Formulir Pembukaan Rekening Baru Bank Syariah Mandiri untuk Mahasiswa Baru SNMPTN 2019  Klik tombol ini
Toggle Bar

Besse Vina Miranda

  • + Prodi: Hukum Internasional
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2014

Seorang anak yang memiliki impian dan cita-cita yang tinggi untuk terus berjuang agar menjadi anak yang membanggakan bagi kedua orang tuanya. 

Dia dibesarkan ditengah keluarga yang sederhana dan serta memiliki sosok ayah yang berkepribadian keras dan sosok ibu tangguh yang sangat disiplin menjadikannya seorang anak yang passionate, disiplin, tekun, pantang menyerah, dan memiliki berbagai prestasi. 

Hal ini dibuktikan dengan prestasi yang diperolehnya sebagai Lulusan Terbaik Fakultas Hukum Universitas Andalas pada Wisuda III tahun 2018. 

Dia adalah Besse Vina Miranda, yang merupakan putri pertama dari Bapak H. Baso Ifing, S.E., M.H., dan Ibu Trisna Maizora, S.E, M.M. Serta memiliki adik laki-lai satu-satunya yang sangat ia sayangi bernama Baso Vicky Kurniawan yang sekarang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD).

Besse Vina Miranda atau yang lebih akrab disapa Vina lahir di Solok, 6 Desember 1995. Ia merupakan mahasiswa Program Kekhususan Hukum Internasional Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Andalas angkatan 2014. 

Menyelesaikan kuliah dalam waktu 3 tahun 11 bulan dengan indeks prestasi 3,87 merupakan suatu pencapaian yang luar biasa dan sangat ia syukuri. 

Berkuliah di jurusan yang penuh hafalan, tekai-teki dan menantang, mulai dari kuliah yang di setiap kelas dituntut aktif dalam segala hal, update dengan berbagai Peraturan Perundang-Undangan, tugas kuliah yang banyak, jadwal perkuliahan yang padat, dan Skripsiyang dituntut update dengan berbagai permasalahan hukum yang sesuai dengan dinamika yang berkembang di masyarakat, menjadikan suka duka tersendiri dalam kehidupannya sebagai mahasiswa. 

Vina mulai menempuh pendidikan di TK Pertiwi Kota Solok tahun 2000-2001 dan TK Ekasakti Kota Padang 2001-2002, melanjutkan pendidikan sekolah dasar di SDN 05 Kota Solok tahun 2002-2008, lalu melanjutkan pendidikan di SMPN 1 Kota Solok tahun 2008-2011, melanjutkan pendidikan di SMAN 1 Kota Solok tahun 2011-2014, dan melanjutkan pendidikan S1 di Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Andalas. 

Ia mulai menorehkan berbagai prestasi baik di bidang Akademik maupun Non Akademik selama menempuh pendidikan. Di bidang Non Akademik, beliau pernah menjuarai beberapa perlombaan, Juara lomba Debat Bahasa Inggris, dan Lomba Cerdas Cermat semasa pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. 

Di bidang Akademik, Vina juga banyak menorehkan berbagai prestasi, dimana mulai dari Sekolah Dasar, hingga Sekolah Menengah Atas selalu mendapat ranking 5 besar dikelasnya.

Selama menempuh pendidikan S1 di Jurusan Ilmu Hukum, Vina berhasil menjadi “Mahasiswa Berprestasi” Fakultas Hukum tahun 2017. 

Disamping itu, Vina juga sering mengikuti perlombaan ataupun pertemuan mulai dari tingkat Fakultas hingga tingkat nasional maupun internasional. 

Ditingkat internasional, ia pernah mendapatkan 3rd Winner of AF Singapore 2017 with theme “Corruption”, yang merupakan Delegates of Shanghai GCD Conference 2016. Pada tingkat nasional, ia juga merupakan Delegates of  AIESEC Indonesia National Election Conference 2016 and Management Board Conference 2015

Serta merupakan representative dari Universitas Andalas pada the 2017 National Rounds of Phillip C. Jessup International Moot Court Competition hosted by UGM dan juga Co-coach dari LCF Asia Pasific International Moot Court Competition 2017 dan the 2018 National Rounds of Phillip C. Jessup International Moot Court Competiiton hosted by UNUD.

Disamping itu ia juga sering mengikuti kepanitiaan diantaranya: AIESEC Organizing Committee Finance and Secretaty of Exchange Fair Summer 2015 dan Project Officer dari Mooting 101: Research, Writing and Speaking Workshop with ISIL 2017, serta mengikuti seminar nasional maupun internasional. 

Organisasi yang pernah diikutinya adalah menjadi IR Staff of OGX GIP, yang selanjutnya menjadi IR and Quality Manager of OGX GIP AIESEC Local Committee UNAND mulai dari tahun 2014 hingga 2016, Funding Manager of Asian Law Student Association (ALSA) Local Chapter UNAND pada tahun 2016 hingga 2017, member of International Moot Court Society Faculty of Law Universitas Andalas, serta Vice President of Internal Affairs of International Law Student Association (ILSA) Local Chapter UNAND pada tahun 2017 hingga 2018. Ia juga merupakan Exchange Participant of Dare to Dream Project Hefei, China.

Diakhir tahun perkuliahannya, akhirnya Vina berhasil menyelesaikan Skripsi dengan baik dan meraih gelar Sarjana Hukum, dengan Skripsi yang berjudul “Penerapan Prinsip Freedom of Navigation pada Penggunaan Underwater Drone ditinjau dari Hukum Laut Internasional dan Hukum Laut Indonesia:.

Hal tersebut tidaklah mudah dan menjadi tantangan tersendiri baginya, dan berkat izin Allah SWT, beliau berhasil meraih nilai memuaskan dengan memperoleh nilai A untuk nilai tugas akhir. Dan puji syukur Allah S.W.T menjadi Lulusan Terbaik Fakultas Hukum Universitas Andalas dan Bintang Aktivis Kampus pada Wisuda III tahun 2018.

Man jadda wajada, “siapa yang bersungguh-sungguh pasti ia mendapat”. Keberhasilan yang diperolehnya selama ini tak terlepas dari doa kedua orang tuanya, serta dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat. 

Humas dan Protokol Unand

 

Read 919 times