Adryan Nanda

Adryan Nanda Universitas Andalas
  • + Prodi: Ilmu Komunikasi 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2015

Adryan Nanda adalah nama yang melekat padanya sejak pertama kali ia dilahirkan. Ia merupakan anak kedua dari empat bersaudara, lahir di kota Jakarta, tepatnya pada tanggal 26 September 1996. 

Pada tahun 2015 ia diterima di salah satu PTN terbaik dengan akredetasi A di luar pulau Jawa yang cukup ternama di Sumatera Barat yaitu Universitas Andalas. Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik lebih tepatnya ia mengenyam pendidikan sebagai seorang mahasiswa. Dengan berbagai pengalaman, penanaman moral, perilaku sopan, dan tatakrama yang elok ia dapatkan di sini.

Tidak beranjak dari pengalaman – pengalamannya dalam berorganisasi pada saat duduk dibangku sekolah menengah atas, ia pun tidak ragu untuk melanjutkan kiprahnya dalam berorganisasi. 

Selain aktif sebagai mahasiswa jurusan ilmu komunikasi, ia juga sangat aktif berorganisasi sejak awal kuliah. Organisasi yang dijalaninya saat masih dalam proses awal perkuliahan adalah sebagai Sekretaris Umum Dewan Kerja Cabang Pramuka Kota Padang, periode tahun 2012-2017. 

Sembari mengemban amanah sebagai petinggi pramuka penegak dan pandega di kota Padang, ia juga sangat aktif berorganisasi di kepengurusan himpunan jurusan ilmu komunikasi sebagai anggota divisi Pengembangan Profesi dan Ilmiah pada periode tahun 2016 hingga 2017.

Setelah menyelesaikan kepengursan pada dua keorganisasian yang dijalaninya pada tahun 2017, ia mulai melirik keorganisasian tingkat universitas yang bernama Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Neo Telemetri. 

Kurang lebih selama sembilan bulan lamanya ia mengikuti masa orientasi agar dapat menjadi anggota dalam UKM tersebut. Dengan tekad dan usahanya, ia pun dinyatakan lulus dari masa orientasi tersebut. 

Berselang beberapa bulan kemudian, ia diamanahkan sebagai koordinator departemen organisasi UKM Neo Telemetri Universitas Andalas pada periode 2017-2018.

Setahun lamanya ia menjalani kepengurusan dan telah banyak prestasi yang diraihnya, yaitu juara 2 Photography COMMFIESTA HMIK se-sumatera barat tahun 2017, juara favorit Hackthon “Smart City” PNP se-Sumatera barat tahun 2018, serta Completed Google AddWords Fudamentals pada tahun 2018. 

Pada Musyawarah Besar UKM Neo Telemetri tahun 2018, ia pun diamanahkan sebagai Ketua Umum UKM Neo Telemetri periode tahun 2018 s.d 2019. Jabatannya sebagai ketua inilah yang membuatnya sering dimintai sebagai pengisi acara dan pelatihan yang sesuai dengan bidangnya. Salah satunya adalah sebagai narasuber Literasi Hukum Upaya Cegah Cyber Crime pada tahun 2018 dan pembicara Temu Komunitas Informasi Teknologi (IT) Firetech 2019 se-kota Padang.

Setelah menyelesaikan kepengurusannya sebagai ketua umum UKM Neo Telemetri, ia langsung memfokuskan dirinya agar menyelesaikan perkuliahan. Dengan keridhoan Allah S.W.T ia dapat mencapai gelar sarjana pada bulan November tahun 2019 yang lalu. 

Bagi dirinya sebuah organisasi itu adalah wadah yang tepat untuk seorang individu dalam proses pengembangan diri serta kemampuan dalam banyak hal yang mungkin semua bisa terjadi diluar dugaan kita sendiri. 

Semakin banyak rintangan dan masalah yang dihadapi, maka semakin hebat pulalah diri kita berkembang jika bisa melewatinya dengan baik.(*)

Humas dan Protokol Unand

Read 1207 times

Booklet Unand