Vioni Fadhila Aryani

Vioni Fadhila Aryani Universitas Andalas
  • + Prodi: Ilmu Hukum 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2016

Vioni Fadhila Aryani yang biasa disapa Vio, merupakan salah satu mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Andalas, Program Studi Ilmu Hukum angkatan 2016.  

Vio dilahirkan di Kota Solok Februari 1998 silam, yang merupakan anak bungsu dari pasangan Bapak H.Asli S.E., dan Ibu Syurya Driani A.md.,Farm.

Semasa kecil Vio merupakan anak yang ceria, aktif, dan berprestasi yang mana dibuktikan dengan serentetan foto kenangannya semasa bersekolah di TK Negeri Pembina Kota Solok (2003-2004). 

Setelah itu Ia melanjutkan sekolahnya di SD Negeri 02 Aro IV Korong Kota Solok (2004-2010), yang mana pada saat sekolah dasar juga memiliki banyak pengalaman perlombaan dan prestasi seperti lomba cerdas-cermat, olimpiade matematika, olimpiade IPA dan IPS, lomba story telling bahasa inggris, lomba tari minang kontemporer dan lain sebagainya. Selain itu selama di bangku sekolah dasar Ia selalu meraih juara umum dan lulus dengan nilai UN tertinggi.

Berkat semua itu, Ia berhasil melanjutkan sekolahnya di kelas RSBI SMP Negeri 1 Kota Solok (2010-2013) yang merupakan sekolah unggulan di Kota Solok. 

Semasa di sekolah tersebut Ia selalu masuk 7 (tujuh) besar di kelasnya, juga aktif dalam organisasi English Club SMP Negeri 1 Kota Solok. 

Kemudian, Ia melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 1 Kota Solok di kelas Unggul jurusan MIPA (2013-2016). Kelas Unggul di SMA Negeri 1 Kota Solok setiap tahun formasinya selalui di rolling berdasarkan akumulasi nilai tertinggi dan lulus ujian kompetensi. 

Ia berhasil menduduki kelas unggul MIPA di SMA Negeri 1 Kota Solok selama tiga tahun berturut-turut, juga selalu meraih posisi 8 (delapan) besar di kelas. Selain itu pada saat bersekolah Ia menjadi salah satu perwakilan SMA Negeri 1 Kota Solok dalam ajang Pemilihan Uda-Uni Kota Solok 2015. Alhamdulillah Ia menduduki salah satu dari 6 (enam) Kategori Pemenang yaitu sebagai Uni Duta Remaja Kota Solok 2015.

Tahun 2016 adalah tahun terburuk bagi Vio, karena Ia merasa semua yang telah diusahakan dan telah didoakan tidak terwujud. Ia kecewa terhadap takdir Allah S.W.T., layaknya seorang hamba yang tidak pandai bersyukur. 

Kekecewaan ini dikarenakan Ia tidak lulus di universitas dan jurusan yang Ia impikan sejak awal pada SNMPTN 2016, untungnya Ia lulus pada pilihan ketiga yaitu Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Andalas yang mana pilihan tersebut atas saran salah satu gurunya. Jika pada umumnya orang-orang berbahagia lulus SNMPTN, tapi tidak baginya. 

Ia terus merasa kecewa, rasa kecewa yang dirasa dikarenakan selama ini apa yang Ia usahakan dan inginkan selalu terwujud, namun Allah S.W.T., mengujinya agar menjadi pribadi yang lebih pandai bersyukur dan ikhlas. 

Sebagaimana firman Allah S.W.T., yang menyatakan bahwa “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”. (QS. Al-Baqarah : 216)

Pada semester 1 (satu) perkuliahan di Fakultas Hukum Universitas Andalas merupakan awal yang sulit bagi Vio, Ia hanya sebagai mahasiswa “Kupu-Kupu” alias mahasiswa yang hanya kuliah lalu pulang. 

Hal ini dikarenakan tidak mudah untuk menyesuaikan dengan keadaan baru dan menjalankan sesuatu dengan keterpaksaan. Namun orang tua dan keluarganya selalu menyemangati, menasehati, memberikan dukungan moril, maupun materiil agar Ia terus melanjutkan pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Andalas. 

Kesulitan yang Ia alami juga dikarenakan pada basic-nya Ia lebih familiar dan terlatih di ilmu eksakta, namun pada perkuliahan harus banting stir ke ilmu non eksakta yang selama ini tidak begitu disukainya. Sehingga Ia harus belajar untuk dapat memahami mata kuliah ilmu hukum yang pada dasarnya berbentuk hafalan, pemahaman, dan analisis yang mendalam. 

Merasa tersesat adalah hal yang selalu Ia rasakan saat berkuliah di Fakultas Hukum Universitas Andalas, meskipun semester 1 (satu) dilaluinya dengan hasil yang baik. Namun egonya tetap saja meronta-ronta untuk terus mengejar impian yang sebenarnya. 

