas putus asa, tabah, tidak tergesa-gesa, dan bersikap tenang. Empati berarti keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasikan dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain. Jujur berarti lurus hati, tidak bohong, tidak curang dan senantiasa mengikuti peraturan yang berlaku. Adil berarti mempunyai sikap sama berat, tidak berat sebelah atau berpihak kepada kebenaran dan senantiasa mengikuti aturan yang berlaku. Tanggung Jawab berarti memiliki sikap berani menanggung segala risiko akibat perilaku/tindakan/segala sesuatu yang dilakukan. Ikhlas berati akan mempunyai sikap yang bersih hati, tulus hati atau melakukan sesuatu tanpa pamrih.