Pra Pendaftaran untuk Penetuan UKT jalur SNMPTN 2022, akan di buka hari ini, kamis 7 April 2022, mulai pukul 14.30 WIB  KLIK disini
Toggle Bar

UNAND Helat KN-KHRB VII Tahun 2021

13 Desember 2021
Penyerahan Piagam Penghargaan Penyerahan Piagam Penghargaan Universitas Andalas

Padang (UNAND) - Dalam rangka meningkatkan kinerja penelitian, pengabdian dan inovasi Unand 2021, Universitas Andalas melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)  menggelar  Konferensi Nasional Klaster dan Hilirisasi Riset Berkelanjutan (KN-KHRB) VII 2021 secara virtual melalui Zoom Meeting selama tujuh hari, Senin-Minggu, tanggal 13-19 Desember 2021. 

Konferensi nasional tahun 2021 ini bertema “Towards Research-based Innovation” dengan menyajikan 2 topik besar yaitu pertama, Klaster Riset (ketahanan pangan, obat berbahan alam, gizi dan kesehatan, inovasi sains, mitigasi bencana, inovasi teknologi dan industri, pembangunan karakter bangsa, pengembangan ekonomi dan SDM, serta politik, hukum dan civil society) dan Kedua, Hilirisasi IPTEKS (pemanfaatan dan komersialisasi produk, membantu nagari membangun, dan pengabdian kepada masyarakat). 

Ketua LPPM Unand, Dr-Ing. Uyung Gatot S. Dinata mengatakan kegiatan ini mendorong untuk peningkatan kinerja, publikasi dari dosen-dosen Universitas Andalas yang tentunya akan berdampak terhadap kinerja UNAND secara keseluruhan. Terdapat lebih dari 1.400 judul makalah hasil riset, pengabdian kepada masyarakat dan inovasi yang didanai DRPM, Kementerian, kerjasama, Unand, Fakultas, PPs, MBKM, KKN, dan dana mandiri serta dari peserta eksternal yang akan dipresentasikan selama 7 hari kedepan dengan rata-rata 200 judul makalah setiap harinya.

Lebih lanjut, ia mengatakan konferensi kali ini, setiap harinya kami mengundang keynote speaker tunggal dengan topic menarik yaitu hari ke-1, Dr. Drs. Sarwo Edhy, SP, MM., Kepala Badan Ketahanan Pangan RI, topik: Peran Badan Pangan Nasional dalam Menjaga Ketahanan Pangan Nasional. Hari ke-2, Ir. Sodikin Sadek, M.Kes., Direktur Penilaian Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga KEMENKES RI, topik: Permasalahan dan Kebijakan Peningkatan Produksi Alat Kesehatan dan Peranan Perguruan Tinggi dan Industrinya di Indonesia.

Pada hari ke-3, kami mengundang Dr. Ir. H. Khalawi AH., MSc., MM., Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan, Kemen-PUPR RI, topik: Perkembangan Berbagai Inovasi Sains, Kebencanaan, Teknologi, Infrastruktur, dan/atau Industri di Indonesia. Hari ke-4, Dr. Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan, Sekretariat Wakil Presidan RI, topik: Permasalahan dan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan di Indonesia, dan hari ke-5, Bapak Ir. Mahyeldi, Gubernur Sumatera Barat, topik: Perkembangan Pembangunan Nagari di Sumatera Barat;

Hari ke-6, kita mengudang Ibu Siti Azizah, Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM RI, topik: Permasalahan dan Kebijakan Pengembangan UKM dan Koperasi di Desa-desa Selama dan Setelah Pandemi dan hari ke-7, Dr. Hardi Julendra, MSi., Direktur Pemanfaatan Riset dan Inovasi untuk Kementerian, Lembaga, Masy. dan UMKM, BRIN, topik: Fasilitasi Desa-desa Berinovasi di Indonesia.

“ Pada hari ke-2  sampai hari ke-7 akan diumumkan para presenter terbaik KNKHRB VII untuk setiap lokal sesi parallel dan juga diumumkan Anugerah Universitas Andalas Tahun 2021 ketagori dosen dan fakultas”tutupnya.

Sementara itu, Rektor UNAND, Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH Konferensi ini merupakan tolak ukur terhadap kinerja Universitas Andalas baik secara kualitas maupun secara kuantitas. Capaian kinerja dari dosen, unit dan fakultas tentu akan berimplikasi terhadap kinerja dari Universitas Andalas.

Lebih lanjut, Rektor menjelaskan melihat capaian Unand dalam bidang riset, maka saat Unand dalam proses transformasi dari PTN BLU menjadi PTN BH maka dimandatkan untuk menjadi Universitas Riset. Tentunya Unand perlu merangkul seluruh stakeholders untuk mewujudkan ini.

Kedepannya Unand harus memperhatikan prioritas riset unggulan, riset tidak lagi hanya memenuhi syarat administrasi tapi juga menyentuh kebutuhan masyarakat dan bermanfaat bagi Negara.(*)

Humas dan Protokol Unand

 

Read 652 times