Pada SBMPTN 2017 Ia mendaftar untuk mengikuti ujian demi mengejar jurusan dan universitas impiannya. Qadratullah pada hari pelaksanaan ujian Ia tidak diberikan kesehatan oleh Allah S.W.T. sehingga tidak dapat mengikuti ujian. 

Alhasil Ia tetap harus melanjutkan kuliahnya di Fakultas Hukum Universitas Andalas. Sejak dari sana, Ia sadar bahwa apa yang telah digariskan dan ditakdirkan oleh Allah S.W.T, tidak satupun manusia bisa membantahnya.

Mulai pada semester 3 (tiga) hingga selanjutnya, Vio mencoba membuka pikiran dan dirinya untuk bonding di Fakultas Hukum Universitas Andalas dengan memasuki organisasi-organisasi terbaik di Fakultas Hukum Universitas Andalas yaitu Asian Law Students Association (ALSA) National Chapter Indonesia Local Chapter Universitas Andalas dan HIMA HAN Fakultas Hukum Universitas Andalas. 

Selain itu Ia juga berperan sebagai panitia diberbagai kegiatan seperti Justicia Basket Ball Challenge, Bakti Fakultas Hukum Universitas Andalas Tahun 2018, Seminar Motivasi Internasional: Peran Strategis Millenials di Era Revolusi Industri 4.0, Speda with ALSA, Dekan Cup 2019,  HIMA HAN Present V dan lain sebagainya. 

Seiring dengan berjalannya waktu Vio mulai jatuh cinta pada ilmu hukum, hal tersebut dibuktikan dengan kesungguhan dan kegigihannya dalam menimba ilmu di Fakultas Hukum Universitas Andalas karena tak satu haripun Ia melewatkan perkuliahan kecuali apabila sakit melanda. 

Sehingga perkuliahan yang pada dahulunya membosankan akhirnya benar-benar dinikmatinya. Hal ini dikarenakan beberapa faktor pendukung yaitu pertama, semasa kuliah Vio bertemu dengan dosen-dosen yang sangat luar biasa dan berkompeten contohnya ada dosennya yang sering menjadi narasumber di TV, menjadi Hakim Mahkamah Konstitusi, menjadi saksi ahli di persidangan pengadilan, menjadi Bawaslu, menjadi tim penyusun naskah akademik dan lain sebagainya. 

Kedua, Ia menemui senior-senior yang luar biasa pencapaian dan prestasinya namun tetap memberikan nasehat dan pengalaman berharganya kepada juniornya, sehingga memotivasinya untuk bersungguh-sungguh dalam menimba ilmu agar dapat mengikuti jejak seniornya yang berhasil. 

Ketiga, Ia juga menemui teman-teman yang menyenangkan dan saling support satu sama lain dalam kebaikan. 

Terakhir, tak lupa pula junior-junior yang suka menolongnya  sehingga Ia dapat bertahan dengan baik di Fakultas Hukum Universitas Andalas yang sangat dibanggakannya.

Awal tahun 2020 merupakan awal yang terindah bagi Vio, dikarenakan Ia telah berhasil menyelesaikan studinya namun disatu sisi Ia sedih karena harus meninggalkan Fakultas Hukum Universitas Andalas yang sangat dicintainya. 

Hasil kesungguhannya selama masa kuliah mengantarkannya lulus dengan predikat Cumlaude (Dengan Pujian) IPK 3.97 tamat 3 tahun 7 bulan. Tidak hanya itu, Ia menjadi mahasiswi lulusan terbaik Fakultas Hukum Universitas Andalas pada Wisuda Periode I Universitas Andalas 2020. Namun Ia tidak ingin berpuas diri atas apa yang sudah Ia peroleh, seperti apa yang dikatakan oleh Orrin Hatch yang menyatakan bahwa, “Graduation is not the end, I’ts the beginning”. 

Menurutnya mendapatkan penghargaan atas prestasi tersebut di luar kuasanya dan bukan semata-mata untuk disanjung oleh orang banyak. Ia merasa penghargaan yang Ia dapatkan diakhir studinya itu merupakan “ A gift from God”, agar Ia senantiasa menjadi pribadi yang bersungguh-sungguh dan pandai bersyukur.

Segala torehan perjuangan dan prestasi Vio didedikasikan kepada kedua orang tua dan keluarganya, kepada para guru TK; SD;SMP;SMA-nya, kepada seluruh dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas terkhusus dosen pembimbingnya yaitu Ibu Dr. Khairani S.H.,M.H. dan Bapak Lerri Pattra S.H.,M.H., kepada seluruh staff Biro Akademik Fakultas Hukum Universitas Andalas, kepada teman-teman tercinta, para senior maupun junior serta pada semua pihak yang telah membantunya.

“A dream doesn’t become reality through magic, it’s takes sweat determination and hard work”

-Collin Powell

humas dan Protokol Unand 

 

Read 1335 times

Booklet Unand