Launching Produk Riset PPTI-Unand Virgin Coconut Oil (VCO)  Klik tombol ini
Toggle Bar

Metria Indeswara

  • + Prodi: Peternakan 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2015

Metria Indeswara, merupakan mahasiswa Jurusan Peternakan dengan konsentrasi bagian Nutrisi dan Teknologi Pakan pada Fakultas Peternakan (Faterna) Universitas Andalas.

Laki-laki yang akrab disapa Memet ini memiliki hobi dalam menulis, baik itu menulis cerpen, khazanah budaya, feature, wawasan maupun tulisan dengan genre lainnya, Laki-laki ini lahir di Baruah Gunuang, pada tanggal 08 Maret 1996, anak pertama dari pasangan Ayahanda Indra Ifendi dan Ibunda Yusmaidar.

Semasa sekolah Memet tercatat sudah aktif mengikuti beberapa kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya.Pertama, ketika bersekolah di SDN 02 Baruah Gunuang tahun 2003–2009, Memet sudah menjadi ketua Dokter Kecil. Kemudian di MTsN Limbanang tahun 2009-2012, Memet mengikuti organisasi Pramuka, Kesenian dan Organisasi Intra Sekolah (OSIS). Pada SMAN 1 Suliki tahun 2012 – 2015, Memet mengikuti organisasi OSIS dan Siswa Pencinta Alam (SISPALA). serta tahun 2014 diberikan amanah sebagai ketua umum Sispala.

Memet merupakan seseorang yang tidak cepat puas diri, pada bangku perkuliahan setelah dinyatakan lulus SNMPTN dengan bantuan beasiswa Bidikmisi tahun 2015, tahun pertama langsung mengikuti organisasi Forum Studi Islam (Faterna) dan dipercaya sebagai sekretaris departemen Hubungan Masyarakat (Humas), kemudian di tahun 2016, langsung melangkah ke jenjang Universitas dengan mengikuti salah satu UKM bidang jurnalistik yaitu UKPM Genta Andalas.

Di Genta Andalas, Memet mengikuti pembinaan selama sembilan bulan 10 hari dan dinyatakan sah sebagai anggota penuh pada tanggal 26 Desember 2016. Kemudian langsung dilibatkan dalam kepanitian Pekan Jurnalistik VII Tingkat Nasional dengan beragam perlombaan pada bulan Februari 2017, tak lupa juga pada kesempatan yang sama mengundang jurnalis senior Indonesia yaitu Desi Anwar. Selang waktu tiga bulan menjadi anggota, melalui Musyawarah Besar Genta Andalas, Memet dipercaya sebagai Marketing dan Sirkulasi Genta Andalas tahun 2017.

Selama menjabat sebagai Merketing Sirkulasi, Memet bersama team, sukses mengangkat Seminar Enterpreneurship bersama Monza Organizer dengan mengundang pemateri Komika Nasional yaitu Raditya Dika yang dilaksanakan di Hotel Bumi Minang Padang.

Pada tahun 2018, Memet kembali dipercaya sebagai Pemimpin Perusahaan Genta Andalas. Sama dengan tahun sebelumnya, selama menjabat sebagai Pemimpin Perusahaan, Memet berhasil menggait mitra kerjasama dengan beberapa usaha melalui periklanan Genta Andalas, salah satunya dengan Jogja Konveksi, Dedevis Artdvertising, Avanza Cafe, dll yang berhasil didapatkan kontrak periklanan selama satu tahun penuh.

Tidak hanya itu, pada tanggal 26-27 Oktober 2017, Memet merupakan satu dari tiga utusan UKPM Genta Andalas melakukan kunjungan ke Pers Mahasiswa Gelora Sriwijaya Universitas Sriwijaya, LPM Fitrah Universitas Muhammadiyah Palembang, dan LPM Ukhuwah UIN Raden Patah Palembang.

Selang satu hari, Memet merupakan satu dari 30 mahasiswa Pers terpilih se-Indonesia untuk melaksanakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) di UKPM Teknokra Universitas Lampung, yang berlangsung selama lima hari dari tanggal 28 Oktober sampai 1 November 2017. Selain Lampung, di tahun yang sama, Memet juga terpilih oleh Tempo Institute untuk melakukan pelatihan Peta Kaum Muda Indonesia (PKMI) di Universitas Negeri Padang.

Selama perkuliahan Memet juga melaksanakan magang peternakan di Abe Farm Saribulan Kota Payakumbuh tanggal 2-17 Januari 2017 dan Peternakan Tanjung Lurah Batusangkar tanggal 19 Desember 2017-2 Januari 2018. 

Pada bulan Juli sampai Agustus 2018, Memet mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Sungai Pisang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Lalu tanggal 18 Desember 2018 sampai 03 Februari 2019 melaksanakan Farm Experience di Laboratorium Percobaan Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Padang.

Pada awal Februari sampai April 2019, Memet juga dipercaya untuk mencicipi dunia kerja dengan bergabung Perusahaan Media Kompas Grup, dan diberi kepercayaan sebagai Reporter pada Tribunpadang.com.

Berkat kerja keras dan ketekunan dalam menjalankan beberapa kegiatan organisasi dan tuntutan menulis di Genta Andala. Pada Wisuda 3 Unand yang dilaksanakan tanggal 24 Agusutus 2019, Memet merupakan satu dari 15 orang Bintang Aktivis Kampus Universitas Andalas.

Memang pencapaian ini bukan akhir dari segalanya, ini hanya sedikit bonus yang diberikan atas apa yang telah dicapai, namun tidak lupa Memet mengucapkan ribuan terima kasih kepada kampus tercinta Universitas Andalas yang sudah memberikan ribuan pengalaman, mulai dari akademik, program magang, organisasi pers yang luar biasa, pengalaman training dan tidak lupa teman-teman yang sangat luar bisa yang selalu mendukung. (*)

 

Humas dan Protokol Unand

 

Read 388 times
More in this category: « M. Rendy Bayu Marcellino »