Pendaftaran Seleksi Masuk (SIMA) Universitas Andalas (SIMA-AKADEMIK DENGAN UJIAN)  KLIK disini
Toggle Bar

Unand Tingkatkan Tata Kelola Kearsipan

Unand Tingkatkan Tata Kelola Kearsipan Universitas Andalas

Padang, (Unand)- Universitas Andalas tingkatkan tata kelola kearsipan sesuai dengan kaidah-kaidah kearsipan dengan melaksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Pengelolaan Arsip Dinamis dan Arsip Statis untuk meningkatkan kompetensi pengelola arsip disetiap unit pencipta arsip di lingkungan Universitas Andalas.

Bimtek ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 6 s/d 8 Juni 2022 secara lansung bertempat di The ZHM Premiere Hotel Padang dengan mendatangkan Nara Sumber dari Deputi Bidang Pembina Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang merupakan pembina kearsipan nasional dan bertanggungjawab terhadap pengelolaan keasipan Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi (LKPT). Materi pengelolaan arsip aktif dan in aktif disampaikan oleh Bapak Azwar Sanusi Pane, S.IP,.M.Si dan materi pengelolaan arsip statis disampaikan oleh Ibu Susanti, S.Sos,.M.Hum, Arsip adalah Rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi kemasyarakatan dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan berbangsa dan bernegara (UU no 43 tahun 2009). Dinamika pengelolaa Arsip Dinamis yaitu  arsip yang digunakan secara lansung dalam kegiatan pencipta arsip dan disimpan dalam jangka waktu tertentu (Perka ANRI, 20/2012). Jika pengelolaan arsip Statis  sebagai arsip bernilai guna untuk referensi jika tidak dilakukan dengan baik niscaya tidak akan mendapatakan system pengelolaan layanan akan terlaksana dengan baik karena pentingnya dalam mendukung tercapainya indek kinerja pada unit kerja tertentu di perguruab tinggi.

Senada dengan itu ketua pelaksana BIMTEK pengelolaan arsip Universitas Andalas, Harben Sani, S.Pt,MP yang juga sebagai ketua Forum Kajian Kearsipan Universitas Andalas (FKKUA) menyampaikan bahwa Kegiatan BIMTEK ini merupakan langkah awal Kembali untuk pembenahan tata kelola kearsipan agar sesuai dengan kaidah-kaidah kearsipan, esensi pengelolaan arsip di perguruan tinggi bukan terletak pada sulitnya menata informasi dan menerapkan kode, index dan tata kelola kearsipan akan tetapi lebih kepada bagaimana meyakinkan setiap pencipta arsip untuk menerapkan kearsipan sesuai kaidahnya.

Kegiatan BIMTEK yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor II Universitas Andalas Bapak Dr. dr. Wirsma Arif Harahap, SpB(K) merupaka wujud nyata dukungan Pimpinan Universitas Andalas sebagai komitmen yang tinggi untuk terlaksananya pengelolaan kearsipan di Universitas Andalas dimana Arsip adalah hatinya perguruan tinggi yang mengantarkan keberhasilan perguruan tinggi mencapai Good Governance dan pelayanan publik. Kepala UPT kearipaan Unand Pramono, S.S,.M.Si,.Ph.D terima kasih kepada semua arsiparis yang telah berhasil dengan baik menyelenggarakan BIMTEK ini, UPT kearsipan Universitas Andalas akan selalu bertanggung jawab melakukan pembinaan kearsipan terhadap pencipta arsip dan unit kearsipan di lingkungan Unand, semoga sumber daya yang digunakan untuk kegiatan ini mempunyai daya ungkit yang besar untuk kemajuan pengelolaan kearsipan di Universitas Andalas dimasa mendatang. (hs)

 

 Kepala Koordinator Tata Usaha LPPM Universitas Andalas

 

Read 317 times

Booklet Unand