Capacity Building Kewirausahaan Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik  KLIK disini
Toggle Bar

Hilirisasi Hasil Riset, Unand - PT Kimia Farma Tbk Jalin Kerja sama

25 Maret 2022
Penandatanganan Naskah MoU Penandatanganan Naskah MoU Universitas Andalas

Padang (Unand) – PT. Kimia Farma Tbk dengan Universitas Andalas sepakat menjalin kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan sumberdaya manusia.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Naskah MoU oleh Rektor Unand dan Direktur Utama PT. Kimia Farma Tbk. pada Jum’at (25/3) di Ruang Rapat Senat Lantai 4 Gedung Rektorat Kampus Unand Limau Manis Padang.

Verdi Budidarmo selaku Direktur Utama PT. Kimia Farma Tbk menyatakan bahwa fokus utama dari MoU ini adalah hilirisasi hasil riset dan kerjasama penelitian dosen Unand.

Ia juga menyatakan bahwa di PT. Kimia Farma ada 12.800 karyawan, dimana alumni unand cukup mendominasi. “kita berharap bukan hanya  dari segi penyerapan alumni, tapi kerja sama antara dua institusi ini dapat berkembang dengan melakukan hilirisasi produk hasil riset unand”, ujarnya.

Melalui kerja sama ini PT. Kimia Farma juga berharap bisa menjadi bagian dari setiap kemajuan pendidikan, penelitian  kesehatan  di Indonesia serta memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dalam kemajuan pendidikan terutama di bidang obat, kesehatan, dan pengembangan industry farmasi.

Sementara itu, Rektor Yuliandri menyatakan Universitas Andalas siap untuk berkolaborasi dengan segala potensi yang ada. 

Ia menyatakan tim dosen peneliti unand terus melakakukan inovasi dan langkah – langkah terbaik.  “Pada masa pandemi, dimana kreasi dalam melakukan inovasi terutama di bidang kefarmasian dan kesehatan untuk menghadapi covid-19 semakin terbuka” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya di awal pandemi unand sudah bisa memproduksi sendiri hand sanitizer, memiliki labor pemeriksaan sample PCR Swab dan juga memiliki RS rujukan untuk penanganan pasien covid – 19.

“Tentunya ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Unand untuk untuk melayani masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa”, ungkapnya. 

Prof. Yuliandri juga berharap sinergi dan kolaborasi yang dilakukan oleh PT. Kimia Farma Tbk dan Unand dapat berjalan dengan baik kedepannya.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Andalas (LPPM Unand) Dr. Ing. Uyung Gatot S.Dinata, MT yang juga hadir pada saat itu mengungkapkan Unand telah menghasilkan 1.000 judul riset pertahun, 400 judul pengabdian kepada masyarakat per tahun yang menjadi hilirasisi dari riset. 

“Semenjak bergabungnya dengan kemenristek dikti, peran dosen tidak hanya sebagai pengajar dan peneliti tapi juga bisa menjadi inventor dan innovator, tentu harus ada output sebagai inventor dan innovator” ungkapnya.

Dikatakannya Unand mencoba menjadikan setiap hasil penelitian itu menjadi produk baik itu dalam bentuk kemasan, merk, sertifikasi halal dan izin edar. 

Untuk mewujudkan itu unand harus memiliki jaringan bisnis seperti dunia usaha dan dunia industri pada umumnya untuk memproduksi produk secara massal dan mengkomersialisasikannya.

Uyung berharap dengan adanya kerja sama antara Unand dan PT. Kimia Farma Tbk dapat membantu tim dosen peneliti agar dapat menghilirisasi hasil riset penelitiannya dan dapat dikembangkan.

Di akhir acara juga dilakukan pameran produk – produk  inovasi hasil riset dosen unand, seperti pangan fungsional, obat herbal, dan alat alat kesehatan yang dipandu oleh ketua LPPM Unand Dr. Ing. Uyung Gatot S.Dinata, MT dan Ketua Science Techno Park Universitas Andalas (STP Unand) Dr. Eka Candra Lina, SP, M.i. Acara MoU dan pameran produk riset ini juga dihadiri Direktur Portofolio dan Pengembangan Bisnis. PT. Kimia Farma Jasmine Karsono, Ph.D., Ahli Utama 1 Corporate University Hendra Farma Johar, Ahli Utama 1 Divisi Pengembangan Bisnis Tia Mutianingsih, Manager New Product Development Ratna Saptarina, Wakil Rektor IV Unand, Dekan Farmasi Unand, dan unsur pimpinan Unand.

 

Humas dan Protokol Unand

 

Read 860 times