Muhammad Zikri

Muhammad Zikri Universitas Andalas
  • + Prodi: Matematika
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2014

Muhammad Zikri biasa dipanggil zikri merupakan mahasiswa Fakultas MIPA  jurusan Matematika angkatan 2014 Universitas Andalas. Zikri lahir di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat pada tanggal 23 Mei 1996. 

Zikri yang merupakan anak bungsu dari 4 bersaudara pasangan Bapak Chaidir dan Ibu Masnetti ini pernah menempuh pendidikan di SDN 03 Pakan Kurai dan pernah mengikuti beberapa olimpiade dan perlombaan. 

Semenjak kecil keluarga telah menaruh harapan yang besar kepada zikri untuk menjadi pribadi yang pantang menyerah dan mampu membanggakan keluarga. Setelah tamat SD Zikri melanjutkan pendidikannya ke MTsN 1 Bukittinggi.

Hidup di keluarga yang kental dengan nilai nilai agama dan mengharapkan anaknya menguasai ilmu agama dengan baik, membuat kedua orang tua nya ingin Zikri bersekolah di salah satu sekolah agama terbaik di daerah Bukittinggi. 

Setelah menamatkan Pendidikan di MTsN 1 Bukittinggi, ia melanjutkan pendidikan ke SMAN 1 Bukittinggi yang merupakan sekolah terfavorit yang ada di kota Bukittinggi. Selama menuntut ilmu di SMAN 1 Bukittinggi, ia juga mengikuti beberapa organisasi dan menjabat sebagai pengurus organisasi tersebut. 

Selain mengikuti organisasi, ia pun sering mengikuti perlombaan non akademik seperti lomba lintas alam, lomba pengibaran bendera, hingga lomba PBB.

Memasuki dunia perkuliahan, Zikri semakin tertarik dengan dunia organisasi yang berhubungan dengan kegiatan adventure dan organisasi yang dipilihnya adalah organisasi Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Andalas (MAPALA UNAND). 

Ia sadar bahwa sebagai mahasiswa, kita tidak hanya harus pintar dalam segi akademik, tapi juga harus mengasah softskill yang kita punya untuk bersaing nantinya di dunia kerja. 

Selama menjadi mahasiswa, Zikri sangat sering mengikuti berbagai kepanitiaan, pengabdian masyarakat, bakti sosial hingga perlombaan tingkat Provinsi, Nasional hingga Internasional. 

Salah satu prestasinya di tingkat Provinsi yaitu meraih 2 medali perak dalam kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi XV (Porprov XV) Sumatera Barat tahun 2018 dalam cabang olahraga Arung Jeram. Zikri juga meraih 4 Medali emas serta juara umum dalam Kejuaraan Nasional Arung Jeram di Sungai Ketahun, Lebong, Bengkulu pada tahun 2018. 

Tak hanya itu, Zikri juga pernah menjadi perwakilan Provinsi Sumatera Barat dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Arung Jeram pada tahun 2019 di Kerinci serta membawa harum nama Universitas Andalas dalam Kejuaraan Internasional Arung Jeram di Sungai Kampar, Perak, Malaysia pada tahun 2019. 

Selama di organisasi MAPALA UNAND, selain aktif dalam perlombaan Zikri juga pernah menjabat sebagai Ketua MAPALA UNAND pada tahun 2017 hingga 2018 dan mengangakatkan perlombaan lari trail di gunung perdana yang di adakan di Sumatera Barat yaitu MAPALA UNAND MOUNTAIN RUNNING 2018. 

Hingga pada tahun 2020, ia menamatkan masa study nya dan menjadi Bintang Aktivis Kampus pada wisuda I Universitas Andalas.

Ia selalu bersyukur kepada Allah SWT yang selalu memberikan kesempatan untuk terus berprestasi dan bertemu dengan orang orang hebat yang sejiwa dengannya, yang membantunya dalam mengembangkan diri dan berani menghadapi tantangan. Ia sangat bangga pernah menuntut ilmu di Universitas Andalas dan mempunyai keluarga baru di MAPALA UNAND.(*)

Humas dan Protokol Unand

Read 1376 times

Booklet Unand