Capacity Building Kewirausahaan Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik  KLIK disini
Toggle Bar

Unand Gelar Dialog Nasional Manajemen Talenta Indonesia Emas 2045

11 Maret 2022
Foto Bersama Rektor Unand Dengan Pemateri Foto Bersama Rektor Unand Dengan Pemateri UNAND

Padang (UNAND) - Universitas Andalas (UNAND) Gelar Dialog Nasional Manajemen Talenta Indonesia Emas 2045 pada Kamis (10/3) di Convention Hall Unand Kampus Limau Manis. Kegiatan ini diikuti lebih dari 300 perguruan tinggi negeri, swasta dan lldikti seluruh Indonesia. Sambutan kunci pada acara ini disampaikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin dan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A.

“Dialog nasional ini mengusung tema : “Kolaborasi Perguruan Tinggi Untuk Talenta Unggul Indonesia 2045”. kegiatan ini sebagai upaya mempersiapkan sumber daya manusia yang bertalenta dan berdaya saing secara global, memerlukan ekosistem pembinaan talenta nasional yang komprehensif, berkelanjutan, kreatif, inovatif, dan kolaboratif” ucap ketua pelaksana sekaligus Wakil Rektor III Unand Ir. Insannul Kamil, M.Eng, IPM, ASEAN-ENG.

Lebih lanjut Nanuk menjelaskan diterbitkannya Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2021 Tentang Gugus Tugas Manajemen Talenta Nasional yang memberi amanat tentang kebijakan terobosan melalui perumusan dan penyusunan serta penyelenggaraan Grand Design Manajemen Talenta Nasional Tahun 2022-2045, dengan memperhatikan aspek sosial budaya, kemajuan teknologi, dan perkembangan ekonomi, diperlukan tindaklanjut untuk dapat terealisasinya tujuan tersebut.

“Perguruan tinggi sebagai center of excellence perlu melakukan inisiatif untuk berkontribusi dan berpartisipasi aktif memberikan ide, gagasan, dan masukan untuk terciptanya Grand Design Manajemen Talenta Nasional Tahun 2022-2045 yang dibuat oleh Gugus Tugas Manajemen Talenta Nasional”jelasnya.

Dengan latar belakang tersebut, Universitas Andalas mengambil inisiatif untuk mempelopori pertemuan nasional berkaitan dengan penyusunan Manajemen Talenta Nasional yang dibingkai dalam sebuah kegiatan “Dialog Nasional Manajemen Talenta Indonesia Emas 2045”.

Lebih lanjut Nanuk menjelaskan pada dialog ini menghadirkan pembicara kunci Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia, Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P, Angku Majo Sadeo. Selain itu juga ada paparan materi  dari Ketua Gugus Tugas Manajemen Talenta Nasional, Dr. (H.C.) Ir. H. Suharso Monoarfa Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Paparan Wakil Ketua Gugus Tugas Manajemen Talenta Nasional, Avanti Fontana, P.hD. Staf Khusus Kepala Staf Kepresidenan Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Dialog Nasional Manajemen Talenta Indonesia Emas 2045 dibagi menjadi dua sesi panel. Diamana sesi panel 1 menghadirkan pembicara yaitu Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim, MS (Universitas Andalas / Wamendikbud Bidang Pendidikan Tahun 2011 - 2014), Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, M.T.,Ph.D.,IPU. (Universitas Udayana), Prof. Dr. Herri, SE.,MBA (Kepala LLDIKTI Wilayah X), Mardiningsih, M.Pd (Universitas PGRI Wiranegara), Dr. Surfa Yondri, S.T., S.ST., M.Kom. (Politeknik Negeri Padang), dan Yosea Kurnianto Lead Leadership Development and Scholarship Tanoto Foundation. Paparan panel ini dimoderatori oleh Prof. Dr. Ir. Aprisal, MP.

Pada sesi kedua juga disampaikan Rencana Strategis Manajemen Talenta Nasional oleh Asep Sukmayadi, S.IP, M.Si Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional / Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Panel sesi 2 menghadirkan pembicara yakni Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr (Universitas Gadjah Mada), Dr. Jonathan Kiwasi Wororomi, S.Si.,M.Si. (Universitas Cendrawasih), Dr. Ester Edwar, M.Pd. (Politeknik ATI Padang), dan Ir. Insannul Kamil, Ph.D, IPM, ASEAN Eng. (Universitas Andalas) Paparan panel ini dimoderatori oleh  Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, M.Sc.

Humas dan Protokol Unand

Read 882 times