Launching Produk Riset PPTI-Unand Virgin Coconut Oil (VCO)  Klik tombol ini
Toggle Bar

M. Rendy

  • + Prodi: Teknik
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2014

M. Rendy, S.T, merupakan alumni mahasiswa Program Sarjana Jurusan Teknik Elektro dengan konsentasi Telkom pada Fakultas Teknik Universitas Andalas.

Laki-laki yang sering disapa Rendy ini merupakan mahasiswa yang memiliki hobi literasi yang baik, seperti membaca dan menulis. Selain hobi dibidang literasi, Rendy juga memilki hobi berdiskusi baik secara lansung maupun dalam media online, serta berbagai kegiatan olahraga dan seni seperti berenang, bulutangkis, menyanyi, menggambar dan mendengarkan music digemarinya. Laki-laki yang suka tersenyum ini lahir di Bukittinggi, 28 Desember 1995 merupakan anak dari Bapak Kamal Chaniago dan Ibu Ramayulis.

Rendy merupakan mahasiswa yang aktif dan berprestasi baik itu dalam segi akademik maupun non-akademik. Hal tersebutdibuktikan dalam beberapa prestasi yang pernah diraihnya.

Rendy merupakan seseorang yang terus mengalami kenaikan prestasi mulai dari Sekolah Dasar sampai kebangku Perkuliahan. Di akhir masa kuliahnya Rendy diberikan penghargaan oleh Rektor Univesitas Andalas sebagai Bintang Aktivis Kampus terbaik dengan IPK 3,77. Selain itu, Rendy pun menjadi lulusan terbaik Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Andalas.

Rendy memiliki riwayat Pendidikan Dasar di SDN 09 Pakan Kurai Bukittinggi, pada masa sekolah dasar Rendybeberapa kali meraih prestasi juara kelas dan juara 1 lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Selanjutnya Rendy bersekolah SMPN 6 Bukittinggi dan juga konsisten meraih prestasi juara 1 kelas selama 4 Semester, juara 2 MTQ tingkat Kota Bukittinggi, lomba Khutbah Jumat dan Menggambar FL2SN tingkat Kota Bukittinggi, dan juara 1 lomba Kader Kesehatan Remaja tingkat Kota Bukittinggi. Lalu Rendy mendapatkan beasiswa penuh untuk bersekolah di Sampoerna Academy Boarding School Bogor, sebuah sekolah internasional di Bogor yang menggunakan Kurikulum IGCSE dari Cambridge University dan ditambahkan dengan Kurikulum Nasional KTSP. Pada masa SMA Rendy aktif dalam berbagai organisasi seperti Student Council, Cummunity Service, Badminton Club, Choir Club, Merpati Putih Martial Art, dan lain-lain. 

Selain organisasi, prestasinya pun tidak menurun dengan meraih beberapa kali juara 1 Choir Competition, Juara 1 Deutsch Singen Wettbewerb, Juara 1 Community Service Plan Competition, Finalis LKTI Biological Opus Fair ITS Surabaya, Ia pun juga aktif berwirausaha dengan menjalankan bisnis Cireng (Acidigoreng) di sekitaran kampus.   

Pada masa perkuliahannya, Rendy mulai melakukan dialektika dan mencoba untuk mengembangkan diri dengan mengikuti beberapa organisasi dan kepanitiaan. Seperti, Sekjen Asosiasi Mahasiswa Asrama Universitas Andalas, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas, Koordinator Forum Studi Islam Teknik, Staff Kaderisasi Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Teknik maupun Universitas Andalas, Staff Kaderisasi Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Andalas, Ketua Umum Electrical Islamic Forum HMTE FT-Unand, Volunteer Forum Indonesia Muda Bukittinggi serta mengikuti banyak sekali kepanitiaan dari setiap organisasi yang digelutinya.

Selain aktif dalam organisasi Rendy memilki prestasi akademik yang gemilang, dengan meraih predikat Mahasiswa Berprestasi 1 Fakultas Teknik Universitas Andalas Tahun 2017, selain itu pernah menjadi delegasi lomba karya tulis teknologi tingkat Sumatera pada Pekan Elektro tahun 2017 dan 2018 dengan mendapatkan juara best performance, delegasi lomba karya tulis poster nasional di Universitas Sriwijaya pada SNEPCO Tahun 2019 dan mendapatkan sertifikat finalis, sebagai delegasi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 29 dan 31 yang dilaksanakan di Institut Pertanian Bogor dan Universitas Negeri Yoyakarta pada Tahun 2016 dan 2018. 

Selain itu, Rendy pernah tampil dalam acara Mimbar Mahasiswa di Stasiun TV yaitu Padang TV.

Ia juga gemar melakukan kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat seperti sosialisasi dan bakti sosial di Panti Asuhan, melakukan sosialisasi pembangunan karakter di Sekolah Dasar. Pada tahun 2018 Rendy bergabung dengan komunitas kepemudaan Forum Indonesia Muda Bukittnggi dan melakukan projek social seperti Seminar beasiswa dan pariwisata di Kota Bukittinggi. 

Selain itu Rendy juga mengikuti pengabdian di negara lain dengan menjadi delegasi Indonesia Thailand Youth Cultural Education Program, Bangkok  Thailand 2016.

Dalam melakukan hobinya, beberapa pencapaian juga diraih Rendy seperti tulisan pernah terbit di Koran local dan berita online. Tulisan yang terbit dikoran local dan media online ini merupakan penelitian yang dilakukannya untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional pada tahun 2016 dan 2018. Rendy pernah meraih Juara 1 ganda putra Badminton Asrama Universitas Andalas, Juara 1 lomba Kalighrafi Asrama Universitas Andalas serta sering menjadi pengisi acara berbagai kegiatan seperti menjadi pembaca quran, pembaca doa, MC, moderator sampai menjadi Pemateri. 

Rendy merupakan salah satu delegasi Universitas Andalas dalam Program Student Mobility Credit Earning di Gifu University, Japan. Program tersebut Rendy lakukan selama kurang lebih satu bulan dan bergabung dalam Laboratorium Intelligent Mechanical Course Satoshi Ito untuk memperdalam tentang Electro ence phalography (EEG). 

Selain itu, Rendy melakukan riset untuk tugas akhirnya (skripsi) dengan konsen pada teknologi multimedia yaitu Object Based Audio Video.

Ia selalu bersyukur kepada Allah SWT yang selalu memberikan kesempatan untuk terus berprestasi dan mengembangkan diri. Ia sangat bangga pernah belajar di Universitas Andalas sebagai rumah untuk berdialektika, mencari ilmu, pengalaman, danrelasi.

Adapun Kesan dan Pesan Rendy untuk kita semua, jangan pernah menyerah, berbanggalah pada kemampuan kita sendiri, serta hargai apapun yang telah kita kerjakan. Jangan lupa untuk pasang target yang jelas agar kita dapat melangkah dengan pasti kedepan, demikian pesan dari Pemuda dengan motto “Live is About Read and Learn”.(*).

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 502 times