Ratna Rahmadiah

  • + Prodi: Agribisnis
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2015

Ratna Rahmadiah biasa dipanggil Diah merupakan mahasiswa Fakultas Pertanian angkatan 2015 Universitas Andalas. Diah di lahirkan di ibukota Sumatera Barat pada tanggal 5 Maret 1997. Ia merupakan anak dari pasangan Bapak Rajimin dan Ibu Armaneli. Diah merupakan anak kedua dari tiga bersaudara.

Namun semenjak tahun 2015 ia harus menjadi yang pertama karena abangnya telah kembali ke sang pencipta. Diah dilahirkan dari keluarga yang sederhana yang membuat ia sangat bersyukur. Karena dari keluarga ini, ia  banyak mendapatkan kasih sayang, pelajaran hidup dan menjadikannya seorang pribadi yang kuat, mandiri, disiplin dan pantang menyerah. 

Diah menempuh pendidikannya di SDN 20 Indarung, SMPN 11 Padang, dan SMAN 4 Padang. Sejak menempuh pendidikan taman kanak-kanak (TK), ia sudah aktif dalam kegiatan perlombaan seperti Juara lomba mewarnai, lomba lari dan menari. 

Pada saat sekolah dasar (SD), ia meraih prestasi di bidang akademik yaitu menjadi juara kelas selama sekolah dasar. Selain itu ia juga aktif kegiatan organisasi dan perlombaan  seperti dokter kecil, olimpiade matematika, marching band, cerdas cermat, lomba Asmaul-Husna se Kota Padang. 

Selain aktif disekolah ia juga aktif di Taman Pendidikan Al-Qur’an dan Madrasah Diniyah Awaliyah (TPA/MDA) Mesjid Jabal Nur, ia sering mengikuti perlombaan agama seperti pidato singkat dan sambung ayat pendek, ia juga menjadi peserta terbaik pesantren Ramadhan sehingga ia di undang sebagai narasumber di salah satu stasiun radio di Kota Padang.

Berlanjut di Sekolah Menengah Pertama (SMP), ia tetap meraih prestasi di bidang akademik yaitu menjadi juara kelas dan aktif kegiatan paskibra dan polisi keamanan sekolah (PKS).

Perjalanan organisasi dan prestasinya tidak berhenti sampai disitu, selama menempuh jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA), ia tetap meraih prestasi di bidang akademik yaitu menjadi juara kelas dan aktif kegiatan basket dan olimpiade.

Diah lulus SMA pada tahun 2015, ia juga harus kehilangan sosok abang pada saat kelulusannya.  Tidak cukup kesedihan itu, ia juga tidak lulus masuk kuliah jalur SNMPTN. Kegagalan itu sempat membuatnya lemah dan rapuh. 

Tetapi berkat dukungan orang tua, ia terus berjuang. Akhirnya, ia  mengikuti tes SBMPTN tanpa adanya persiapan yang matang dan lulus pada jalur SBMPTN di Fakultas Pertanian Universitas Andalas. 

Pengalaman dan jiwa organisasi masih melekat dalam dirinya. Ia sekarang aktif dalam organisasi Resimen Mahasiswa (Menwa) Unand. Karir awalnya adalah ia menekuni bidang Master Of Ceremony (MC) dalam setiap pelaksanaan Upacara Bendera di Unand. 

Tidak hanya itu, Ia juga mempunyai kemampuan dalam bela diri militer, PBB Senjata serta Public Speaking. Resimen Mahasiswa merupakan rumah ke dua baginya dimana sebagai tempat berlatih dan memperoleh keluarga baru. 

Banyak yang ia peroleh selama berorganisasi di Resimen Mahasiswa, seperti ikut serta dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Universitas Andalas. 

Banyak yang mengatakan bahwa menjadi anggota Menwa nantinya akan sangat sibuk dan susah membagi waktu. Opini itu ditepisnya. Terbukti ia meraih IPK 3,63 dengan kesibukan organisasi dan kuliah. 

Prinsipnya adalah “Dimanapun, kapanpun dan apapun, lakukanlah yang terbaik” berawal dari diri sendiri berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dan semoga berpengaruh baik pula terhadap orang lain. 

Ia berpesan untuk generasi muda, bahwa sekedar kuliah saja tidak cukup, akan hampa jika tidak adanya organisasi tempat kita ditempa dan berlatih softskill. Serta dapat mengukir prestasi dan mendapatkan pengalaman-pengalaman baru dan berharga. 

Diah pada tanggal 23 November 2019 diwisuda dengan mendapatkan penghargaan sebagai Bintang Aktivis Kampus.(*)

Humas dan Protokol Unand

Read 1501 times

Booklet Unand