Launching Produk Riset PPTI-Unand Virgin Coconut Oil (VCO)  Klik tombol ini
Toggle Bar

Rendi Afrineldi

  • + Prodi: Fisika 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2013

Langkah kaki telah sampai di 2018 yang sebentar lagi akan melewati garis fisnish dalam perjalanannya di Universitas Andalas. Sudah banyak rintangan yang ditemui dalam melangkah, yang membuat langkah ini menjadi lambat, menjadi ragu bahkan tersandung sehingga langkah ini terhenti sebentar. Namun atas nikmat dari Allah, sakit yang terasa dalam langkah ini tak menjadi penyakit malah menjadi pemicu agar melangkah lebih jauh lagi kedepannya.

Tahun 2013 adalah garis awal dalam perjuangan di kampus hijau ini. Masuk ke dalam jurusan Fisika membuat diri ini semakin dekat dengan Nya. Dipertemukan dengan orang-orang hebat, Uda dan uni yang siap mengarahkan dan menjelaskan apa yang tidak dimengerti. 

Masuk ke dalam Himpunan Mahasiswa Fisika dan tinggal di Wisma MIPA membuat diri ini menjadi berkarakter dan ingin menjadi seperti orang-orang hebat yang ada disekitar. Tidak hanya fokus untuk menjalankan rutinitas pribadi namun memikirkan kepentingan orang lain dan selalu sholat berjamaah di Masjid meskipun dingin menyelimuti Subuh, hujan turun deras dari langit dan dikejar deadline kuliah serta organisasi. 

Di sana, diri ini mengubah pola nyanyian galau menjadi lantunan ayat suci Alquran di setiap penjuru rumah yang ditempati. Bergabung dengan Himafi melalui pembinaan himpunan membuat diri ini menjadi orang yang kuat, kritis, tegas dan selalu berfikiran positif dengan segala proses yang diikuti, akhirnya kami Fisika angkatan 2013 resmi menjadi anggota Himpunan Mahasiswa Fisika Universitas Andalas.

Sembari mengikuti pembinaan, kaki ini juga dilangkahkan untuk bergabung di Forum Studi Islam FMIPA. Bersama Bidang Hubungan Jaringan FSI FMIPA UNAND, kami ingin melebarkan sayap FSI FMIPA keseluruh penjuru dan menebar kebaikan. 

Sabagai salah satu bakti kepada jurusan Fisika, diri ini mengikuti Olimpiade Sains Nasional Fisika dan memperoleh peringkat VII di tingkat Unand. 

Setelah satu tahun dibina di FSI FMIPA, amanah menjadi koordinator kerohanian Himpunan Mahasiswa Fisika datang. Bersama teman teman, kami ingin menciptakan Himafi yang Rabbani dengan menjalankan program kerja terbaik untuk Himafi.

Pada tahun yang sama diri ini bergabung di BEM KM FMIPA UNAND di Departemen Eksternal. Disinilah cerita baru di mulai. Langkah ini semakin lebar. Tidak hanya di UNAND. Langkah ini sampai ke universitas lain, pulau lain yang bahasanya berbeda dengan kampung halaman. 

Langkah ini mengantarkan pada pelajaran yang lebih hebat. Diri ini bergabung di Ikatan Himpunan Mahasiswa MIPA Indonesia. Disini bergabung mahasiswa FMIPA dari seluruh kampus di Indonesia.

Tahun berikutnya langkah ini terasa semakin berat. Bukan karena malas, tapi tantangan perjalanan ini semakin luar biasa.  KM FMIPA mempercayakan diri ini menjadi pucuk nya, yaitu sebagai Gubernur BEM KM FMIPA UNAND. 

Amanah ini bukan suatu pencapaian tapi sebagai kepercayaan dan BEM KM FMIPA UNAND hebat bukan karena gubernur nya. Tapi karena seluruh anggota BEM KM FMIPA UNAND dan tentunya juga dari rakyat MIPA.

BEM KM FMIPA UNAND dan ILMMIPA Indonesia adalah sesuatu yang terhubung. Lebarnya sayap BEM KM FMIPA UNAND dilihat dari kebermanfaatan nya di ILMMIPA Indonesia. Atas kepercayaan dari teman teman juga, diri ini di amanahkan menjadi Pelaksana Tugas ILMMIPA Indonesia. Mengikuti serangkaian aktivitas dan ingin bermfaat tidak hanya untuk FMIPA UNAND tapi seluruh Indonesia. 

Tahun berikutnya amanah baru datang lagi. ia dipercayakan menjadi wakil Presiden BEM KM UNAND. Tidak hanya bertemu dengan anak-anak MIPA dan tidak hanya mengurusi masalah MIPA, BEM KM UNAND harus bisa melangkah hebat bersama teman teman dari jurusan lain yang pola komunikasi nya jauh berbeda dari lingkungan MIPA biasanya. 

Satu tahun kami melangkah untuk menciptakan program kerja hebat dan bermanfaat untuk seluruh KM UNAND. Pada tahun yang sama diri ini dipercayakan UNAND mengikuti student education di Vietnam.

Lima tahun bukan waktu yang sebentar menjalankan status sebagai mahasiswa aktif di kampus tercinta. Melihat teman teman yang sudah melanjutkan studi ke jenjang berikutnya bahkan ada juga yang sudah bekerja. 

Sedangkan diri ini masih berada di kampus dengan status mahasiswa. Tekanan datang dari mana-mana. Tapi tidak ada penyesalan yang dirasakan dalam langkah ini, Allah langsung memberi buah dari perjungan ini 23 november 2018 sehari sebelum wisuda Allah berikan tawaran pekerjaan lewat PT ENS Indonesia dan lansung diminta terbang ke jakarta untuk kesepakatan kontrak kerja dan disini langkah ini akan di lanjutkan ke hal yg lebih luarbiasa insyaallah

Melangkah itu tak mesti langsung jauh. Karena bisa jadi kita akan terjatuh. Melangkah kecil terlebih dahulu baru melangkah besar. Dari menjadi menjadi staf hingga menjadi pimpinan organisasi. Dari mendapatkan materi hingga menjadi pemberi materi semua itu tidak ada yang instan dan langkah itu tidak ada yang langsung mencapai puncak, perlu waktu dan semua perlu dari bawah.

Melangkah hebat tidak bisa dilakukan sendiri karena melangkah sendiri membuat diri kita gampang jatuh. Melangkah lah bersama karena dengan kebersamaan ada bahu yang menguatkan dan ada tangan yang membimbing.

Melangkah hebat untuk Indonesia yg lebih berdaulat

Humas dan Protokol Unand

 

Read 1900 times