Capacity Building Kewirausahaan Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik  KLIK disini
Toggle Bar

Tunjang Program MBKM dan Pemenuhan IKU, Unand Gelar Pelatihan Matkul Daring

05 Juli 2022
Suasana Pelatihan Suasana Pelatihan Universitas Andalas

Padang (Unand) - Universitas Andalas mengadakan Pelatihan Pengembangan Mata Kuliah (Matkul) Daring yang interaktif dan inovatif khusus untuk dosen yang dilaksanakan pada Senin-Selasa, 4-5 Juli 2022, di Hotel Santika Premiere. 

“Pelatihan ini diadakan dalam rangka keterlibatan Universitas Andalas dalam kuliah online yang tergabung dengan berbagai Perguruan Tinggi di dalam dan di luar negeri pada Indonesian Cyber Education Institute (ICE-I) yang terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,” ujar dr. Nur Afrainin Syah, M. Med.Ed, Ph. D Direktur Pedidikan dan Pembelajaran. 

Dijelaskannya ICE-I merupakan pusat kuliah online yang telah diresmikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  pada bulan Juli 2021 dengan UT sebagai penanggung jawab pengelolamya. 

“ICE-I ini bertujuan untuk memfasilitasi penyediaan pendidikan berkualitas dan sekaligus menjamin kualitas dan sekaligus menjamin kualitas layanan pembelajaran daring dan pendidikan jarak jauh,” ucap dr. Nur. 

Dilanjutkannya ICE ini sudah berkerja sama dengan banyak Perguruan Tinggi di Indonesia seperti UT, UI; UGM, IPB, UNS, dan juga dengan organisasi penyelenggara pembelajaran online kelas dunia seperti edX. 

Pada pelatihan ini dipelajari tentang desain dan praktek instruksional pada mata kuliah e-learning, Icontent sebagai alternative pembelajaran dan aplikasinya di e-learning, optimasi figure LSM  dalam penilaian dan analisis butir soal, serta penggunaan aplikasi SCORM dan H5P dalam pengembangan interaktif e-learning.

Mewakili Wakil Rektor I Dr. dr. Hendriati, Sp. M (K) mengemukakan pelatihan ini merupakan langkah awal agar mata kuliah yang ada di Universitas Andalas dapat diakses oleh siapa saja di gallery ICE-I.

“Mata kuliah yang diupload di galeri ICE-I dapat akses oleh para pengguna baik yang berada di Universitas Andalas maupun yang dari luar sehingga mereka dapat memilih atau mengikuti mata kuliah tersebut secara online,” terangnya. 

Disampaikannya luaran dari kegiatan ini bertujuan untuk menunjang program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan juga untuk pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang mensyaratkan mahasiswa mempunyai pengalaman belajar di luar kampus. 

dr. Hendriati berharap dari kegiatan ini Matkul yang ada di Universitas Andalas dapat diakses di gallery ICE-I  pada semester depan.(*)

Humas dan Protokol Unand

 

Read 700 times