Print this page

UNAND Gelar Rapat Koordinasi Bahas Transformasi PTNBH 

15 Desember 2021

Padang (Unand) – Universitas Andalas menggelar Rapat Koordinasi Universitas Andalas dengan tema Transformasi Menuju Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) secara hybrid pada Rabu (15/12) di Hotel Mercure, Padang. 

Pada Rakornas ini hadir seluruh unsur pimpinan Universitas Andalas mulai dari Rektor, Wakil Rektor I,II,III, dan IV, Ketua Senat Akademik, anggota senat, Direktur dan Wakil Direktur RS UNAND, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, Ketua dan Sekretaris Lembaga, Ketua UPT, Ketua dan Sekretaris SPI, Dekan, Wakil Dekan I, II,dan III, Kepala Biro, dan Koordinator di Lingkungan Universitas Andalas.

Selain itu, juga turut hadir Menteri Kelautan dan Perikanan RI Ir. Sakti Wahyu Trenggono, MM selaku Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UNAND, dan anggota MWA dari unsur masyarakat Komjen Pol (Purnawirawan) Drs. Suhardi Alius (Kepala Badan Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada 2016-2020)) dan Ir. Arcandra Tahar,M.Sc, Ph.D (Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia 2016-2019) secara online.

Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Yuliandri, SH,MH mengatakan bahwa Rapat Koordinasi Universitas Andalas dalam rangka penyamaan langkah dan persepsi untuk memulai tahun 2022 dengan sistem pengelolaan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

”Rakor ini menjadi langkah terbaik untuk UNAND menjadi lebih baik ke depannya sebagai wujud transformasi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) dan sebagai bentuk kerjasama semua unsur pimpinan dengan semua unsur anggota MWA melakukan yang terbaik untuk UNAND demi mencapai tujuan bersama,” ujar rektor dalam sambutannya.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Ir, Surya Trenggono, MM selaku Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Andalas.

Ia mengatakan bahwa transformasi merupakan sebuah proses yang baik untuk mewujudkan sikap yang profesional, mulia, dan UNAND bisa menjadi mandiri ke depannya.

” UNAND bisa menjadi mandiri dan profesional dimana ini menjadi sesuatu yang sangat ideal yang harus kita capai sebagai PTNBH dengan segera melakukan banyak hal ke depannya untuk mewujudkan PTNBH UNAND” ujar menteri. 

Menteri Kelautan dan Perikanan RI juga mengucapkan selamat atas terselenggaranya Rapat Koordinasi Universitas Andalas saat membuka acara secara resmi. 

Selain itu, Ketua Senat Akademik UNAND, Prof. Dr. Syafrizal, Sy mengucapkan terima kasih kepada Ketua beserta anggota MWA dari unsur masyarakat yaitu Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Komjen Ir. Suhardi Alius, dan Ir. Arcandra Tahar Ph.D, M. SI yang akan memberikan arahan, pertimbangan, dan melakukan pengawasan untuk kemajuan UNAND. 

Ketua Senat Akademik UNAND (SAU) mengatakan bahwa unsur pimpinan, Majelis Wali Amanat dan senat ini merupakan tiga organ itu yang sangat diharapkan kerjasama yang baik untuk mewujudkan PTNBH UNAND dengan melaksanakan PP No. 95 tahun 2021.

” Kita capai tujuan-tujuan ini dari tahun ke tahun untuk mewujudkan sesuai dengan visi misi Universitas Andalas,” ujar Ketua SAU. 

Pada Rapat Koordinasi UNAND Tahun 2021 ini, Ir. Arcandra Tahar M.Si.,Ph.D, selaku anggota MWA dari unsur masyarakat juga memberikan sambutan secara online.

Ia mengatakan bahwa ada tiga hal yang kita lakukan, pertama kita harus mengerti dulu apa yang harus ditranspormasikan, apa tujuan dan aspek yang akan kita lakukan pada sebuah transformasi ini, kedua adalah keinginan untuk mengeksekusi program-program yang akan kita transformasikan dan ketiga adalah keinginan untuk menyelesaikan transformasi tersebut.

”Ketiga  hal ini menjadi saran dan renungan bagi kita bersama apa benar kita sudah paham, kita punya keinginan dan punya keberanian untuk melakukan transformasi tersebut,” tutur mantan Wakil Komisaris Utama Pertamina.

Disamping itu, Komjen Pol (Purnawirawan) Drs. Suhardi Alius selaku anggota Majelis Wali Amanat (MWA) dari unsur masyarakat ada tiga hal yang menjadi objek dalam transformasi sesuai dengan tema Rapat Koordinasi UNAND tahun 2021.

Kepala Badan Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang pernah menjabat pada 2016-2020 mengatakan bahwa objek transformasi ini dilihat dari tiga hal yaitu sistem, teknologi, dan manusia (SDM) untuk dijadikan acuan UNAND mentransformasikan dirinya ke depan.

”Saat ini, kemajuan teknologi harus dicermati untuk dapat berkompetisi. UNAND harus punya kekhususan dan keunggulan yang perlu dieksplorasi menjadi potensi prioritas yang berbasis teknologi,” sarannya.

Ia juga mengatakan bahwa kami dari MWA mempunyai harapan agar dapat berkontribusi untuk menciptakan manusia yang unggul ke depannya dengan tidak meninggalkan moral dan akhlak,” tekannya. 

Melalui zoom meeting ia mengajak seluruh peserta Rapat Koordinasi untuk berpikir cepat, tepat dan cerdas serta memiliki komitmen yang tidak terputus untuk UNAND ke depannya. 

Usai sambutan dari MWA, rektor melanjutkan dengan menyampaikan paparan UNAND ke depannya dan dilanjutkan dengan pemaparan materi Bidang Akademik dan Kemahasiswaan yang disampaikan oleh Wakil Rektor I dan III serta pemaparan bidang non akademik yang disampaikan oleh Wakil Rektor II dan IV. 

Selain itu, juga hadir Direktur Sumber Daya Dirjen DIKTI, Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed selaku Dewan Pengawas UNAND sebagai narasumber yang memaparkan materi tentang Tantangan dan Peluang PTNBH Universitas Andalas yang dimoderatori oleh Dr. Ing Uyung Gatot S. Dinata, MT selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNAND. 

Pada Rapat Koordinasi UNAND tahun 2021 ini, peserta dari unsur pimpinan dan pejabat fungsional ikut aktif dalam kegiatan ini sebagai wujud untuk menyamakan langkah dan bergerak bersama demi kedjajaan bangsa.

 Humas dan Protokol UNAND 

Read 1019 times