Formulir Pembukaan Rekening Baru Bank Syariah Mandiri untuk Mahasiswa Baru SNMPTN 2019  Klik tombol ini
Toggle Bar

Popi Deswita

  • + Prodi: Sosiologi
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2013

Popi Deswita yang biasa dipanggil dengan Popi, lahir di Payakumbuh tepatnya tanggal 6 Mei 1995. Ia merupakan anak bungsu dari 5 bersaudara dilahirkan dari keluarga seorang petani yaitu anak dari pasangan Bapak Syamsuniati dan Ibu Yusnidarlis. 

Ia mulai masuk sekolah dasar di SDN 06 Tarok Kecamatan Payakumbuh Utara, SMPN 2 Kota Payakumbuh, dan SMAN 3 Kota Payakumbuh. Semenjak SD Popi sudah mengikuti organisasi yaitu Pramuka, SMP dengan mengikuti organisasi Pramuka, serta menjadi atlet lari dan basket. 

Ketika memasuki SMA ia juga melanjutkan kegiatan saya di organisasi pramuka, atlet basket, dan Paskibra. Setelah tamat SMA pada tahun 2013 ia melanjutkan pendidikan di Universitas Andalas melalui jalur SNMPTN dan diterima di jurusan Sosiologi, hal yang tidak pernah terbayangkan, bisa kuliah dengan mendapatkan beasiswa Bidikmisi.

Setelah masuk ke Universitas Andalas ia tidak hanya melakukan kegiatan perkuliahan saja tetapi juga mengikuti ekstrakulikuler tingkat Universitas maupun fakultas, karena kesukaannya terhadap kegiatan alam bebas dengan mengikuti organisasi Mapala Unand pada tahun 2014, di organisasi Mapala Unand ia pernah menjabat pada pengurusan tahun 2015/2016 sebagai Teknik Operasional Divisi Rimba Gunung dan Teknik Operasional. 

Di organisasi inilah ia banyak mengikuti kegiatan seperti kepanitian yang bersifat internal organisasi sampai ketingkat regional, seperti kepanitiaan Mapala Unand Climbing Competition (MUCC) Tingkat Regional dan juga pernah menjadi panitia ekspedisi pembersihan jalur pendakian sisi utara Gunung Marapi dan ekspedisi berlangsung selama 10 hari.

Selain itu, ia juga pernah mengikuti perlombaan yang bersifat regional dan nasional, yaitu menjadi peserta Lomba Lintas Alam Pagaruyuang (LLAP) tingkat Sumbar, Riau, Jambi dan berhasil mendapatkan peringkat pertama. 

Ia juga pernah menjadi menejer dalam lomba pajat tebing tigkat nasional (MOC) dan Official pada Lomba Lintas Wisata Nasional (LLWN). Tidak hanya di Universitas popi juga masuk organisasi ditingkat fakultas yaitu Unit Kegiatan Seni dan Olahraga (UKOS) FISIP, dengan menjabat sebagai Bendahara Umum. 

Organisasi ini menurutnya karena ia menyukai seni dan olah raga serta memiliki bakat dalam kegiatan ini. Dengan kegiatan organisasi yang cukup padat tidak membuatnya lupa dengan tujuan awal kuliah di Universitas Andalas yaitu lulus dan memperoleh nilai yang bagus.

Dengan prestasi yang sudah diperolehnya dalam kegiatan yang bersifat ekstrakulikuler yaitu mendapatkan penghargaan sebagai Bintang Aktifis Kampus pada wisuda periode III Tahun 2018 Universitas Andalas sebagai utusan dari organisasi Mapala Unand. 

Terimakasih diucapkannya kepada kedua orang tua dan keluarga serta oganisasi Malapa Unand. Sedikit pesan yang diungkapkannya “tetap berusaha walau pun yang akan dihadapi terasa berat, Allah SWT tidak akan memberikan sesuatu kepada umatnya melebihi kemampuannya sendiri. Sebuah kegagalan ini biasa, karena kegagalan merupakan awal dari sebuah kesuksesan”

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 697 times