Bedah Buku Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia  Klik tombol ini
Toggle Bar

Muhammad Firdaus

  • + Prodi: Ilmu Politik 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2015

Muhammad Firdaus, merupakan mahasiswa Jurusan Ilmu Politik dengan konsentasi komparatif politik pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas.

Laki-laki yang sering disapa Firdaus ini merupakan mahasiswa yang memiliki hobi literasi yang baik, seperti membaca dan menulis. Selain hobi dibidang literasi, Firdaus memilki hobi mendaki gunung. Laki-laki berkacamata ini lahir di Kuningan, 30 Juli 1996 merupakan anak dari Samsuka Efendi dan Ati Kurniawati.

Firdaus merupakan mahasiswa yang aktif dan berprestasi baik itu dalam segi akademik maupun non-akademik. Hal tersebut dibuktikan dalam beberapa prestasi yang pernah diraihnya.

Firdaus merupakan seseorang yang terus mengalami kenaikan prestasi mulai dari Sekolah Dasar sampai kebangku perkuliahan. Di akhir masa kuliahnya Firdaus diberikan penghargaan oleh Rektor Univesitas Andalas sebagai Lulusan terbaik dengan IPK 3,91. Selain itu, Firdaus pun menjadi lulusan terbaik Fakultas ISIP dan Jurusan Ilmu Politik.

Firdaus memiliki riwayat Pendidikan Dasar di SDN 2 Bandorasawetan, pada masa sekolah dasar Firdaus meraih prestasi juara 1 lomba kaligrafi. Selanjutnya Firdaus bersekolah SMP N 1 Cilimus dan meraih prestasi juara 1 lomba Napak Tilas tingkat pelajar, dan juara 2 lomba Napak Tilas tingkat nasional. Lalu Firdaus bersekolah di SMA N 1 Cilimus dan meraih juara 1 lomba cerdas cermat ekonomi.

Pada masa perkuliahannya, Firdaus mulai melakukan dialektika dan mencoba untuk mengembangkan diri dengan mengikuti beberapa organisasi dan kepanitiaan. Seperti, Asosiasi Mahasiswa Asrama, Majelis Permusyawaratan Mahasiswa, Forum Studi Islam serta mengikuti beberapa kepanitiaan seperti Pekan Politik IV dan V, Pemilihan Umum Raya (PEMIRA) dan sebagainya.

Selain aktif dalam organisasi Firdaus memilki prestasi akademik yang gemilang, seperti pernah menjadi delegasi lomba debat tingkat nasional di UIN Jakarta pada FISIP Youth Government tahun 2017 dan mendapatkan juara 3, delegasi lomba debat nasional di Universitas Sriwijaya pada Gelora Nusantara Tahun 2016 dan mendapatkan juara harapan 1, sebagai delegasi lomba debat tingkat regional yang dilaksanakan di Universitas Riau pada Tahun 2018. Selain itu, Firdaus pernah tampil dalam acara Mimbar Mahasiswa di Stasiun TV local yaitu Padang TV.

Ia juga gemar melakukan kegiatan-kegiatan social seperti sosialisasi dan bakti sosial di Panti Asuhan, melakukan sosialisasi pembangunan karakter di Sekolah Dasar. Pada tahun 2017 Firdaus mendirikan komunitas Mentawai Cerdas bersama teman-teman lintas fakultasnya dan melakukan projek social yaitu Social-Education di dusun Pukarayat, Kabupaten Mentawai. Atas pengabdian ini Firdaus menjadi nominasi dan mendapatkan penghargaan sebagai Best Social Activis dalam rangka Andalas Global Award.

Dalam melakukan hobi literasinya, beberapa tulisan/opini Firdaus pernah terbit di Koran lokal dan berita online. Tulisan yang terbit di media online Kuningan Mass, seperti “Melacak Pragmatisme Dalam Pilkada”, “Petahana Jadi Nahkoda Politik (lagi)?”, “Anekdot Sajak Politik”, “Mahasiswa, Pergerakan, dan Konsolidasi Demokrasi”, serta “Demokrasi dan Pembangunan Sosial”. Selain di media Kuningan Mass, tulisan Firdaus pernah terbit di Koran local yaitu Jambi Link dengan judul opini “Meluruskan Miskonsepsi Partisipasi Politik Virtual”.

Firdaus merupakan salah satu delegasi Universitas Andalas dalam Program Credit Earning di Matej Bel University, Slovakia, Eropa Tengah. Program tersebut Firdaus lakukan selama hampir 2 bulan dan bergabung dalam kelas Erasmus untuk memperdalam tentang ilmu politik. 

Selain itu, Fidaus melakukan riset untuk tugas akhirnya (skripsi) dengan konsen pada perbandingan dua negara yaitu antara Indonesia dan Slovakia dalam hal praktek penggunaan internet (cyberdemocracy) dan partisipasi politik masyarakat.

Ia selalu bersyukur kepada Allah SWT yang selalu memberikan kesempatan untuk terus berprestasi dan mengembangkan diri. Ia sangat bangga pernah belajar di Universitas Andalas sebagai rumah untuk berdialektika dan mencari ilmu, pengalaman, dan relasi.

Pesan Firdaus untuk kita semua, jangan pernah menyerah, berbanggalah pada kemampuan kita sendiri, serta hargai apapun yang telah kita kerjakan. Jangan lupa untuk pasang target yang jelas agar kita dapat melangkah dengan pasti kedepan.(*)

Humas dan Protokol Unand

 

Read 1382 times