Pra Pendaftaran untuk Penetuan UKT jalur SNMPTN 2022, akan di buka hari ini, kamis 7 April 2022, mulai pukul 14.30 WIB  KLIK disini
Toggle Bar

Honey Mahasiswi FKM Unand Ikuti Global UGRAD Exchange Program di Troy University Alabama

30 Juli 2021
Foto bersama dengan Rektor, WR III dan Dekan serta Orang tua Honey Foto bersama dengan Rektor, WR III dan Dekan serta Orang tua Honey Universitas Andalas

Padang (Unand) – Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas Honey Yahdillah mengikuti Global UGRAD Exchange Program selama satu semester di Troy University Alabama Amerika Serikat. Hal itu disampaikan Honey kepada Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandri, SH.MH sekaligus melepas secara resmi keberangkatan ke Amerika di ruang kerja, Jumat (30/7/2021).

“Program ini merupakan bagian dari Fulbright Scholarship Program, beasiswa unggulan pemerintah Amerika Serikat yang berada di Indonesia dikelola oleh AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation) berkerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek),” ungkap Honey.

Pada program tahun 2020, lanjut Honey, yang akan berangkat dari indonesia ada 5 (lima) orang yakni 1 (satu) dari Sumatera, 2 (dua) dari Sulawesi, 1 (satu) dari Kalimantan, dan 1 (satu) dari Maluku.

“Kelima finalis ini akan ditempatkan di universitas dan negara bagian yang berbeda, jadwal keberangkatan dan kepulangan dari Amerika Serikat juga berbeda - beda, Honey sendiri akan ditempatkan di Troy University, Alabama dan berangkat pada tanggal 2 Agustus 2021.” sambung mahasiswa gizi FKM Universitas Andalas ini.

Sebelumnya juga, lanjut Rektor Yuliandri, sudah ada delapan mahasiswa Universitas Andalas yang terpilih untuk mengikuti Indonesian Internasional Student Mobility Award (IISMA) 2021 keberbagai perguruan tinggi luar negeri diantaranya Boston University, University Pennsylvania, Korea University, University of Szeged Hungaria dan lainnya.

“Hal mendasar adalah adanya perubahan mindset serta wawasan mahasiswa tentang dunia internasional,” ujar Rektor diruang kerjanya.

Rektor berpesan untuk selalu menjaga nama baik kampus dan Indonesia, tetap jalin komunikasi terutama dengan mahasiswa indonesia (PPI) yang berada disana atau juga dengan pihak kedutaan.

“Kembangkanlah softskill melalui program ini, kemahiran lintas budaya, jalin jejaring internasional dengan mahasiswa ataupun dosen disana yang nantinya dapat memberikan dampak positif bagi mahasiswa sendiri maupun bagi kampus,” pesan Rektor.

Selain itu, setelah kembali dari sana diharapkan adanya sharing session atau berbagi pengalaman kepada teman-teman yang lain sehingga menambah motivasi bagi mereka untuk juga mengikuti program pertukaran ini.

Pada sisi lain, Honey berkisah, baginya mengikuti program ini sudah lama disiapkan, dulu ketika SMA di Batusangkar pernah mencoba mengikuti program AFS-YES (pertukaran siswa tingkat SMA ke luar negeri) namun hanya sampai tahap seleksi ketiga.

Ketika menginjak perguruan tinggi di Universitas Andalas, ia menargetkan untuk bisa mengikuti pertukaran mahasiswa, maka ia mengikuti Global UGRAD Exchange Program yang pada akhirnya setelah seleksi dan proses persiapan yang cukup panjang menjadikannya satu dari lima perwakilan Indonesia untuk mengikuti program ini.

Diakuinya, semenjak dari kecil memang punya ketertarikan yang luar biasa dengan bahasa inggris dan exchange, satu hal yang sangat memotivasi adalah mamanya yang selalu gencar memotivasi untuk menumbuhkan minat bahasa inggris dan mengajak berkomunikasi dalam bahasa inggris, ujarnya mengakhiri.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 867 times