Tim Marawa Unand Raih Juara III KMHE 2021 di Surabaya

21 November 2021
Tim Marawa Fakultas Teknik Tim Marawa Fakultas Teknik Universitas Andalas

Surabaya (Unand) – Tim Marawa Fakultas Teknik Universitas Andalas berhasil meraih posisi III pada ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 kategori prototipe dengan tuan rumah Universitas Negeri Surabaya (UNESA). 

Sebanyak 24 tim dari berbagai perguruan tinggi berunjuk inovasi mobil terhemat energi dari 16-19 November 2021 di Sirkuit Gelora Bung Tomo (GBT), Pakal, Surabaya. Puncak acara yang dihelat secara hybrid Sabtu malam (20/11).

Pada peringkat pertama kategori ini kelas mesin pembakaran dalam gasoline, diraih oleh tim UI-SMV HORE dari Universitas Indonesia, disusul Bengawan Team dari UNS di posisi dua dan tim Marawa dari Universitas Andalas di posisi tiga.

Event ini merupakan lomba mobil hemat energi tingkat nasional tahunan yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek).

KMHE merupakan kegiatan rutin agenda Kemendikbudristek yang dari awal lebih dikenal dengan nama Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) yang bertujuan untuk menguji kemampuan merancang dan membangun kendaraan yang aman, irit dan ramah lingkungan.

Kegiatan menggelar dua kategori perlombaan yakni Prototype dan Urban Concept, masing-masing dengan 4 kelas engine yaitu Motor Pembakaran Dalam (MPD) Gasoline, MPD Diesel, MPD Etanol dan Motor Listrik. 

Mengusung tema “Satu Nyali Hemat Energi” dengan tujuan menyatukan jiwa untuk kembali melestarikan alam. Harapan besar diselenggarakan kontes ini yaitu untuk bisa menyatukan jiwa warga masyarakat demi kelestarian lingkungan melalui konsep kendaraan hemat energi. 

Adapun tim marawa ini yang diketuai oleh Restu Nova beranggotakan Arick Aristo, Sandi Darmawan, Dhuha khatulistiwa, Ilham Fadillah, Muhammad Radinka, Fachrur Reza, Maulana Ikrar, Adam Berta Anugrah, Revio Pratadiasa, Yora Pingkan, Rifaldi Adinata, M. Aksal Suheri dengan dosen pembimbing Haznam putra M.T dan Ismet Hari Mulyadi Ph.d.

Restu mengucapkan terimakasih atas support dari pihak universitas, fakultas serta jurusan yang telah ikut membantu serta berpartisipasi dalam tercapainya prestasi pada lba KMHE. 

“Tidak lupa juga kepada semua anggota Unit kegiatan Himpunan Mobil Hemat Energi yang ikut membantu dari awal hingga akhir dalam pembuatan mobil,” tambahnya.

Ia berharap kedepan bisa menjuarai kelas-kelas pembakaran lainnya di ajang Kontes Mobil Hemat Energi serta dan mengharumkan nama Unand, serta bisa ikut berpartisipasi dalam ajang internasional Shell Eco Marathon.

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Andalas Ir. Insannul Kamil, Ph. D yang juga hadir dimalam final tersebut mengucapkan selamat kepada tim Marawa yang telah mengibarkan bendera Unand dalam ajang bergengsi ini.

Ia berpesan untuk terus meningkatkan dan mengembangkan ide-ide kreatif, inovatif yang adaptif sebab kedepan tuntutan semakin berat dan bersaing. “Jangan berhenti berinovasi dan berkontribusi untuk membawa manfaat yang baik bagi kemajuan bangsa,” harapnya.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 445 times