Pendaftaran Seleksi Masuk (SIMA) Universitas Andalas (SIMA-AKADEMIK DENGAN UJIAN)  KLIK disini
Toggle Bar

Informatika, Prodi Baru FTI Unand Setelah PTNBH

14 Jun 2022
Fakultas Teknologi Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas

Padang (Unand) – Program Studi (Prodi) Informatika Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Andalas menjadi Prodi perdana setelah status baru Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

Hal itu, disampaikan langsung oleh Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Mansyurdin, MS di Ruang Kerjanya Lantai I Gedung Rektorat Kampus Unand Limau Manis Padang Selasa (14/6). “Dengan adanya Prodi baru tersebut, maka jumlah Prodi untuk Program Sarjana (S1) menjadi 49 Prodi,” ujarnya.

Disampaikannya Prodi informatika juga sudah bisa menerima mahasiswa baru untuk angkatan pertama melalui jalur Seleksi Masuk (SIMA). “Untuk jalur SIMA ini Informatika menerima mahasiswa baru sebanyak 35 orang,” ujarnya.

Secara keseluruhan jumlah penerimaan mahasiswa baru Universitas Andalas tahun ini dikatakannya sebanyak 7.070 setelah ditambahkan dari penerimaan mahasiswa informatika yang sebelum berjumlah 7.035 mahasiswa.

Lebih lanjut, dijelaskannya SIMA ini awalnya bernama Mandiri, namun setelah perubahan status ini dinamakan dengan SIMA. “Ada 5 jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur ini diantaranya SIMA Prestasi, Kerja Sama, Disabilitas, Akademik dan SIMA Internasional,” sambungnya. 

Sementara itu, Dekan Fakultas FTI Universitas Andalas Dr. Ahmad Syafruddin, ST, MT mengungkapkan Prodi ini telah berdiri tanggal 31 Maret 2022 dan sudah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT).

Diungkapkannya lulusan ini nantinya memiliki keahlian perekayasaan perangkat lunak, perekayasaan jaringan dan komputasi bergerak, pengembangan kecerdasan buatan, dan profesional di bidang IT.

“Hal ini membuat lulusan Program Studi Informatika dapat menempati berbagai posisi IT dalam dunia kerja,” ujarnya.

Mahasiswa Program Studi ini juga berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa dan bantuan pendidikan dari Negara maupun pihak swasta.(*)

Humas dan Protokol Unand

 

Read 466 times