Harben Sani

Harben Sani Universitas Andalas
  • + Status: Arsiparis Ahli Madya 
  • + Jabatan: Kepala Koordinator Tata Usaha LPPM Universitas Andalas  

OBSERVASI GAMBARAN POTRET KONDISI EKSISTING TENDIK UNIVERSITAS ANDALAS SECARA  UMUM SANGAT MENGEMBIRAKAN DENGAN PRESTASI-PRESTASI TENDIK SECARA NASIONAL NAMUN PRESTASI INI DI RAIH DENGAN KOPETENSI INDIVIDUAL YANG SEMESTINYA PRESTASI TERSEBUT DAPAT DISIAPKAN SECARA KELEMBAGAAN DENGAN AJANG KOMPTETENSI TERSTRUKTUR DARI TINGKAT UNIVERSITAS KE TINGKAT NASIONAL.

Percepatan Institusi pendidikan tinggi melakukan transpormasi secara internal atau  dapat merespon secara effektive pada tekanan eksternal adalah melibatkan dan mendapatkan Komitmen Tenaga Kependidikan (Tendik). Dalam Peraturan Pemerintah (PP) 95 tahun 2021 tentang Perguruan tunggi badan hukum Universitas Andalas mengatakan yang dimaksud dengan tenaga kependidikan adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat dengan tugas utama menunjang penyelenggaraan Pendidikan tinggi di Universitas Andalas. Sedangkan menurut PP 57 tahun 2021 tentang Standar Pendidikan nasional Tugas dan fungsi tendik sebagai  pelaksanaan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan Pendidikan.

Dedikasi tendik di Perguruan Tinggi adalah merupakan pengabdian yang sesungguhnya terhadap peningkatan tata kelola dan kinerja untuk mendukung pencapaian Universitas bereputasi Nasional dan  Internasional serta berperan dalam pembangunan bangsa dan negara Republik Indonesia.

Secara keseluruhan Tenaga Kependidikan bertanggung jawab dan mempunyani kapasitas memberikan andil yang penting dalam rangka pencapaian tujuan dan arah  akademik pendirian perguruan tinggi yakni penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Perubahan status kelembagaan Universitas Andalas dengan adanya Peraturan Presiden No. 95 tahun 2021 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Andalas (PTNBH) mendorong kinerja Tenaga Kependidikan berperan aktif mewujudkan Visi Universitas Andalas “Menjadi Universitas Terkemuka dan Bermartabat serta menuju World Class University. Tenaga Kependidikan lebih berperan aktif dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia dengan demikian Tenaga Kependidikan punya kompetensi dalam mewujudkan Misi Universitas Andalas “Mengembangkan organisasi dalam meningkatkan kualitas tata kelola yang baik (Excellent University Governance) sehingga mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan strategis nasional (tantangan global).

Mengembangkan konsep “Perubahan Pandangan” tenaga kependidikan dengan mengutamakan standar Kompetensi tendik sesuai Peraturan Pemerintah (PP) nomor 57 tahun 2021 yakni Kompetensi kepribadian, kompetensi social, dan kompetensi professional untuk menunjang proses Pendidikan pada satuan Pendidikan. 

Untuk mewujudkan tujuan adalah dengan cara menumbuhkan kesadaran akan kewajiban dan rasa tanggung jawab kerja tenaga kependidikan, melindungi, memperjuangkan kesejahteraan bersama dan menyalurkan aspirasi, mencerdaskan  kompetensi profesionalisme dengan Motto Tenaga Kependidikan Unand  “Terus menggali potensi diri, meningkatkan motivasi kerja, bertekad memberikan yang terbaik bagi Universitas, berkontribusi terhadap negara yang akhirnya bermuara kepada kesejahteraan kita semua”

Observasi Gambaran potret kondisi Eksisting tendik Universitas Andalas secara  umum sangat mengembirakan dengan prestasi-prestasi tendik secara Nasional namun prestasi ini di raih dengan kopetensi individual yang semestinya prestasi tersebut dapat disiapkan secara kelembagaan dengan ajang komptetensi terstruktur dari tingkat Universitas ke tingkat nasional. Indikasi lemahnya manajemen sumberdaya manusia tenaga kependidikan, rendahnya kualifikasi tendik, roadmap dan peta jabatan sebagai arah dan tujuan pengembangan mesti jelas, system upgrading belum disipkan, mempertinggi intensitas workshop kompetensi bidang dan pengaturan job description mesti di program dan implementasikan agar kedepan dapat memunculkan sikap kreatif, inovatif dan keseriusan kerja.

Meskipun dalam upaya Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Tendik membutuhkan sinergi segenap komponen yang ada, harapan perbaikan sudah termaktum pada keterwakilan tenaga kependidikan menjadi Anggota Majlis Wali Amanat (MWA) yang merupakan organ Unand yang berfungsi untuk menyusun  kebijakan menjalankan fungsi penetapan, pertimbangan, pelaksanaan kebijakan umum terkait tenaga kependidikan yang menjadikan dendik merasa bangga menjadi bagian dari Unand. #save Tendik Unand.

 

Read 581 times
More in this category: « Arben Sani

Booklet Unand