Pendaftaran Seleksi Jalur Mandiri Unand Tahun 2021  KLIK Untuk Pendaftaran Seleksi Mandiri
Toggle Bar

Puan Maharani Berikan Pidato pada Dies Natalis Fateta Unand ke 13

08 Jun 2021
Ketua DPR RI Puan Maharani Secara Daring Ketua DPR RI Puan Maharani Secara Daring Universitas Andalas

Padang (Unand) – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Dr. (HC) Puan Maharani memberikan pidato pada Dies Natalis Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta)  ke 13. 

Dalam Pidato Puan Maharani menyampaikan pertanian merupakan hidup matinya suatu bangsa karena peran strategis sektor pertanian menentukan kesejahteraan banyak orang. Sektor pertanian adalah sektor yang berkontribusi besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, namun petani sendiri masih menghadapi berbagai persoalan seperti pendapatan lebih rendah dari  pelaku ekonomi  lain, persoalan bibit, pupuk, alat-alat pertanian, dan  pemasaran.

“Hal Ini menjadi tantangan bagi perguruan tinggi dalam mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi di sektor pertanian, besar harapan rakyat bahwa dunia pendidikan tinggi menjadi tempat lahirnya ide – ide yang memajukan sektor pertanian kita”, terangnya. 

Ia juga menyatakan bahwa Universitas adalah lahan suburnya riset and pengembangan.  Jika ingin Indonesia menjadi negara maju, maka sudah seharusnya Perguruan Tinggi khususnya Fateta Unand didukung menjadi andalan bangsa sebagai tempat putra-putri Indonesia melahirkan ide - ide terbaik untuk menyelesaikan persoalan bangsa.

Sejalan dengan itu Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah yang hadir didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan serta Kepala Dinas Kehutanan Sumbar menyatakan bahwa sebagai bentuk keseriusan untuk memajukan sektor pertanian, 10 persen dari APBD Sumatera Barat dialokasikan untuk bidang pertanian karena hampir 59 persen penduduk Sumbar hidup sebagai petani.

“Fateta Unand dapat mengambil peran mempercepat implementasi peningkatan pendapatan petani melalui nilai tambah produk agroindustry selain itu hilirisasi dan komersialisasi produk agroindustri melalui peran generasi milineal adalah faktor utama dalam meningkatkan daya saing melalui perluasan pasar” ujarnya.

“Perguruan Tinggi khususnya Fateta Unand diharapkan dapat bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam memajukan daerah demi mencapai kejayaan bangsa”, tutupnya.

Pada Dies Natalis Fateta Unand turut hadir Rektor Unand, Pimpinan dan sivitas akademika Fateta Unand secara langsung di gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Dalam laporannya Dekan Fateta Unand Dr. Ir. Feri Arlius, M.Sc menyampaikan capaian dan rencana kerja Fateta yang akan dilaksanakan seperti launching pangan darurat (Nasi Rendang) sebagai antisipasi jika terjadi bencana, launching produk UMKM Binaan Fateta dan memperkuat kerjasama dengan berbagai stakeholder.

Fateta Unand juga sedang mempersiapkan untuk  mendirikan  Program S2 (Magister) Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian dan Program S3 (Doktoral) Teknik Pertanian dan Biosistem. (*)

 

Humas dan Protokol Unand

 

Read 348 times