Launching Produk Riset PPTI-Unand Virgin Coconut Oil (VCO)  Klik tombol ini
Toggle Bar

Irsal Habibi

  • + Prodi: Ilmu Hukum
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2015

Irsal Habibi yang akrab disapa Irsal, dilahirkan di Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat tanggal 24 November 1996 merupakan anak keempat dari lima orang bersaudara dan buah hati pasangan H. Herizal dan Dra. Gusnetti. 

Irsal menamatkan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 15 Talamau pada tahun 2009, pada tahun yang sama melanjutkan pendidikan di SMP N 1 Talamau dan menyelesaikan studi pada tahun 2012. Pada tahun 2015, Irsal menamatkan studi di Kelas Unggul SMA N 1 Pasaman.

Semasa SMA Irsal telah menunjukkan perhatiannya terhadap hukum, ketatanegaraan dan politik yang dibuktikannya dengan meraih berbagai prestasi di bidangnya seperti meraih Juara II Kompetisi Debat Politik tingkat SMA se Sumatera Bagian Tengah (Sumbar, Riau Jambi) pada tahun 2014 pada acara dan tahun yang sama Irsal juga sekaligus meraih juara II Olimpiade Politik tingkat SMA se Sumatera Bagian Tengah (Sumbar, Riau Jambi).  

Masih di tahun  2014, Irsal kembali membuktikan kemampuannya dengan menjadi juara 2 Olimpiade Sains Nasional Bidang Ekonomi Tingkat Kab. Pasaman Barat. Prestasi-prestasi tersebut menghantarkannya menjadi delegasi Kab. Pasaman Barat dalam Kongres Pelajar Nusantara yang digelar di Surabaya pada tanggal 8-11 November 2014. 

Ditahun 2015 menjelang menamatkan studi di tingkat SMA, Irsal berhasil membawa nama Kab. Pasaman Barat melalui SMA N 1 Pasaman sebagai delegasi Prov. Sumatera Barat dalam Lomba Cerdas Cermat MPR 4 Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika). 

Pada Juli 2015 Irsal melanjutkan studinya sebagai Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Andalas melalui jalur SNMPTN/Undangan. Semasa menjadi Mahasiswa, Irsal aktif dalam kegiatan didalam kampus maupun di luar kampus. 

Sepak terjang Irsal dimulai dengan menjadi anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas KOMBAD Justitia pada tahun 2015. KOMBAD Justitia merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas yang bergerak dalam bidang debat dan penulisan hukum. 

Sewaktu menjadi anggota Kombad Justitia, Irsal berhasil menyumbangkan pemikiran dan tulisannya dalam berbagai forum ilmiah maupun opini yang tersebar dalam koran, majalah dan proceding jurnal seperti tulisannya yang berjudul “Menjadi Pemimpin Daerah” dimuat dalam Majalah Tempo Edisi 31 Oktober- 6 Nomber 2016, bersama Bapak/Ibu Dosennya menjadi penulis dan presenter dalam InternationalConverence on Social Humanities, Economics, and Law (IConSHEL) pada tahun 2018 dan 2nd InternationalConverence on Law and Govermence in Disruptive Era  (icLAVE) di Bali  pada tahun 2018. 

Selain itu, Irsal juga berhasil meraih Juara 3 dalam Kompetisi Debat Politik Tingkat Nasional yang di selenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNAND pada tahun 2017. 

Di Kampus Fakultas Hukum UNAND, Irsal pernah menjabat sebagai koordinator penulisan hukum KOMBAD Justitia pada tahun 2017-2018, setelah itu, Irsal diberikan amanah untuk mengemban tanggungjawab sebagai Ketua Dewan Penasehat Pengurus (DPP) Kombad Justitia untuk masa bakti tahun 2018-2019. 

Selain itu, saat ini Irsal juga menjabat sebagai Koordinator bidang PSDM dalam Himpunan Mahasiswa Hukum Pidana (HIMADANA). Selain itu, Irsal juga aktif dalam berbagai kepanitian, seperti Kepanitian JBBC (Justitia Basket Ball Competition), Sebagai Koor Perlengkapan Andalas Law Competition 2017, Koor Lapangan pada Andalas Law Competition II 2018,  Kepanitian dalam Acara Simposium Nasional “Revitalisasi Hukum Pidana Adat dan Kriminologi Kontemporer serta Pelatihan Hukum Pidana dan Kriminologi” tahun 2018, dan berbagai kepanitian lainnya ditingkat Fakultas.

Dalam rangka peningkatan wawasan akademik, Irsal pernah mengikuti pelatihan hukum pidana dan kriminologi serta peserta dalam Simposium Nasional Hukum Pidana dan Kriminlogi pada tahun 2018, selain itu Irsal bersama beberapa mahasiswa Fakultas Hukum juga berkesempatan mengikuti Klinik Etik Hukum Fakultas Hukum Universitas Andalas bekerjasama dengan Komisi Yudisia Republik Indonesia.  

Selain aktif dalam bidang akademis dan kehidupan kampus, Irsal juga memberikan perhatiannya dan sumbangsihnya bagi pengabdian masyarakat. Pada tahun 2017, Irsal resmi bergabung sebagai anggota Penerima Beasiswa Bank Indonesia yang tergabung dalam Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Sumater Barat. 

GenBI yang memiliki semboyan “Energi Untuk Negeri” merupakan komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia yang bergerak untuk memberikan manfaat kepada masyarakat melalui program di bidang Pendidikan, Lingkungan Hidup, dan Kesehatan Masyarakat. Semangat, kegigidan, dedikasi, dan perhatiannya terhadap lingkungan sosial mengantarkan Irsal menjadi Ketua Umum Generasi Baru Indonesia (GenBI) Sumatera Barat untuk masa bakti 2018-2020.

Selama menjabat sebagai Ketua Umum GenBI Sumbar berbagai bentuk pengabdian masyarakat telah dilaksanakan dan di pimpin oleh Irsal, seperti: GenBI Goes To Village,  GenBI Peduli Bencana, GenBI Care and Share, World Clean Day, Gerakan Bersih Indonesia, dan berbagai kegiatan lainnya yang berfokus pada pengabdian masyarakat. 

Dalam rangka mengasah dan melatih kepemimpinan Irsal mendapatkan kesempatan yang diberikan Bank Indonesia untuk menjadi wakil Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat dalam acara Leadership CampNasionalGenBI se Nusantara di Bogor pada tahun 2017. 

Pada tanggal 09 Januari 2019, merupakan hari bersejarah bagi Irsal, karena berhasil menyelesaikan studinya dengan tepat waktu lebih kurang selama 3 tahun 6 bulan. Tidak hanya itu, Irsal juga dinobatkan sebagai Lulusan Terbaik Fakultas Hukum Universitas Andalas dengan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) hampir sempurna, yaitu: 3.99 dengan hanya membawa satu nilai A-. Selain dinobatkan sebagai Lulusan Terbaik Irsal juga dianugerahi oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Andalas sebagai Bintang Aktivis Kampus (BAK FHUA). 

Melalui pencapain itu, Irsal diberikan amanah untuk memberikan pidato wisudawan mewakili wisudawan/ti pada Rapat Penyerahan Ijazah Wisuda 1 Fakultas Hukum Universitas Andalas tanggal 23 Februari 2019. 

Humas dan Protokol Unand

 

Read 2516 times