Live Streaming - Wisuda III Tahun 2020 Universitas Andalas  Klik tombol LIVE STREAMING
Toggle Bar

Trisna Ayu Wandira

Trisna Ayu Wandira Universitas Andalas
  • + Prodi: Agroteknologi
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2015

Trisna Ayu Wandira, lahir di Sawahlunto, 7 Desember 1996. Ia adalah anak pertama dari dua bersaudara. Ayah bernama Masyudi dan Ibu bernama Herawati. Pendidikan Sekolah Dasar (SD) ditempuh di SD Negeri 11 Kampung Surian (2003-2009). Sekolah Menengah Pertama (SMP) ditempuh di SMP Negeri 2 Sawahlunto (2009-2012). Sekolah Menengah Atas (SMA) ditempuh di SMA Negeri 1 Sawahlunto (2012-2015). 

Pada tahun 2015, ia melanjutkan kuliah S1 Program Studi Agroteknologi di Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Padang. Allhamdulillah, atas izin Allah, gelar Sarjana Pertanian ia sandang pada 31 Desember 2019 dan  diresmikan pada wisuda I, 22 Februari 2020 dengan IPK 3.78 lama studi 4 tahun 4 bulan.

Trisna Ayu Wandira atau akrab dipanggil Nana/Nanataw adalah mahasiswa yang ingin berbeda dengan mahasiswa pada umumnya. Baginya, “Menjadi akademisi itu penting dan menjadi aktivis itu baik. Maka, jadilah orang penting yang baik”. 

Hal ini ia buktikan dengan kontribusinya di lingkungan kampus ataupun luar kampus, berperstasi di bidang akademik ataupun non akademik. Selama menjadi mahasiswa, Nana pernah mengikuti organisasi di antaranya Anggota Muda UKM PIKA UNAND (2016/2017), Sekretaris Dinas Informasi dan Komunikasi BEM KM FP UNAND (2017), anggota Imperti Forum Studi Islam Fakultas Pertanian (2017/2018) dan menjadi staf Dana Usaha UKM PIKA UNAND (2018/2019). 

Nana juga turut berkontribusi pada kepanitiaan sebagai sekretaris, bendahara, koordinator ataupun anggota dalam kegiatan mulai dari skala fakultas, universitas, nasional bahkan kepanitiaan di tingkat Internasional.

Tak hanya ingin menjadi aktivis kampus yang biasa-biasa saja, Nana juga mengembangkan potensinya dan memiliki sejumlah prestasi. Di bidang akademik, Nana pernah menjadi finalis dan juara favorit LKTI Invention Tradition tingkat nasional di ITB (2017), Juara III LKTI BI Corner Challenge “The Digital of Asia” tingkat nasional di Malang (2018), memperoleh pengharagaan sebagai Best Student Faperta Award (2017), mahasiswa yang lulus didanai kemenristekdikti dalam ajang PKM-M (2018) dan menjadi oral presenter pada International Conference on Bio-Based Economy and Agricultural Utilization (2019). 

Nana juga mengabdikan dirinya dengan menjadi asisten labor di beberapa mata kuliah seperti asisten Fisiologi Tumbuhan (2016/2017), asisten Dasar-dasar Teknologi Benih (2017/2018) dan asisten Bioteknologi (2019).

Prestasi di bidang non akademik, Nana pernah menjadi juara II Orasi Kepahlawanan se-asrama UNAND (2015), Juara III MSQ MTQ UNAND (2016), Juara I Lomba Pidato Gema Muharam se-Kota Padang (2016), Juara favorit Agricultural Photography (2016), Best caption Photogram Contest BEM KM FP UNAND (2016). 

Pada tahun 2018, Nana juga mendapat penghargaan sebagai Duta Perempuan Andalas. Di tahun 2019, Nana menjadi salah satu penulis dalam antologi buku “Dream Pray Action”. Nana juga menjadi delegasi Universitas Andalas dalam acara Latihan Mujtahid Dakwah Nasional (LMDN) 199 di Bandung. 

Nana juga berpartispasi sebagai MC dan moderator pada sejumlah acara mulai dari skala fakultas sampai skala nasional. Nana juga berpartisipasi dalam menulis ilmiah yang dimuat dalam website, berita online ataupun menulis ilmiah untuk publikasi jurnal internasional.

Nana, seorang mahasiswa yang juga melakukan pengabdian kepada masyarakat. Dalam organisasi di luar kampus, Nana menjabat sebagai ketua Friday Movement Community (FMC). Dalam masa jabatannya mulai dari Desember 2018 hingga Februari 2020, Nana sudah memimpin sekaligus mengelola kegiatan sosial yang diadakan FMC. 

Kurang lebih satu tahun kepemimpinanya, allhamdulillah FMC bisa mengumpulkan donasi dengan total lebih dari 35 juta rupiah yang disalurkan untuk orang yang terkena musibah, fakir, miskin, yatim-piatu, membantu melengkapi fasilitas kampus dan gerakan sosial lainnya. Kegiatan ini ia lakukan bersama keluarga FMC di Kota Padang dan beberapa kota lainnya di Sumatera Barat seperti Padang Panjang dan Tanah Datar. 

Kegiatan merupakan bagian dari wujud nyata kepedulian untuk mengurangi angka kemiskinan dan peduli lingkungan di Sumatera Barat. Di sisi lain, Nana juga aktif menjadi pemateri dalam beberapa acara seminar perempuan (dalam ataupun luar Universitas Andalas, pemateri di sejumlah Forum An-Nisa UNAND dan beberapa kali menjadi narasumber RRI Padang dengan tema yang beragam. “Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain” Hidup Mahasiswa! Hidup Perempuan Indonesia!(*)

Humas dan Protokol Unand

 

Read 2857 times