Wisuda V Universitas Andalas Tahun 2021  KLIK untuk lihat Live Streaming
Toggle Bar

Pascasarjana Fekon Unand Bekali Mahasiswanya dengan Pengetahuan Literasi Informasi

24 November 2021
Pascasarjana Fekon Unand Bekali Mahasiswanya dengan Pengetahuan Literasi Informasi UNAND

Padang (UNAND) - “Literasi Informasi merupakan salah satu kunci sukses mahasiswa dalam menyelesaikan perkuliahannya, terutama untuk keperluan penulisan karya ilmiah dan tugas akhir. Di samping itu penyelenggaraan kegiatan bimbingan literasi informasi juga telah menjadi salah satu poin penting dalam penilian akreditasi perguruan tinggi.” Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Ekonomi, Endrizal Ridwan, Ph.D. pada saat memberikan sambutan dalam acara Workshop Literasi Informasi yang dilenggarakan oleh Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Unand, pada Rabu 24/11)

Tema yang diusung dalam workshop tersebut adalah Strategi dan Kiat Memanfaatkan E-resources Dalam Mendukung Penulisan Karya Ilmiah. Menghadirkan narasumber Bapak Andi Saputra, Pustakawan Madya UPT Perpustakaan Unand, dan dipandu oleh Dr. Neng Kamarni, SE, M.Si, Kepala Prodi Magister Ekonomi, selaku moderator. 

Peserta yang diundang berasal dari seluruh program studi pascasarjana yang ada, baik jenjang S2 maupun S3. Untuk menjaga protokol kesehatan peserta dibatasi sebanyak 35 orang, sesuai dengan kapasitas ruang seminar pascasarjana, yang dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan workshop.

Seperti yang disampaikan oleh narasumber, bahwasanya pengetahuan literasi informasi mencakup, kemampuan untuk mengetahui kebutuhan informasi, mencari sumber referensi dan cara mendapatkan informasi yang dibutuhkan, memilah dan memfilter informasi yang relevan, mengelola, menulis ulang, dan mensitasi informasi, serta penyebaranluasan informasi atau publikasi. Informasi yang dimaksud di sini tentu saja yang bersifat ilmiah.

Peserta workshop diperkenalkan dengan sumber-sumber referensi ilmiah digital, seperti e-journal, e-book, maupun e-thesis, yang banyak tersebar di berbagai database online, baik lokal maupun internasional. Bagaimana cara mencari sumbernya, dan cara mendapatknya secara cuma-cuma. Selain itu peserta juga diperkenalkan berbagai macam tools pendukung yang sangat membantu dalam penulisan karya ilmiah, seperti Mendeley, Zotero, Turnitin, dan Publish or Perish.

Berdasarkan informasi dari sekretariat panitia workshop, Sari Hidayani, SE, M.M, mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Pada hari pertama pendaftaran dibuka, kuota langsung terisi penuh. Pada saat workshop berlangsung-pun terlihat antusiasme peserta. Sebagian peserta meminta tambahan waktu, dari yang semula direncanakan ditutup sampai jam 14.00, diundur sampai jam 15.00. Peserta banyak juga yang berasal dari luar Kota Padang. Mereka datang hanya untuk mengikuti kegiatan workshop tersebut. Salah satunya adalah, Ibu Hidayah, yang berasal dari Sawahlunto. Beliau mengaku sayang rasanya jauh-jauh datang dari luar kota, jika ilmunya tidak diserap sebanyak mungkin.

Di akhir acara, panitia menyediakan doorprize bagi 2 orang peserta yang bisa menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh narasumber.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 424 times