Formulir Pembukaan Rekening Baru Bank Syariah Mandiri untuk Mahasiswa Baru SNMPTN 2019  Klik tombol ini
Toggle Bar

Rima Finesha Triulina

  • + Prodi: Ilmu Peternakan 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2014

Rima Finesha Triulina yang akbrab dipanggil Rima merupakan anak ketiga dari pasangan Herofian dan Ibu Sitti Khadijah S.Pd yang lahir pada 2 Juli 1996 di kota Padang Panjang dan dibesarkan di daerah kelahirannya.

Riwayat pendidikan yang pernah ditempuh sebelumnya yaitu, TK Pertiwi Kota Padang Panjang, SDN 01 Gumala Kota Padang Panjang, SMPN 5 Kota Padang Panjang, dan SMAN 1 Kota Padang Panjang.

Setelah mengenyam bangku sekolah, ia ingin melanjutkan pendidikan tinggi di tingkat perkuliahan. Pada tahun 2014, Rima diterima sebagai mahasiswa di Fakultas Peternakan Universitas Andalas melalui jalur SBMPTN.

Diterima di Universitas Andalas merupakan suatu rasa syukur baginya dan orang tua walaupun diterima pada pilihan 3 jalur SBMPTN. Namun hal tersebut tidak melunturkan semangat Rima untuk terus berusaha dan mendapatkan ilmu seluas-luasnya. Dengan bermotokan hidup “belajar dari kebenaran” selalu menjadi cambuk baginya untuk mengejar hal-hal yang ia inginkan dengan cara yang benar. 

Terbukti pada tahun 2015, Rima mendapatkan penghargaan dari Rektor Universitas Andalas sebagai Mahasiswa dengan IPK tertinggi di Fakultas Peternakan Universitas Andalas.

Kemudian pada tahun 2016, Rima terpilih menjadi salah satu kandidat dalam program Credit Earning yang diadakan oleh Universitas Andalas dan Institut Pertanian Bogor dan melakukan proses perkulihan di IPB selama satu semester. 

Pada program CE ini, ia berhasil mendapatkan IP tertinggi dari kandidat yang pernah mengikuti program tersebut ke IPB. Pada tahun 2017, Rima terpilih menjadi mahasiswa berprestasi di Fakultas Peternakan Universitas Andalas.

Tidak hanya dalam bidang akademik, ia juga mendapatkan beberapa prestasi dibidang non akademik. Di tahun awal perkuliahan, ia menjadi mahasiswa terbaik di Asrama RPX Universitas Andalas. 

Kemudian pada BBMK untuk mahasiwa baru, Rima menjadi peserta terbaik II pada UKM PHP Universitas Andalas. Selanjutnya di tahun 2016, terpilih menjadi Finalis Ambassador (Cowgirl) Fakultas Peternakan Universitas Andalas dan Pada Tahun 2017, Rima terpilih menjadi salah satu dari 5 delegasi untuk mewakili Universitas Andalas pada KKN Internasional dalam program International Engagement Service Program di Negara Malaysia dan Thailand. 

Selain aktif pada perkuliahan Rima juga aktif dalam beberapa kegiatan organisasi dan forum diskusi antara lain, Kosbema Mahasiswa Asrama Unand, BEMKM Fakultas Peternakan Unand, Himpunan Mahasiswa Peternakan Unand, Komite Siaga Bencana Unand, MD pada Forum Group Discussion di Fakultas Peternakan Unand, Asinten Lab Kimia Fakultas Peternakan Unand dan Bendahara pada Forum PIK Remaja di kelurahan Bukit Surungan Kota Padang Panjang.

Ia menyadari bahwa dengan aktifnya di kegiatan akademik dan non akademik membuatnya bisa belajar membagi waktu dan melatih softskill lebih baik.

Dengan berbekal pengalaman dan prestasi tersebut, Rima dianugrahi oleh Rektor Universitas Andalas sebagai Lulusan Terbaik pada Wisuda periode III di Universitas Andalas dengan Indeks Prestasi Komulatif 3,90 (Tiga Koma Sembilan Nol) dengan masa studi 4 tahun. Penghargaan tersebut dengan resmi membuktikan bahwa Rima telah berhasil menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Peternakan Universitas Andalas dan merupakan suatu kebanggaan baginya yang dihadiahkan untuk kedua orangtua tercinta.

Rima percaya bahwa usaha dengan jalan yang baik akan memanen hasil yang baik pula. “Sejak tahun awal kuliah, saya selalu menuliskan semua mimpi dan hal yang ingin dicapainya walaupun tidak sedikit yang mengakatan itu terlalu tinggi. Namun dengan usaha, do’a dan ridho dari orang tua, Alhamdulillah satu persatu tulisan tersebut berubah menjadi nyata. Bermimpilah, karena sejatinya bermimpi itu menyenangkan untuk merangkai pengalaman hidup yang lebih baik.”

Sebagai penutup, Rima mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan berkuliah dan mendapatkan banyak pengalaman di Universitas Andalas. Terimakasih juga kepada orangtua, Bapak dan Ibu Dosen, serta semua pihak yang telah banyak membantu.

Humas dan Protokol Unand

 

 

Read 876 times