Rektor Unand Tekankan Sinergi dan Kolaborasi untuk Pembangunan di Forum SDGs Sumbar 2021

10 November 2021
Sambutan Rektor di Forum SDGs Sumbar 2021 Sambutan Rektor di Forum SDGs Sumbar 2021 Universitas Andalas

Padang (Unand) - Dalam rangka mempercepat pembangunan Sumatera Barat Sustainable Development Goals (SDGs) Center Universitas Andalas bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan didukung oleh Pemerintah Republik Federal Jerman melalui GIZ, menyelenggarakan Forum SDGs Sumatera Barat 2021.

Mengusung tema “Peningkatan Kolaborasi Pemerintah State Actor (SA) dan Non-Pemerintah (Non-State Actor/NSA) dalam Percepatan Pencapaian TPB/SDGs di Provinsi Sumatera Barat” yang diselenggakan di Hotel Truntum Rabu (10/11) secara hybrid.

Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri dalam mengemukakan Forum SDGs Sumatera Barat 2021 ini sebagai wadah kolaborasi multipihak tidak bisa bergerak sendiri, masing-masing pihak harus memaksimalkan perannya baik stakeholder, diaspora, filantropi dan juga media massa.

“Tidak ada alasan bagi kita melihatkan peran yang berbeda-beda tapi bagaimana menunjukkan sinergisitas masing-masing,” ungkapnya.

Ditambahkanya forum ini sebagai wadah dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun non pemerintah untuk pembangunan Sumatera Barat yang lebih baik. Tentunya hal ini membutuhkan komitmen kita bersama.

Prof. Yuliandri juga menyampaikan peran semua pihak akan sangat dibutuhkan untuk mempercepat pembangunan. Ia juga berharap Forum SDGs Sumbar 2021 ini menjadi wadah diskusi yang nantinya akan membantu percepatan pembangunan di Sumbar dalam jangka panjang.

Sementara itu, Ketua Panitia Medi Iswandi 0mengungkapkan Forum SDGs Sumbar 2021 merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menetapkan komitmen yang kuat dalam upaya pencapaian TPB/SDGs yang bertujuan untuk penguatan platform SA dan NSA terkait TPB/SDGs, ekspose praktik-praktik baik kolaborasi dan sinergi di Provinsi Sumbar.

Disamping itu, juga peletakan pondasi kolaborasi dan sinergi SA dan NSA di Provinsi Sumbar dalam rangka percapatan pencapaian TPB/SDGs.

Diikuti oleh 174 orang peserta daerah dan nasional terdiri dari komisi IV dan V DPRD Provinsi Sumbar, Kepala daerah Bupati dan Walikota se Sumbar dengan menghadirkan enam narasumber yakni Dr. Vivi Yulaswati Kepala Sekretariat Nasional TPB/SDGs Indonesia, Henmaidi, PhD anggota dewan konsorsium bisnis minangkabau.

Lalu, Rahmadiati Direktur Eksekutif Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat, Chaus Uslaini Direktur Eksekutif Daerah Wawasan Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), Drs. Ilpi Zukdi, MPd ketua Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Wilayah Sumbar, dan Prof. Elfindri Direktur SDGs Unand

Diharapkannya tercipta pemahaman SA dan NSA yang lebih baik tentang TPB/SDGs, membagi praktik-praktik baik yang sudah dilakukan oleh NSA bekerjasama dengan pemerintah dalam pencapaian TPB/SDGs dan komitmen untuk meningkatkan peran dalam platform kolaborasi untuk pencapaian TPB/SDGs di Sumbar.(*)

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 1310 times