Launching Produk Riset PPTI-Unand Virgin Coconut Oil (VCO)  Klik tombol ini
Toggle Bar

Oki Putra

  • + Prodi: Pertanian 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2014

Oki Putra biasa dipanggil oki merupakan mahasiswa Fakultas Pertanian angkatan 2014 Universitas Andalas. Oki  di lahirkan di jorong Padang Laweh, kenagarian Tepi Selo, kecamatan Lintau Buo Utara, kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Tempat kelahirannya ini merupakan salah satu tempat yang bersejarah untuk daerah Minangkabau karena  di tempat itulah terjadi perjanjian bukik Marapalam yang sering disebut dengan “Sumpah Satie Bukik Marapalam” tepatnya di Lintau Buo Utara dan merupakan kampong halaman dari istri Wakil Presiden Republik Indonesia ibu Mufidah Jusuf Kalla. 

Lahir pada tanggal 17 Oktober 1995 merupakan putra terakhir dari 4 bersaudara pasangan Bapak Nurdin dan Ibu Erma yang mana dua insan yang selalu memberikan arti hidup harapan keluarga. 

Menjadi anak paling terakhir di keluarga yang sederhana membuat ia sangat bersyukur. Karena dari keluarga ini, ia banyak mendapatkan pelajaran hidup dan menjadikannya seorang pribadi yang kuat, mandiri, disiplin dan pantang menyerah serta menikmati proses hidup dan tekad yang kuat. 

Sehingga ia memiliki motto ”selalu siap menjadi pemimpin, pribadi yang selalu dikorbankan dan menjadi nahkoda yang hebat walau sering dihantam gelombang”

Oki putra yang merupakan Komandan Menwa unand dan Pemuda Bahari Sumatera Barat tahun 2017 ini menempuh pendidikannya di SDN 36 Lareh Nan Gadang yang merupakan siswa yang selalu juara kelas dan aktif kegiatan drum band beserta kesenian randai dan pramuka sewaktu beliau bersekolah disana.

Semenjak kecil oki dibesarkan dari lingkungan yang penuh dengan kepemimpinannya serta arti dari perjuangan dan cita-cita hidup. Setelah tamat SD Oki melanjutkan pendidikannya ke SMP N 1 lintau.

Dimulai dari SMP ini oki selalu menampakan prestasinya ketika awal masuk menjadi ketua kelas sampai Oki menjadi Ketua 1 OSIS dan Ketua PRAMUKA SMPN 1 LINTAU.

Sejak menempuh pendidikan menengah pertama ini ia sudah akrab dengan yang namanya Pramuka, ia biasa hidup di lapangan yang sering ditempa, sering mengikuti lomba Pramuka Penggalang yang diadakan di tingkat Kabupaten terutama acara lomba tingkat Dewan Kerja Cabang (DKC) tahun 2009 di Bukit Gombak tanah datar dan kegiatan nasional menjadi peserta terbaik pada kegiatan Jambore Budaya Serumpun INDONESIA-MALAYSIA di Pagaruyung tahun 2010 dan mendapatkan juara kelas sehingga sekolah mudah memberikan Beasiswa Prestasi.

Kemudian setelah menamatkan studinya di SMPN 1 Lintau beliau melanjutkan pendidikannya ke SMA N 1 LINTAU BUO yang merupakan salah satu sekolah favorit yang ada di kabupaten tanah datar.

Pada awal masuk SMA oki langsung bergabung dengan Pramuka dan OSIS SMAN 1 LINTAU. Pada periode 2011/2012 beliau langsung diberikan amanah sebagai wakil ketua OSIS padahal beliau baru bergabung dengan OSIS SMA pada waktu itu.

Ini merupakan tugas dan tanggung jawab yang berat bagi oki selain menjabat sebagai wakil ketua osis di tahun yang sama ia menjabat sebagai Komandan Patroli keamanan sekolah.

Namun dengan kesibukannya oki selalu mendapatkan juara kelas dengan bukti sertifikat juara 1 yang diberikan oleh kepala sekolahnya. Pada periode 2012/2013 Oki terpilih menjadi ketua OSIS SMAN 1 Lintau melalui pemilihan umum oleh seluruh siswa dan majelis Guru dan sebagai ketua Kajian kepramukaan yang terpilih juga pada Mubes pramuka.

Segudang prestasi diraihnya pada masa SMA dimulai memimpin sampai juara II Tata upacara bendera tahun 2012, juara I PBB piala polres kota payakumbuh tahun 2012, juara I PASUSBRA di SMAN 2 Lintau tahun 2011, PASKIBRA KAB.TANAH DATAR 2012, Juara III liga Pelajar Indonesia Kab.Tanah Datar tahun 2012 dan mewakili SMA dalam lomba petatah petitih dan Pencak silat keajang lomba kesenian di Kab.Tanah Datar tahun 2013 serta pimpinan regu dalam Lomba FIESTA UNAND KE 25 dan KE 26. 

Dari banyak prestasi yang diraih pada masa SMA, kepala sekolah SMAN 1 lintau memberikan penghargaan prestasi untuk beliau. Sehingga ia sering di bilang “Asetnya kabupaten tanah datar”. Sekarang semenjak melepaskan jabatan komandan menwa unand dan duta pemuda bahari sumbar 2017, beliau diangkat menjadi asisten operasi menwa se-sumbar dan beliau pada tanggal 29 juni 2019 diwisuda dengan mendapatkan penghargaan sebagai bintang aktivis kampus.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 966 times