Pra Pendaftaran untuk Penetuan UKT jalur SNMPTN 2022, akan di buka hari ini, kamis 7 April 2022, mulai pukul 14.30 WIB  KLIK disini
Toggle Bar

KEMENKOPUKM RI Gandeng Unand Jalin Kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi

19 Januari 2022
MoU UNAND DENGAN KEMENKOPUKM RI MoU UNAND DENGAN KEMENKOPUKM RI UNAND

Padang (UNAND) – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KEMENKOPUKM) Republik Indonesia mengandeng Universitas Andalas dan 4 perguruan tinggi negeri lainnya di Indonesia yaitu Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Sam Ratulangi dan Universitas Lambung Mangkurat untuk melaksanakan kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi yaitu bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Penandatanganan MoU Kemenkop dan UKM bersama 5 PTN ini dilaksanakan pada Rabu (19/01) secara Hybrid dimana secara langsung dilaksanakan di Ruang Pertemuan Perpustakaan Universitas Indonesia dan Secara online melalui aplikasi zoom yang ditandatangani langsung oleh Sekretaris Menkop dan UKM RI, Arif Rahman Hakim dan masing-masing rektor PTN.

Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH menyebutkan atas nama pimpinan UNAND mengucapkan terimakasih dan juga penghargaan atas terselenggaranya Nota Kesepahaman ini. MoU ini sebagai wujud dan upaya serta komitmen UNAND dalam pengembangan bidang perkoperasian, usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah dan kewirausahaan melalui pendidikan, pendampingan, pemagangan, pengabdian kepada masyarakat dan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Lebih lanjut Yuliandri menjelaskan UNAND selama in telah melakukan inkubasi  kepada 30 pelaku usaha, 31 StartUp, 4 industri bahan alam, Badan Usaha Milik Nagari (BUMNAG), dan 300 UMKM berbasi dana sosial. Ini sebagai wujud bahwa UNAND siap melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Sementara itu, MENKOPUKM RI, Teten Masduki mengatakan kerjasama ini dilaksanakan dalam upaya menyiapkan entrepreneur-enterpreneur muda yang berpendidikan yang siap bersaing di pasar ekonomi secara global. Dimana perguruan tinggi diharapkan mampu memberikan ruang belajar bagi mahasiswa untuk berlatih berwirausaha, memiliki kompetensi pendampingan, serta memiliki kemampuan untuk menciptakan invensi dan inovasi berbasis riset. Maka diharapkan peran perguruan tinggi khususnya dalam hal riset berbasis inovasi, pendampingan masyarakat serta inkubasi dan akselerasi.

Lebih lanjut ia menjelaskan peran inkubasi bisnis pada perguruan tinggi yaitu pertama, mengenalkan dan mengembangkan perspektif kewirausahaan sebagai bagian proses belajar. Kedua,  membangun kapasitas dan karakter: percaya diri, kerja tim dan kemampuan penyelesaian masalah (problem solving), etos kerja dan karakter berani mengambil resiko, ketiga, Mengakumulasi modal pengetahuan (kombinasi inovasi/inovasi sosial, capaian teknologi dan pemenuhan kebutuhan pasar) untuk komersialisasi dan potensi usaha. Keempat, Mengembangkan jejaring kerja sama antara perguruan tinggi dan dunia industri untuk pengembangan usaha dalam bentuk techno and science park, spinoff, inkubator maupun aggregator dan akselerator dan Menciptakan wirausaha baru dari mahasiswa yang berjiwa kewirausahaan.

“Oleh karena itu penting untuk dirajut, upaya kolaborasi khususnya dengan Perguruan Tinggi dalam rangka menumbuhkan, mendorong dan memajukan kewirausahaan, UMKM dan Koperasi di Indonesia. Dan hari ini adalah langkah yang baik untuk melakukan itu semua, semoga ini menjadi awal dari kolaborasi yang baik dan tentu tidak berhenti hanya sebatas pada seremonial di tempat ini saja, tapi berlanjut dan terus bergulir menjadi kerja-kerja bersama yang dilandasi dengan semangat kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas”tutupnya .

Humas dan Protokol Unand

Read 774 times