Launching Produk Riset PPTI-Unand Virgin Coconut Oil (VCO)  Klik tombol ini
Toggle Bar

Aulia Rahman Zulmi

  • + Prodi: Teknik Pertanian 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2015

Perjalanan dan langkah karya sebentar lagi akan melewati garis finish di Universitas Andalas. Banyak rintangan yang datang dalam melangkah, yang membuat langkah dalam perjalanan ini menjadi lambat, bahkan tersandung sehingga membuat perjalanan jadi lebih berwarna.

Namun atas nikmat dan rahmat dari Allah, hadangan yang datang langkah ini tak menjadi hambatan, bahkan menjadi pemicu untuk melakukan perjalanan lebih jauh lagi kedepannya.

Aulia Rahman Zulmi, anak ketiga dari lima bersaudara, putra dari Zul Akmal dan Nurhelmi, Z. lahir di Bukittinggi, 30 mei 1997. Ia merupakan mahasiswa Jurusan Teknik Pertanian angkatan 2015, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas.

Aulia memiliki riwayat pendidikan dasar di SD Negeri 32 Bungo Pasang, pada masa itu ia berhasil meraih lulusan terbaik sekolah. Selanjutnya ia bersekolah di SMP Negeri 7 Padang, dan melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) SMTI Padang. Selama di SMTI, ia berhasil mendapatkan sertifikat kompetensi keahlian skala internasional dari lembaga Vapro, dan menjadi lulusan terbaik. 

Selanjutnya Aulia melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, yaitu Universitas Andalas dengan memilih jurusan Teknik Pertanian. Pada akhir masa kuliahnya, Aulia diberikan penghargaan oleh Rektor Universitas Andalas sebagai lulusan terbaik fakultas Teknologi Pertanian dengan IPK 3,89.

Selama masa perkuliahan, Aulia mencoba untuk mengembangkan diri dengan mengikuti beberapa organisasi, kepanitiaan, perlombaan, hingga menjadi asisten laboratorium.

Saat menjadi mahasiswa baru, ia mengikuti kegiatan pengkaderan tingkat fakultas hingga tingkat jurusan yang rutin dilakukan oleh fakultas dan jurusan disetiap tahunnya. 

Selain itu, selama menjadi mahasiswa baru, atau perkuliahan pada tahun pertama, ia terus mengikuti kegiatan pengembangan diri mulai dari mengikuti sekolah BEM (Generasi muda BEM KM FATETA UNAND 2015) dan menjadi peserta terbaik pada periode itu, mengikuti beberapa kepanitian yang berperan sebagai anggota hingga sebagai ketua pelaksana seperti kepanitiaan Pemilihan Umum Raya (Pemira) FATETA, Harmonisasi Teknik Pertanian, Lecturer Series Histories (LSH), dan menjadi Pengurus BEM KM FATETA periode 2016-2017 pada bidang PSDM. 

Sebagai lulusan SMK, pada tahun pertama kuliah ini juga diri merasa kurang bisa bersaing dalam hal akademik perkuliahan dengan lulusan SMA, namun dengan usaha dan kerjakeras dalam belajar dan mengimbangkan kegiatan pengembangan diri, Aulia berhasil mendapatkan IP yang tinggi dan bisa bersaing dengan teman-teman lainnya. 

Kondisi ini menjadi pelecut semangat bahwa kegiatan pengembangan diri itu tidak akan menghambat perkembangan akademik, dan mematahkan perkataan negatif yang selalu berkembang bahwa kegiatan pengembangan diri akan menghambat dan menurunkan perkembangan akademik mahasiswa. Bahkan, setelah kejadian ini, kegiatan pengembangan diri menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari yang rasanya rugi ditinggalkan diselakesibukan kuliah.

Pada tahun kedua hingga tahun ketiga kuliah, Aulia mulai mengikuti kegiatan dengan cakupan yang luas dan juga pada tahun ini Aulia mendapat kesempatan untuk bertemu dengan mahasiswa lainnya dari universitas lain di Indonesia bahkan universitas di Asia Tenggara karena tergabung dalam kegiatan PTPN (Pekan Teknik Pertanian Nasional VIII) dan Agricultural Engineering Student Chapter Annual Regional Convention 2016. 

Selain itu Aulia mengikuti beberapa kegiatan seperti menjadi panitia BAKTI UNAND, dan menjadi pengurus organisasi yaitu BEM KM UNAND tahun 2017-2018 pada kementrian PSDM. Selama menjadi pengurus BEM Universitas diri menjadi lebih terbekali karena mendapatkan ilmu keorganisasian yang sebelumnya belum pernah didapat, bahkan saat diamanahkan menjadi penanggung jawab kegiatan pelatihan LKMM TD tingkat Nasional Tahun 2017. Hal yang menjadi tantangan terberat pada tahun ini adalah bagaimana mengatur waktu, bagaimana mengatur skala prioritas, dan bagaimana mengatur diri sendiri. Ilmu ini yang menjadi poin lebih yang didapatkan, karena pada tahun ini juga pada jurusan Teknik Pertanian merupakan tahun dimana kegiatan akademiknya paling sibuk dan kegiatan praktikum yang paling banyak.

Pada tahun keempat, Aulia terus melanjutkan untuk mengikuti kegiatan pengembangan diri, bahkan mencoba pengembangan diri kebidang akademik. Pada tahun keempat kuliah, Aulia menjadi Koordinator (KepalaDinas) PSDM di BEM KM FATETA periode 2018-2019, lalu menjadi Asisten Laboratorium AMGIS Jurusan Teknik Pertanian dari tahun 2018-2019.

Perjuangan, usaha dan sikap haus akan ilmu merupakan hal yang semestinya harus dimiliki manusia, terutama pemuda. Alhamdullilah karena izin Allah SWT, Aulia berhasil menjadi Lulusan Terbaik Fakultas Teknologi Pertanian pada wisuda UNAND periode III Tahun 2019.(*)

Humas 

 

Read 454 times
More in this category: « Oki Putra M. Rendy »