Pra Pendaftaran untuk Penetuan UKT jalur SNMPTN 2022, akan di buka hari ini, kamis 7 April 2022, mulai pukul 14.30 WIB  KLIK disini
Toggle Bar

Tingkatkan Pemanfaatan Biaya Hidup, Unand Bekali Mahasiswa Penerima PIP Kelola Keuangan Pribadi

26 April 2022
Workshop Pengelolaan Keuangan Pribadi Workshop Pengelolaan Keuangan Pribadi Universitas Andalas

Padang (Unand) – Universitas Andalas membekali dan membina mahasiswa penerima Program Indonesia Pintar (PIP) dalam mengelola keuangannya secara komprehensif, kreatif dan cerdas.

Mewakili Rektor, Wakil Dekan III Fakultas Peternakan Universitas Andalas Dr. Ir. Rusmana Setia Ningrat, M. Rur mengemukakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya peningkatan pengelolaan dan pemanfaatan biaya hidup mahasiswa penerima PIP Universitas Andalas yang memerlukan pembekalan dan pembinaan yang lebih komprehensif, kreatif dan cerdas dalam tata kelola keuangan pribadi.

“Seiring  dengan  diterbitkannya  Permendikbud  No 10 Tahun 2020 tentang Program Indonesia Pintar (PIP), yang memberi amanat tentang PIP diperuntukkan bagi mahasiswa yang diterima di Perguruan Tinggi termasuk penyandang disabilitas dengan prioritas sasaran mahasiswa pemegang KIP mahasiswa dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus, mahasiswa afirmasi (papua dan papua barat serta 3T dan TKI, Difabel) serta mahasiswa terkena bencana, konflik sosial atau kondisi khusus,” ujarnya.

Ditambahkannya maka diperlukan tindaklanjut untuk dapat terealisasinya tujuan tersebut dengan memberikan alokasi penerimaan mahasiswa yang masuk ke Universitas Andalas melalui program PIP tersebut.

Berlangsung secara hybrid, Universitas Andalas mengadakan Workshop Manajemen Pengelolaan Keuangan Pribadi bagi penerima Program Indonesia Pintar (PIP) dengan narasumber Dr. Rida Rahim, S.E., M.E dosen Fakultas Ekonomi di Gedung Convention Hall pada Selasa (26/4).

Disampaikannya biaya hidup penerima PIP tahun 2021 diberikan kepada penerima PIP selama masa studi Strata 1 (8 semester), Diploma 3 (6 semester) dan profesi maksimum 4 semester dengan jumlah besaran minimal Rp. 950.000 setiap bulannya.

“Cukup naik jumlahnya dibandingkan penerima PIP Angkatan 2020 dan sebelumnya yang jumlah besarannya minimal Rp.700.000 setiap bulannya,” Wadek III Faterna ini.

Ia berharap setelah workshop  ini, mahasiswa sedikit banyaknya sudah dapat pengetahuan tentang tata kelola dalam memanajemen serta mengelola keuangannya.

Sementara itu, Rida Rahim mengungkapkan selama enam bulan mahasiswa akan menerima sekitar 5.700.000 maka dana tersebut akan dkelola selama satu semester.

“Dengan dana sebesar itu mahasiswa harus mampu membelajakan sesuai skala prioritas jangan sampai dana yang ada dihambur-hamburkan dan hilang begitu saja,” ujarnya.

Ditekankannya mahasiswa juga harus merencakan pengeluaran yang akan dikeluarkan selama satu bulan. Selain itu, juga mengalokasikan sebesar 10% untuk dana masa depan.(*)

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 268 times