Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri Gelombang II, akan di umukan sabtu 24 Juli 2021, mulai jam 15.00 WIB  KLIK Untuk Lihat Hasil
Toggle Bar

Rektor : Proses Peralihan Status Unand Jadi PTN BH Memasuki Tahap Akhir

11 Jun 2021
Pelantikan Koordinator dan SubKoordinator Pelantikan Koordinator dan SubKoordinator Universitas Andalas

Padang (Unand) – Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH mengatakan usulan proses peralihan status Universitas Andalas dari Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN  BH) telah memasuki tahap akhir.

Salah satu dasar hukum untuk perolehan status ini ditandai dengan keluarnya Peraturan Pemerintah (PP) tentang PTN BH Universitas Andalas dimana prosesnya saat ini sudah disetujui yang dinamakan dengan harmonisasi dan pembulatan dari Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang PTN BH,” ujar Rektor saat pelantikan Koordinator dan Sub Koordinator pada Jumat (11/6) di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Proses peralihan status ini dikatakannya sudah berlangsung semenjak 2016, mudah - mudahan minggu ini atau minggu depan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) akan mengirimkan RPP PTN BH Universitas Andalas ke Presiden untuk ditetapkan.

Lebih lanjut, Rektor menyampaikan dengan perubahan status ini akan membuka ruang kepada kita untuk lebih otonom baik dalam bidang akademik seperti pendirian Program Studi (Prodi) maupun untuk melakukan berbagai kerja sama termasuk juga bisa melakukan berbagai akivitas lain yang bisa meningkatkan dan mengembangankan baik proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Dengan perubahan status ini, maka pengembangan Universitas Andalas lebih bisa ditingkatkan terutama daya saing baik ditingkat regional, nasional maupun internasional,” ujar Rektor.

Rektor mengungkapkan dari awal Universitas Andalas merupakan salah satu dari tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang disiapkan untuk menjadi PTN BH oleh Kementerian  Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) saat itu.

“Tiga PTN tersebut yakni Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang sudah selesai prosesnya dan sudah menjadi PTN BH, sedangkan Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Andalas prosesnya sudah memasuki tahap akhir,” tambahnya.

Disampaikannya salah satu target yang dibebankan kepada perguruan tinggi nantinya yakni bagaimana percepatan prestasi ketika sudah berstatus PTN BH.

“Makanya ini yang menjadi tanggung jawab bersama menjelang akhir tahun terutama dalam menyiapkan semua instrumen dan melakukan proses transisi anggaran,” tekan Rektor.

Ia berharap dalam proses dan mekanisme hari ini yang dibaluti dengan niat serta tekad yang kuat secara bersama-sama dalam menyiapkan langkah terbaik untuk Universitas Andalas dapat diwujubkan.(*)

Humas dan Protokol Unand

 

Read 773 times