Pendaftaran Seleksi Masuk (SIMA) Universitas Andalas (SIMA-AKADEMIK DENGAN UJIAN)  KLIK disini
Toggle Bar

Unand Gelar Bimtek Pengelolaan Arsip

06 Jun 2022
Unand Gelar Bimtek Pengelolaan Arsip Universitas Andalas

Padang (Unand) - Universitas Andalas menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip pada Senin (6/6) di ZHM Premier Grand Zuri Padang. Agenda ini difasilitasi oleh UPT Kearsipan Unand yang bekerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan dihadiri oleh pengelola arsip dari berbagai Instansi di Indonesia secara hybrid.

Panitia pelaksana Bimtek Pramono S.S, M.Si., Ph.D menyatakan kegiatan bimtek bertujuan untuk meningkatkan sistem pengelolaan arsip yang berbasis digital. 

“Alhamdulillah Unand saat ini sudah memiliki aturan Rektor berkenaan dengan pengelolaan arsip di Unand”, ujarnya.

Lebih lanjut Pramono menyatakan bahwa  bulan Januari lalu rektor sudah menandatangani 3 peraturan sekaligus, yang pertama Peraturan  Rektor Unand Nomor 2 tahun 2022 tentang Jadwal Retensi Arsip (JRA) Unand, Peraturan Rektor Unand Nomor 3 tahun 2022 tentang Klasifikasi Arsip (KA) Unand, Peraturan  Rektor Unand Nomor 4 tahun 2022 tentang Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip Dinamis (SKKAAD) Unand. Tahun 2023 akan ada penambahan Peraturan Rektor tentang  Tata Naskah Dinas. 

“Mestinya Peraturan Rektor tentang Tata Naskah Dinas selesai bersamaan dengan 3 Peraturan Rektor tadi, namun sempat tertunda karena peralihan status Unand menjadi PTN – BH dan harus menunggu Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru.

Wakil Rektor II Unand, Prof. Dr. dr. Wisma Arif Harahap, SpB (K) Onk menyatakan melalui peraturan ini pengelola arsip unand  sudah mempunyai perangkat peralatan untuk berkeja. 

Ia menyatakan bahwa seiring dengan perubahan SOTK, UPT Kearsipan Unand yang sebelumnya berada di bawah koordinasi WR II akan berpindah menjadi bagian dari Sekretaris Universitas. Hal ini dikarenakan  kearsipan Unand harus menjangkau seluruh unit di Unand

“Arsip merupakan jantung universitas, karena disanalah semua data tersimpan. Kita harus memiliki sistem kearsipan yang bisa melayani semua kebutuhan semua universitas yang bisa dimanfaatkan baik untuk tugas maupun di pendidikan”, ujar WR II.

Menurutnya dengan mempersiapkan pengelolaan arsip berbasis digital, pencarian atau penemuan data ataupun arsip Unand bisa menjadi lebih cepat. 

“Kita juga sudah merencanakan untuk pembangunan gedung arsip yang lebih komprehensif”, ujarnya. Semoga pelatihan ini membawa dampak positif terhadap pengelolaan arsip di Unand sehingga sistem  pengelolaan arsip Unand menjadi unggul dan bermartabat, ungkapnya.

Kegiatan bimtek ini menghadirkan 2 Narasumber dari Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI yaitu Azwar Sanusi Pane, S.IP., M.Si dan Susanti, S.Sos., M.Hum. 

Setelah kegiatan Bimtek akan ada pendampingan ke semua unit yang ada di Unand untuk menyamakan persepsi bagaimana mengelola arsip yang baik dan sesuai prosedur.

Humas dan Protokol Unand

 

 

 

 

 

 

 

Read 274 times