Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri Gelombang II, akan di umukan sabtu 24 Juli 2021, mulai jam 15.00 WIB  KLIK Untuk Lihat Hasil
Toggle Bar

FT Unand Kerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh Selenggarakan SKA dan SKT Bidang Konstruksi

22 Jun 2021

Padang (Unand) – Fakultas Teknik Universitas Andalas Bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh mengadakan acara Fasilitasi Uji Sertifikasi Kompetensi Ahli Muda (SKA) Jalur SIBIMA (Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri) serta Pembekalan dan Fasilitasi Uji Sertifikasi Kompetensi Terampil bidang kontruksi di Gedung Convention Hall kampus Unand Limau Manis pada Selasa, (22/6).

Ketua panitia, Dr. Nurhamidah, MT, MEngSc mengatakan bahwa acara ini terwujud untuk mewujudkan kualitas dan kuantitas tenaga kerja konstruksi terampil bersertifikat bidang jasa konstruksi guna mendukung proses pelaksanaan infrastruktur di Indonesia secara umum dan Provinsi Sumatra Barat khususnya.

“Memberikan pengakuan kepada tenaga kerja konstruksi berupa Sertifikat Kompetensi baik Ahli Muda maupun terampil ini sebagai bukti bahwa yang bersangkutan adalah tenaga kerja konstruksi yang berkompeten di bidangnya. Hal ini dimaksudkan guna memenuhi kebutuhan SDM konstruksi dan persiapan dalam rangka menghadapi persaingan dalam industri jasa konstruksi secara global.” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Balai Konstruksi Wilayah I Banda Aceh, Ir. M. Hilal, MT mengatakan bahwa Balai Konstruksi Wilayah I Banda Aceh menjadi bagian dari jasa konstruksi memberikan pembinaan untuk masyarakat kontruksi.  

“Kami hadir untuk memfasilitasi para dosen dan pimpinan Unand untuk memunculkan teknokrat baru dengan memberikan pelatihan kepada generasi muda saat ini,”katanya .

 Ia juga menuturkan kerjasama antara Unand dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh juga sebagai bentuk kerjasama Kemendikbudristek dengan KemPUPR.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yang dimulai pada 22-24 Juni yang diikuti sebanyak 1028 peserta dengan mekanisme kegiatan 40% online dan 60% offline. 

Peserta Fasilitasi Uji Sertifikasi Kompetensi Ahli Muda (SKA) Jalur SIBIMA (Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri) terdiri dari mahasiswa akhir dan alumni sedangkan pembekalan dan fasilitasi Uji Sertifikat Kompetensi Keterampilan bidang konstruksi diikuti oleh mahasiswa aktif kuliah. 

Wakil Dekan III Fakultas Teknik Unand Dr. Eng. Slamet Raharjo mengatakan bahwa Kegiatan ini mendekatkan mahasiswa menjadi professional dengan pembelajaran praktis. 

”Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang lulus mengikuti SKA atau SKT dengan telah memenuhi syarat administrasi pada proses verifikasi dan validasi awal pada tahap sebelumnya. Selanjutnya, peserta akan melalui tahap ujian dan wawancara dengan asesor kompetensi ahli muda maupun terampil yang dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” katanya saat memberikan sambutan sekaligus pembukaan acara secara resmi dalam mewakili Dekan Fakultas Teknik Unand

Ia menambahkan bahwa peserta SKA dan SKT yang dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat artinya mereka nanti akan mempunyai bekal yang siap untuk dipakai dalam dunia kerja di bidangnya karena ia memiliki sertifikat yang diberikan oleh lembaga yang berkompeten,”. 

Sedangkan untuk tenaga instruktur pada kegiatan ini berasal dari kalangan praktisi dan profesional bersertifikat training of trainer yang berasal dari Perkumpulan Ahli Keselamatan Kontruksi Indonesia (PAKKI) Provinsi Sumatra Barat dan dari Universitas Andalas. 

Humas dan Protokol Unand

Read 389 times