Pra Pendaftaran untuk Penetuan UKT jalur SNMPTN 2022, akan di buka hari ini, kamis 7 April 2022, mulai pukul 14.30 WIB  KLIK disini
Toggle Bar

Unand Bekali 6.197 Maba Lewat Hibrid

25 Agustus 2021
BAKTI mahasiswa baru BAKTI mahasiswa baru Universitas Andalas

Padang (Unand) – Universitas Andalas membekali 6.197 mahasiswa baru (Maba) dengan pendidikan karakter, bela negara hingga revolusi mental melalui Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PPKBM).

PKKMB ini dibingkai dalam rangkaian kegiatan Bimbingan Aktivitas Kampus dalam Tradisi Ilmiah (BAKTI) 2021 yang berlangsung secara hibrid (kombinasi daring dan luring terbatas) di Gedung Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang selama dua hari 24-25 Agustus 2021.

“Selamat datang putra-putri terbaik bangsa di kampus Universitas Andalas dan selamat bergabung menjadi keluarga besar Universitas Andalas,” ucap Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri saat pembukaan BAKTI 2021, Selasa (24/8).

Disampaikannya kegiatan BAKTI ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru berkaitan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara serta pembinaan kesadaran bela negara, pembinaan gerakan nasional revolusi mental, pendidikan karakter, dinamika perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 yang ditandai dengan kemajuan teknologi dan inovasi digital pada hampir semua aspek kehidupan serta tatanan kehidupan baru pada masa pandemi Covid-19.

Mengusung tema “Kreativitas dan Inovasi Berkelanjutan sebagai Penggerak Akselerasi Adaptasi Kehidupan Baru” bertujuan mengembangkan potensi Mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten dan berbudaya untuk kepentingan bangsa sejalan dengan tujuan Pendidikan Tinggi dan Visi Universitas Andalas yaitu “Menjadi Universitas yang Terkemuka dan Bermartabat”.

“Sebagai mahasiswa Unand, sudah seharusnya mengetahui dan memahami seluruh informasi tentang kehidupan kampus agar segala urusan  gub yg rencana studi, kegiatan akademik dan non akademik dapat dilakukan dan terlaksana dengan baik tanpa mengalami hambatan,” Rektor Yuliandri mengingatkan. 

Menurutnya mahasiswa Universitas Andalas merupakan agen perubahan dan pembangunan yang harus menebar informasi  secara baik dan berkelanjutan tentang Unand yang diperlukan oleh masyarakat. 

“Termasuk juga memahami dengan baik mulai sekarang ini tentang tata krama hubungan antara dosen dan mahasiswa termasuk hubungan mahasiswa dengan sivitas akademika,” tambahnya.

Selain itu, rektor juga mengungkapkan mahasiswa harus memahami kebebasan yang ada di kampus sebagai kebebasan akademik dan mimbar akademik, bukan kebebasan yang didefinisikan menurut pemikiran sendiri. Melalui pemahaman tersebut, mahasiswa Universitas Andalas diharapkannya dapat meraih sukses dan keberhasilan dalam belajar dan berprestasi secara gemilang.

Lebih lanjut, Rektor juga mengemukakan layanan akademik dan non akademik dalam masa Pandemi Covid-19 yang dilakukan secara daring, perkuliahan pada semester ganjil 2021 dilakukan menggunakan learning management system (LMS) melalui fasilitas i-learn sedangkan dalam hal kegiatan dan aktivitas kampus yang dilakukan secara luring protokol kesehatan yang ketat.

Semantara itu, Wakil Rektor III Universitas Andalas Ir. Insannul Kamil, Ph. D menyampaikan kegiatan ini merupakan sarana yang diberikan agar mahasiswa baru bisa beradaptasi dengan kehidupan kampus.

Diharapkannya para peserta bisa menggali potensi diri dan menjadi mahasiswa seutuhnya. Usai pembukaan mahasiswa baru mendapatkan pembekalan dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito soal kebencanaan dan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nizam secara daring.(*)

Humas dan Protokol Unand

 

Read 738 times