Bayu Marcellino

  • + Prodi: Peternakan 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2015

Bayu Marcellino atau yang biasanya dipanggil Bayu merupakan mahasiswa Fakultas Peternakan dengan peminatan bagian Nutrisi dan Teknologi Pakan pada Fakultas Peternakan Universitas Andalas angkatan 2015. Bayu dilahirkan di Padang, Provinsi Sumatera Barat 18 Maret 1998 merupakan anak pertama dari empat bersaudara dan buah hati dari pasangan Budi Satria Usman dan Yulvianis.

Menjadi anak pertama dalam keluarga sangat berpengaruh terhadap perilaku yang bayu miliki, harus belajar bagaimana menjadi pemimpin bagi adik-adiknya dan menjadi seorang panutan yang dapat dicontoh. Hal ini sangat memotivasi Bayu agar selalu menjadi contoh yang baik dan memberikan hal yang lebih untuk mengembangkan minat dan bakat.

Bayu menamatkan pendidikan di SDN 34 Simpang Haru pada tahun 2009, kemudian melanjutkan pendidikan di SMPN 30 Padang dan menyelesaikan studi pada tahun 2012. Pada tahun 2012 Bayu melanjutkan pendidikan di SMAN 15 Padang.

Mulai dari SD Bayu sudah mulai melakukan kegiatan minat dan bakat. Saat Sekolah Dasar Bayu mengikuti kegiatan Pramuka dan mengikuti lomba menggambar. Berlanjut ke masa SMP hingga SMA Bayu aktif melakukan kegiatan olahraga, cabang olahraga yang diikuti adalah sepakbola. Bayu tergabung ke dalam tim sepak bola di SMP dan tergabung dalam tim SSB Semen Padang. 

Masuk ke masa perkuliahan Bayu masuk ke Universitas Andalas melalui jalur SBMPTN, dan lulus di Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Awal masa perkuliahan Bayu langsung bergabung ke salah satu Unit Beladiri UKM Pandekar yaitu Pencak Silat Tenaga Dasar (PSTD) Indonesia. 

Alasannya masuk ke bidang beladiri adalah agar mampu mengontrol diri, emosi, dan bisa menjaga keluarga dan teman-teman sekitar, serta demi keamanan diri sendiri.

Sebulan setelah mengikuti latihan di Unit Beladiri Bayu mengikuti Open Recruitment UKM Pandekar, dan menjadi anggota Organisasi UKM Pandekar pada tahun 2016. P

Ditahun 2016 bayu menjadi pengurus di bidang Pendidikan, Pelatihan dan Unit. Berlanjut pada tahun 2017 Bayu di amanahkan menjadi penerus pimpinan UKM Pandekar, Bayu menjadi Ketua UKM Pandekar pada periode 2017-2018. Setelah periode tersebut bayu berlanjut menjadi Ketua DPP UKM Pandekar.

Selama bayu tergabung di UKM Pandekar dan Unit Beladiri Bayu mengikuti beberapa kejuaraan dan mendapatkan prestasi. Prestasi yang pernah bayu raih selama perkuliahan yaitu Medali Emas Kejuaraan Daerah PSTD Indonesia wilayah Sumatera Barat tahun 2016 yang dilaksanakan di Universitas Andalas.

Tahun 2017 bayu kembali menjuarai kejuaraan pada Kejuaraan Terbuka PSTD Indonesia yang dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat.

Kemudian pada tahun 2018 Bayu kembali menjuarai Kejuaraan Daerah PSTD Indonesia wilayah Sumatera Barat yang dilaksanakan di Bukittinggi dan mendapatkan Medali Emas

Tidak hanya berhenti sampai tahun 2018 Bayu kembali mendapat prestasi yaitu Medali Perak Kejuaraan Daerah PSTD Indonesia Wilayah Sumatera Barat pada tahun 2019. 

Pada tahun 2017 Bayu juga tergabung dalam tim official BAPOMI Sumatera Barat pada ajang POMNAS Makassar 2017.

Sewaktu masa perkuliahan Bayu melaksanakan KKN pada Juli - Agustus 2018 di Nagari Sungai Sirah, Kecamatan Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan. Kemudian di bulan Februari-Maret 2019 Bayu melakukan Farm Experience di Laboratorium Percobaan Fakultas Peternakan Universitas Andalas.

Bulan Oktober 2019 Bayu mendapatkan Sabuk Hitam PSTD Indonesia, dan saat ini bayu menjadi asisten pelatih PSTD Indonesia Universitas Andalas. Pada bulan Oktober-November bayu menjadi pelatih Silat bagi anak-anak para mitra GoJek Padang.

Pada Wisuda IV Universitas Andalas yang dilaksanakan pada tanggal 23 November 2019 Bayu merupakan salah satu Bntang Aktivis Kampus Universitas Andalas dan masuk melalui jalur khusus yaitu pernah menjadi Ketua UKM Pandekar pada periode 2017-2018.

Memang dalam masa perkuliahan bayu mencapai beberapa prestasi dan benar-benar bersyukur, namun bayu tidak hanya berhenti dengan itu saja masih banyak hal yang harus dikembangkan dan melengkapi kekurangan yang dirasakan sampai sekarang, tentu harus lebih giat dan semangat tentunya.

Pesan Bayu untuk kawan-kawan semua, tetaplah semangat apapun kegiatan atau organisasi yang kawan-kawan lakukan saat ini yakinkan dan targetkan untuk meninggalkan jejak dengan memberikan prestasi dan hal-hal yang membanggakan. 

Teruslah menjadi manusia yang terus berkembang jangan hanya bangga dengan capaian sekarang. Jika kita hanya berani di zona nyaman percayalah hal tersebut hanya akan menyebabkan kita jadi orang yang tertinggal.

Tetap Semangat, Berjuang dan Terus Motivasi Diri. (*)

Humas dan Protokol Unand

 

 

 

Read 1695 times

Booklet Unand