Insannul Kamil: Tanpa Kebersamaan Kita Tidak Bisa Lepas dari Wabah Covid-19

17 April 2021
WR III Unand dan Pengurus Masjid Baiturrahmah Lubuk Basung WR III Unand dan Pengurus Masjid Baiturrahmah Lubuk Basung Universitas Andalas

Agam (Unand) -  Rektor Universitas Andalas yang diwakili oleh Wakil Rektor III Universitas Andalas Dr. Ir. Insannul Kamil, M.Eng., IPM, ASEAN Eng. pimpin Tim Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam kunjungan ke Mesjid Baiturrahmah Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam pada Jum’at (16/4).

Kedatangan Tim Safari Ramadhan Sumbar disambut baik oleh Pemkab. Agam, camat, wali nagari, pengurus masjid dan masyarakat Lubuk Basung.

Safari Ramadhan ini merupakan agenda rutin Pemprov Sumbar untuk menjalin silaturahmi antara pemprov Sumbar dan perguruan Tinggi dengan masyarakat Kab. Agam.

Pada safari Ramadhan kali ini, WR III Unand menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan dan tetap menerapkan protokol kesehatan khususnya saat menunaikan sholat Tarawih berjama’ah di Masjid.

“Malam hari ini kita berkumpul, karena kerinduan kita untuk melaksanakan tarawih dan witir berjama’ah di masjid ”, ungkapnya.

Walaupun keinginan untuk sholat berjamaah di masjid begitu kuat, masyarakat nagari lubuk basung kecamatan lubuk basung tidak boleh lalai dalam menerapkan protokol pencegahan covid 19. 

“Saat ini kita sedang diuji, untuk kepantasan diri kita bersama agar dapat keluar dari wabah covid 19. Menjaga kesehatan adalah tanggung jawab kita bersama, karena tanpa kebersamaan dan tanpa pengetahuan kita tidak bisa keluar dari sebuah wabah yang sedang kita hadapi saat ini”, ujarnya.

“saya yakin masyarakat nagari lubuk basung adalah orang – orang yang terpilih sebagai contoh masyarakat yang dapat menjaga keselamatan diri sendiri, keselamatan bersama dan juga keselamatan lingkungan”, ujarnya.

Lebih lanjut WR III Unand juga menyampaikan beberapa pesan yaitu masyarakat diminta sabar dan tetap bersemangat dalam menghadapi pandemic covid 19 dan berpartisipasi aktif untuk menyukseskan vaksinasi, menghindari berita hoaks dan paham – paham radikalisme serta menjaga anak – anak dari pengaruh negatif gadget, tindakan kriminal, narkoba, LGBT dan asusila sehingga visi dan misi Sumbar dapat terwujud.

Pada Safari Ramadhan ini, WR III Unand juga mengajak masyarakat Kab. Agam untuk dapat mendukung program pemprov sumbar dalam mewujudkan visi Sumatera Barat Madani yang Unggul dan Berkelanjutan.

Ia juga berharap pemerintah Kab. Agam bisa menyampaikan kepada masyarakat bahwa salah satu target Pemprov. Sumbar dan Perguruan Tinggi di Sumbar adalah membangun masyarakat kab. Agam khususnya Kec. Lubuk Basung untuk menjadi lebih maju, berakhlak mulia, bermartabat dan menjunjung tinggi kebersamaan dan persaudaraan.

Pada kesempatan ini, WR III Unand atas nama Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumatera Barat menyerahkan bantuan senilai Rp 20 Juta kepada Masjid Baiturahmah Lubuk Basung Agam, dan disaksikan oleh tim safari Ramadhan yang hadir yaitu Wakil Rektor III Unes Ir. Mahmud, M.Si. Kepala BPKP Sumbar Buyung Wiromo Samudro, Ka. Kanwil DJPb Sumbar Heru Pudyo Nugroho, Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintah Iswan Akhir, Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unand Drs. Imrizal, MM., Kabid Pengendalian Penduduk Dinas PPKBKP Prov. Sumbar Adek Putra, MAP., Sekretaris Dinas Kebudayaan Yayat wahyudi dan Pendamping dari Biro Bintal dan Kesra Setda Sumbar Basyarudin.

 

Humas dan Protokol Unand

 

Read 132 times