Pengumuman Hasil Seleksi D3 dan Intake D3 Fakultas Ekonomi, akan di umukan selasa 03 Agustus 2021, mulai jam 09.00 WIB  KLIK Untuk Lihat Hasil
Toggle Bar

Pemkab Solok Selatan Bahas Kerjasama dengan Unand

06 Mei 2021
Pimpinan Unand dan Pemkab Solok Selatan Pimpinan Unand dan Pemkab Solok Selatan Universitas Andalas

Padang (Unand) -  Pemerintah kabupaten (pemkab) Solok Selatan melakukan kunjungan silaturahmi ke Universitas Andalas sekaligus membahas program yang akan dilakukan kerjasama untuk pengembangan potensi daerah kabupaten Solok Selatan, kamis (6/5) di Ruang Senat Gedung Rektorat lt. 4 kampus Unand Limau Manis Padang.

Bupati kab. Solok Selatan H. Khairunas, S.I.P., M.Si didampingi oleh Wakil Bupati Yulian Efi dan Pj. Sekdakab Doni Rahma Samulo serta kepala OPD hadir menyampaikan visi misi dan program – program unggulan yang direncanakan untuk pembangunan Solok Selatan.

Khairunas menyatakan bahwa ada beberapa program unggulan pemkab Solok Selatan yang perlu dilakukan kerjasama seperti bidang peternakan, pertanian, peningkatan SDM dan juga bidang pendidikan.

“Untuk keberhasilan program tersebut, kita sangat membutuhkan dukungan, masukan  dan pendampingan dari pihak akademisi Unand,” ungkapnya.

Sekdakab Doni Rahma Samulo menyatakan bahwa Solok Selatan dinilai sangat potensial untuk pengembangan peternakan.

“Tahun ini Solok Selatan akan mendapatkan 1000 sapi 1 desa, tentu hal ini perlu mekanisme yang baik sehingga program yang direncanakan tidak gagal,”ujarnya.

Ia juga menyatakan bahwa pola peternakan yang akan dikembangkan, harus dicarikan pola yang paling tepat dan harus diperhitungkan dengan cermat.

Rektor Unand Prof Dr. Yuliandri SH, MH menyambut baik dan mendukung program pembangunan pemkab Solok Selatan. Ia menyampaikan bahwa untuk tindak lanjut Kerjasama, OPD kab. Solok Selatan bisa langsung berkoordinasi dengan fakultas atau program studi terkait.

“Untuk mendukung program pengembangan Solok Selatan, kita bisa lakukan penyesuaian kerjasama yang sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” terangnya.

Ia juga menyampaikan bahwa dalam bidang pendidikan, saat ini Unand juga membuka penerimaan mahasiswa baru jalur Mandiri. 

Tahun ini ada 5 jalur seleksi mandiri yang disediakan oleh Unand yaitu, seleksi mandiri berdasarkan Kemampuan Akademik (SMBKA), jalur prestasi Unggul (SMBPU, jalur kerjasama (SMBK), jalur disabilitas (SMPD), dan jalur mahasiswa Internasional (SMMI).

“Khusus untuk jalur penerimaan mahasiswa melalui kerjasama, bisa kita kembangkan dengan pemda kab. Solok Selatan”, ungkapnya.

Rektor Unand juga menyatakan bahwa untuk program jangka pendek dinas Pendidikan kab. Solok Selatan yang telah didiskusikan sebelumnya, dalam hal peningkatan SDM seperti pelatihan guru bidang matematika, Unand juga punya jurusan Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia di Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) yang siap mendukung dan membantu dinas pendidikan dalam melakukan pelatihan dan program lainnya. (*)

Humas dan Protokol Unand

 

Read 511 times