US Embassy Mengadakan Workshop Penggunaan e-library USA di American Corner Unand

22 November 2021
Workshop Penggunaan e-library USA di American Corner Unand Workshop Penggunaan e-library USA di American Corner Unand UNAND

Padang (Unand) - America Corner (AC) Universitas Andalas (Unand) ternyata menyimpan banyak sumber informasi yang mencakup beragam aspek masyarakat, nilai, dan budaya Amerika Serikat. Pengunjung dapat memperoleh informasi ini melalui buku, e-book, DVD film, CD musik, game dan eLibraryUSA.

Salah satu yang paling bermanfaat bagi perguruan tinggi adalah e-libraryUSA, yang berisi jutaan sumber informasi digital perpustakaan virtual yang menyediakan akses ke jurnal akademis terkemuka, majalah, dan database otoritatif lainnya yang bisa diakses untuk mendukung pendidikan dan riset. 

Ada 3 database publisher internasional yang bisa diakses secara cuma-cuma melalui e-library, yaitu JSTOR, GALE, dan ProQuest Dissertations & Theses Global. JSTOR sampai dengan saat ini menyediakan akses ke lebih dari 12 juta artikel jurnal akademik, buku, dan sumber utama dalam 75 disiplin ilmu. Begitu juga dengan GALE, yang menyedikan sekitar 8.000 jurnal akademik. Sedangkan ProQuest Dissertations & Theses Global, memuat thesis dan disertasi dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Amerika. Semua itu bisa kita akses secara cuma-cuma melalui e-libraryUSA

Sampai dengan saat ini keberadaan e-resources tersebut belum tersosialisasi dengan baik di lingkungan kampus Unand. Oleh karena itu, pada hari Kamis, 18 November 2021 yang lalu, Kedutaan Besar Amerika yang ada di Jakarta, melalui Staf Public Akses Servicenya, Endang Sri Nuryanti mengadakan kegiatan Workshop di American Corner Unand, yang ada di Lantai 2 Perpustakaan.

Peserta yang diundang berasal dari perwakilan seluruh fakultas yang ada di lingkungan Unand, dan pustakawan. Hadir juga Dr. Ir. Irawati Chaniago, yang saat ini menjadi pembina, sekaligus merupakan pendiri AC Unand.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Ir. Irawati Chaniago melalui sambutannya berharap civitas akademika Unand bisa memanfaatkan kekayaan sumber daya yang dimiliki oleh American Corner dengan sebaik mungkin. Oleh karena itu kegiatan workshop ini rencananya akan diselenggarakan secara berkala setiap tahunnya. 

Selain database akademik, di dalam e-libraryUSA juga ada Kanopy, database video streaming, yang berisi 100 film dokumenter pilihan yang mengeksplorasi topik kontemporer dan paling inspiratif, serta menarik di Amerika Serikat, serta News and Magazine yang menyajikan koran dan majalah yang ada di seluruh penjuru dunia. 

Seluruh e-resoruces tersebut bisa diakses melalui  https://elibraryusa.state.gov secara cuma-cuma, tetapi terlebih dahulu kita diwajibkan melakukan registrasi terlebih di americanspace elibraryusa. Civitas akademika Unand yang berminat bisa mendapatkan akun/registrasi melalui volunteers yang ada di AC Unand, atau perwakilan dari masing-masing fakultas yang menjadi peserta workshop.

Perlu juga diketahui, bahwasanya AC Unand merupakan satu-satunya corner yang didirikan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat Indonesia di pulau Sumatera. Dibuka pada tanggal 6 Maret 2014 yang lalu. Bertujuan untuk menambah jaringan jaringan American Corners di Indonesia, dan untuk menyediakan akses ke informasi tentang Amerika Serikat dan menawarkan berbagai program yang bertujuan untuk meningkatkan saling pengertian antara Amerika Serikat dan Indonesia. (Andi Saputra)

Humas dan Protokol Unand

 

Read 268 times